• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Alasan Mengapa Banyak Pemimpin Dunia Menyembunyikan Tangan Kanannya.

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Inilah Alasan Mengapa Banyak Pemimpin Dunia Menyembunyikan Tangan Kanannya.


Hello pembaca thread sekalian sebelum memulai thread ini TS mau ucapin Selamat Tahun Baru 2022 semoga apa yang kita inginkan dan rencana yang kita buat tahun ini bisa terwujud dan semoga tidak ada kendala atau kesulitan ketika kita ingin menggapai impian atau keinginan kita untuk mencapai impian tersebut yang paling penting adalah kerja keras, ikhlas dan ikhtiar semoga apa yang kita lakukan membuahkan hasil yang baik juga nantinya.

Kali ini TS mau menyampaikan kisah sejarah kembali yakni alasan mengapa banyak pemimpin dunia pada era abad 18 dan 19 saat berfoto ataupun berjalan selalu menyembunyikan tangan kanannya, ternyata hal ini ada sebuah filosofi besar loh gan di dalamnya. Hal ini merujuk pada zaman Yunani Kuno, kalau dilihat pemimpin yang sering berpose menyembunyikan tangan kanannya ini adalah Napoleon Bonarpate, namun ternyata pose seperti ini sudah di populerkan oleh Aeschines (330 SM). Seorang pemimpin harus menunjukkan sikap wibawanya dan sopan jika sedang berhadapan dengan rakyat atau pengikutnya. Maka dari itu, para pemimpin Yunani mulai menerapkan aksi tersebut, menyembunyikan salah satu tangannya saat berorasi ataupun berbicara.


Lukisan Napoleon Bonarpate karya Jaques Louis David yang menjadi inspirasi pemimpin besar dunia dengan pose menyembunyikan tangan sebagai bentuk kewibawaan dan kesopanan ala pemimpin. Sumber Gambar

Menurut salah satu buku yakni "The Rudiments of Genteel Behavior" ciptaan Francois Nivelon tahun 1737, pose atau gestur tersebut menunjukkan sifat "Manly Boldness" atau kejantanan dan ketangguhan. Hal ini kemudian menjadi trend dikalangan para pemimpin, negarawan, kaum bangsawan bahkan rakyat biasa. Pose tersebut kemudian menjadi sesuatu yang mainstream sampai akhirnya, lukisan Napoleon karya Jacques Louis David kembali dan tetap berwibawa dengan berbagai pencapaian yang telah dicapai.

Memang beberapa orang yang melihat pose Napoleon yang menyembunyikan tangan kanannya karya Jacques Louis David menurut beberapa orang bahwa Napoleon menyampaikan pesan dari pose tersebut bahwa dirinya menderita kanker perut dan memang benar Napoleon meninggal karena penyakit kanker perut yang dideritanya, namun menurut Jacques sendiri Napoleon hanya memerintahkan dirinya untuk melukis yang sesuai dengan apa yang Jacques inginkan, jadi semua yang mengatakan bahwa pose Napoleon menyembunyikan tangan kanannya karena ingin memberitahu rakyatnya bahwa dirinya terkena kanker perut adalah cocokologi semata.


Sumber Gambar

Nah setelah wafatnya Napoleon dan publikasi lukisan karya Jacques inilah, pose tersebut akhirnya di identikan dengan pose-pose Napoleon mulai dari lukisan lainnya bahkan dengan patung Napoleon yang ada di  Le Invalides, Paris. Sejak saat itu banyak sekali pemimpin dunia melakukan pose mirip dengan Napoleon. Mulai dari Presiden Amerika Franklin Pearce, Jenderal Amerika William Tecumseh Sherman, Penemu fotografi Louis Daguerre, Bapak Sosialis Karl Marx, hingga manusia baja Joseph Stanlin. Hal ini tidak terlepas dari gaya Napoleon yang menunjukkan kewibawaan dan kesopanan ala seorang pemimpin.

Baiklah GanSis sekian thread dari TS kali ini semoga menambah wawasan kita ya dan khususnya wawasan TS juga.

Kreator TS mengucapkan Terimakasih sampai jumpa di Thread lainnya.
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:




v4n45
ryan.wayong
madarislissukun
madarislissukun dan 27 lainnya memberi reputasi
26
11.4K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.