Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

loungerkaskusAvatar border
TS
loungerkaskus
RI Setop Ekspor Batu Bara, China Bakal Gelap Gulita?
Jakarta - Pemerintah resmi melarang ekspor batu bara sejak 1-31 Januari 2022 mendatang. Langkah ini ditempuh untuk mengamankan stok batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik nasional.
Apakah aturan ini akan berpengaruh ke China? Mengingat China adalah salah satu importir batu bara terbesar dari Indonesia.

Dikutip dari Bloomberg disebutkan, larangan ini diprediksi hanya berdampak kecil untuk China. Karena sebelumnya China juga sudah meningkatkan produksi batu bara domestik untuk mencegah kekurangan pasokan pada tahun lalu.

Baca juga:
Erick Thohir Buka Mulut soal Larangan Ekspor Batu Bara
Jumlah produksi di China sudah mampu memenuhi kebutuhan pembangkit listrik. Apalagi saat ini permintaan listrik sangat besar karena musim dingin dan banyak masyarakat yang menggunakan penghangat atau pemanas.

Analis Morgan Stanley Sara Chan mengungkapkan langkah yang sudah ditempuh China ini akan membantu negara tersebut untuk menjaga kondisi pasokan di tengah krisis energi.

"Bahkan larangan batu bara dari Indonesia mulai berlaku pada bulan Januari, dampak secara keseluruhan untuk pembangkit listrik domestik ini masih bisa dikendalikan," kata China Fengkuang Coal Logistics dalam sebuah catatan, dikutip dari Bloomberg, Selasa (4/1/2022).

Dengan larangan ekspor batu bara ini, masih ada pro dan kontra. Karena masih banyak produsen yang ingin menjual ke luar negeri karena harga saat ini sedang bagus-bagusnya.

Namun Kementerian ESDM menyebut jika langkah ini dilakukan demi mengamankan pasokan energi nasional yang stoknya makin menipis. Memang China merupakan pengguna dan importir batubara terbesar di dunia. Indonesia adalah salah satu negara pemasok untuk China yang paling besar.

Sebelumnya China juga bermitra dengan Australia untuk pemenuhan batu bara ini. Namun adanya konflik geopolitik membuat Indonesia menjadi negara sumber batubara China. Dari data Bea Cukai China, sejak akhir November 2021 impor batu bara dari Indonesia ke China lebih dari 60%.

Selain itu China juga merupakan penambang bahan bakar terbesar di dunia. Dengan kurangnya pasokan batu bara ini akan berpotensi membuat pasokan listrik terbatas. Pada Oktober lalu pemerintah langsung merespon dengan kebijakan untuk mendorong produksi domestik.

sumbernyaa

gelap gulita
emoticon-Takut
odjay05
nomorelies
Mosta2011
Mosta2011 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.