Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

therminustAvatar border
TS
therminust
Keterlibatan AS dalam pecahnya Korea, sebelum Korean War 1950



Amerika Serikat telah memperlakukan seluruh semenanjung Korea sebagai budak bawahan kepentingan Amerika sejak serangan Kapal Perang AS pertama tahun 1866 dan invasi AS berikutnya ke Korea pada tahun 1871.

Sebelum tahun 1910, AS bersekutu dengan Jepang berupaya untuk membunuh dan menggulingkan pemerintahan Kaisar Korea untuk menguasai seluruh semenanjung.



Kaisar Joseon Sunjong dan Permaisuri Myeongseong



Setelah Jepang membunuh Permaisuri Myeongseong, alias Ratu Min di Istananya pada Juli 1895, Kaisar Sunjong melarikan diri ke utara di bawah perlindungan Rusia.

Saat itulah giliran Amerika yang sebelumnya menciptakan masyarakat misionaris di Korea sebagai agen mata-mata. Amerika Serikat hingga hari ini masih mengirim misionaris ke Korea Utara untuk melakukan spionase. Cincin mata-mata mereka dikenal sebagai Macan Putih.
Pada tahun 1897 Rusia menangkap pembunuh lain yang dikirim oleh Misionaris AS untuk membunuh Kaisar. Nama pembunuh itu dikenal orang barat sebagai Syngman Rhee.

Militer AS Gunakan LSM Kristen sebagai Front Spionase Korea Utara
Contoh bagaimana misionaris Amerika masih digunakan sebagai mata-mata hari ini


Karir Syngman Rhee




Serangan Jepang ke Port Arthur pada Februari 1904, dan pembantaian Jepang terhadap semua penduduk Rusia, pria wanita dan anak-anak di Bayonet point, menyebabkan Syngman Rhee dibebaskan dari tahanan Rusia. Dia kemudian pergi ke Amerika Serikat 1905-1911 di mana dia diberi pendidikan AS.

Pada Agustus 1910, Jepang mencaplok seluruh Korea




Syngman Rhee kembali lagi ke Korea seolah-olah sebagai Misionaris AS dari tahun 1910-1912 untuk mengatur beberapa upaya pembunuhan terhadap Gubernur Jepang yang berlaku sebagai mata-mata Amerika. Upaya pembunuhannya gagal dan dia terpaksa melarikan diri ke Philadelphia di Amerika Serikat di mana dia membentuk Pemerintah Korea di pengasingan. Pada tahun 1919 Pemerintah ini dipindahkan ke Shanghai.


Syngman Rhee pada tahun 1909, Menjabat Presiden Korea Selatan thn 1948-1960

Setelah kematian Kaisar Korea pada tahun 1919, gerakan kemerdekaan yang dikenal sebagai gerakan 1 Maret membentuk Pemerintah Korea di pengasingan pertama di Shanghai dan kemudian bermigrasi ke pedalaman ketika Jepang menginvasi Cina. Anggota kunci dari Government itu adalah Lyuh Woon-hyung. Pada tahun 1944 sebelum akhir WW2 Lyuh Woon Hyung kemudian tinggal di Jepang di bawah masa perang Pemerintah Kekaisaran diangkat sebagai Presiden pertama Korea. Jepang menoleransi Lyuh untuk menenangkan Rusia. Namun Amerika Serikat menolak untuk mengakui Lyuh dan ingin orang mereka sendiri Syngman Rhee untuk memerintah Korea.






Syngman Rhee bergabung dengan Pemerintah Korea di Shanghai pada tahun 1919 namun ia segera dikeluarkan pada tahun 1921 karena kegiatannya yang tidak patriotik. Setelah kembali ke Amerika Serikat, dari tahun 1925 Departemen Luar Negeri AS mensponsori Syngman Rhee untuk mendirikan kelompok pengasingannya yang pro Amerika, Korea.


Pada Konferensi Yalta pada bulan Februari 1945, Soviet Rusia didesak oleh Amerika Serikat untuk menyatakan perang terhadap Jepang, untuk menyerang Korea dari Utara dan mendirikan otoritas sipil di atas paralel ke-38 dalam perwalian bersama dengan Amerika Serikat. Stalin setuju tetapi menetapkan perwalian harus pendek dan mengarah pada pemilihan sipil.


Rusia & AS sepakat pada konferensi Potsdam bahwa masing-masing akan menempati sisi Paralel ke-38 masing-masing. Setelah Konferensi Potsdam pada Juli 1945, Jepang secara resmi dicabut kedaulatannya atas Semenanjung Korea.


Ironisnya, pengakuan AS atas kontrol Jepang atas Korea dalam Perjanjian Portsmouth yang pertama kali mengizinkan pencaplokan.


Soviet Rusia menginvasi Korea pada 9 Agustus 1945. Amerika Serikat kemudian diundang oleh Pemerintah Jepang pada masa perang untuk mendaratkan pasukan militer dan mengambil alih Korea Selatan. Kekhawatiran Jepang adalah agar pasukan AS mencegah invasi Soviet ke pulau-pulau asal Jepang.



Bersambung ke page selanjutnya...

Diubah oleh therminust 28-12-2021 04:50
MemoryExpress
Schivver
MasterSims
MasterSims dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.