• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Starting XI Indonesia Sepanjang Masa Jika Berdasarkan Julukan Pemain

sukiverAvatar border
TS
sukiver
Starting XI Indonesia Sepanjang Masa Jika Berdasarkan Julukan Pemain
Indonesia menyudahi perjuangan di Piala AFF 2020 dengan (lagi-lagi) takluk pada Thailand di laga pamungkas. Pasukan garuda dihajar dengan agregat 2-6 dari 2 laga bertajuk final.


Pict via Tempo

Namun ada hal unik yang menggelitik telinga terkait dengan punggawa garuda. Yaitu adanya beberapa pemain timnas kita yang punya julukan dengan embel-embel nama pemain top dunia.

Dan TS mencoba meramunya sehingga menjadi satu starting eleven yang mumpuni. Jika merujuk berdasarkan julukannya.

1. Kepa / Nadeo Argawinata


Pict via Celebrities

Namanya menjadi perbincangan hangat karena aksi gemilangnya saat semifinal Piala AFF kontra Singapura. Kiper utama Bali United ini juga sedang dalam performa bagus di Liga 1 sebelum bergabung ke timnas kemarin. Dia pun mendapat julukan "Kepa" karena wajahnya disebut mirip dengan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

2. Ramos / Ismed Sofyan


Pict via Goal

Posisi bermainnya seorang bek kanan, tapi ia bisa bermain diberbagai posisi seperti bek sayap kiri dan gelandang tengah. Pemain yang suka mengenakan nomor punggung 14 ini dikenal memiliki tendangan bebas yang terukur dan umpan silang yang akurat. Bahkan pernah dijuluki Sergio Ramos-nya Indonesia.

3. Beckenbauer / Anwar Ujang

Konten Sensitif

Pict via Indosport

Pemain yang dijuluki “Beckenbauer Indonesia” ini tampil trengginas di lini belakang timnas medio 1964-1974. Timnas era Anwar ini merupakan salah satu kekuatan ditakuti di Asia karena saat itu timnas cukup sering beruji coba dengan tim lain, khususnya daratan Eropa dan Amerika.

4. Ferdinand / Bejo Sugiantoro


Pict via Emosi Jiwaku

Mantan pemain timnas lulusan Primavera pada era 1990an ini berjuluk "Rio Ferdinand Indonesia". Salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Dia jadi langganan tim nasional dari 1997 sampai 2004.

5. TAA / Asnawi Mangkualam


Pict via Skor

Pemain yang menuai kontroversisaat semifinal AFF 2020 kontra Singapura ini, berposisi sebagai bek sayap. Media Korea sempat menjulukinya "Park Ji Sung Indonesia". Tapi pasca AFF 2020 ada juga yang memanggilnya dengan "Trent Alexander-Arnold".

6. Fred / Hariono


Pict via Jabar Ekspres

Julukan pemain ini berubah-ubah seiring zaman. Awalnya "Park Ji Sung", lalu "N'golo Kante" hingga yang terbaru "Fred". Tipe gelandang bertahan pengangkut air yang masih populer di bola lokal.

7. Viera / Ponaryo Astaman


Pict via Bola

Mantan kapten timnas ini adalah salah satu gelandang andalan timnas pada eranya. Gelandang yang selalu berseragam klub top Liga Indonesia ini juga sempat dijuluki "Patrick Viera Indonesia".

8. Iniesta / Evan Dimas


Pict via Banten News

Generasinya sempat digadang-gadang sebagai generasi emas setelah memenangkan AFF U19 2013 dan secara meyakinkan mengalahkan Korea untuk lolos ke Piala Asia U19. Julukan "Iniesta dari Indonesia" muncul disekitar waktu ini. Sayang karir seniornya tak sebagus juniornya.

9. Neymar / Kushedya Heri Yudo


Pict via Klikapa

Striker timnas ini dulunya adalah winger. Julukan "Neymar dari Sleman" didapatnya saat tampil cukup bagus ketika membela PSS Sleman. Arema akhirnya mencaploknya, namun sayang performanya tak sebagus saat bersama PSS.

10. Drogba / Dedik Setiawan


Pict via Skor

Di Liga 1 musim ini, dia bermain 10 kali dengan melesakkan 1 gol. Sedang di Piala Menpora, Ia bermain 3 kali dan melesakkan 1 gol dan 1 assist. Dan torehan ini membawanya ke timnas. Menurut kabar burung yang beredar, pemain ini berjuluk "Drogba" lebih kepada permainan kata (katanya "Dedik" mirip "Didier" pada pengucapan) daripada aksi lapangannya.

11. Messi / Egi Maulana Vikri


Pict via Suara

Namanya melesat setelah meraih penghargaan Breakthrough Player pada Toulon Tournament 2017. Punya skill set mumpuni, fans menjulukinya "Messi Indonesia". Pemain yang berusaha keras mempertahankan karirnya di Eropa ini, masih punya waktu untuk berkembang.

=====

Dan beginilah formasinya jika disatukan.


Pict via Chosen 11

Masih ada beberapa pemain lain yang belum TS sebutkan. Seperti CR7 kawe 99, sang kapten tim klub ashiaaap. Tapi TS merasa sebelas pemain yang sudah disebut diatas sudah pas komposisinya.

=====

Quote:
emineminna
agusrezapratam4
zerauw
zerauw dan 10 lainnya memberi reputasi
7
6.4K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.