• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Karena taruhan konyol pilot. 70 orang tewas sia-sia tragedi Aeroflot Flight 6502

naluw89Avatar border
TS
naluw89
Karena taruhan konyol pilot. 70 orang tewas sia-sia tragedi Aeroflot Flight 6502


Senin 20 Oktober 1986 menjelang pukul empat sore di Bandar Udara Grozny. Terjadi Tragedi  yang memilukan dan paling konyol dalam dunia penerbangan. Dimana  pilot bertaruh dengan Copilot untuk mendaratkan pesawat dengan mata tertutup yang berujung dengan  70 penumpang termasuk 14 anak-anak tewas dalam kecelakaan tragis ini

Kejadian ini terjadi pada 20 Oktober 1986,maskapai penerbangan komersil Aeroflot Flight 6502 yang saat itu melaju dari Swerdlovsk ke Grozny mengangkut total 94 Penumpang dan beberapa crew didalamnya,

entah mungkin karena sang pilot Alexander Kliuyev  dan copilot Gennady Zhirnov sedang merasa bosan, sang pilot  dengan konyolnya melakukan taruhan dengan co-pilotnya.  CoPilot Gennady menantang pilot Kliuyev untuk melakukan pendaratan buta, di mana sang pilot itu tidak diizinkan untuk melihat ke arah landasan pacu saat pesawat hendak mendarat. Jika berhasil melakukan tantangan itu, secara otomatis sang pilot Kliuyev akan mendapat predikat ‘pilot dengan profesionalisme tingkat tinggi’.

Menurut laporan, sang pilot melakukan pendaratan buta pada ketinggian 1.300  kaki (396 m), atau tepatnya dua menit sebelum pendaratan.sang  Pilot sebelum melakukan pendaratan, menginstruksikan teknisi pesawat untuk menarik tirai hingga menutupi seluruh kaca depan kokpit pesawat. sehingga dia tidak memiliki kontak visual dengan tanah, Dia yakin, bahwa dia bisa mendaratkan pesawat itu dengan mata tertutup, tanpa melihat ke darat dan hanya mengandalkan instrumen penerbangan..

Atas kepercayaan diri itulah, Kliuyev sampai tak mengindahkan alarm darurat yang sudah berbunyi. Kemudian, pada ketinggian 62-65 meter (203-213 kaki), Pengawas Lalu Lintas Udara (ATC) sempat mengirim pesan kepada Kliuyev bahwa pesawat akan mendarat dalam kondisi tak stabil.tetapi Pilot bersikukuh mengbaikan peringatan kedekatan tanah dan tidak mengikuti arahan yang disarankan pihak Pengawas Lalu Lintas Udara.  dia tetap ngotot  ingin melanjutkan pendaratan dalam kondisi ‘buta’.

Beberapa saat sebelum mendarat, teknisi pesawat melompat ke depan kapten, membuka tirai. Ternyata mereka sudah melewati landasan pacu. Tapi sudah terlambat. Mereka hanya beberapa meter dari tanah. Roda mendarat di landasan pacu dengan kecepatan 280 km / jam. Lebih buruk lagi, mereka berada di tanah yang tidak rata. Sayap kiri robek dan pesawat terbalik. Disusul ledakan sambil meluncur lebih dari 60 meter sebelum berhenti. Puluhan Penumpang terjebak dalam kobaran api.

Kopilot Gennadiy Zhirnov yang selamat dari kecelakaan itu bergegas untuk mulai membantu penumpang meskipun dia sendiri mengalami luka-luka, Menurut saksi mata dia berusaha mati-matian menyelamatkan penumpang. berulang kali keluar masuk pesawat yang terbakar sebelum akhirnya jatuh pingsan. Tak lama kemudian ia terkarena serangan jantungdan meninggal saat perjalanan menuju rumah sakit Sedangkan sang Pilot Aleksandr Klyuev selamat.

Petugas pemadam kebakaran yang sedang bertugas di bandara tiba di lokasi dengan sangat cepat. Mereka hanya membutuhkan satu setengah menit untuk mulai menyelamatkan penumpang dari kobaran api dan asap yang pedas.  Petugas pemadam kebakaran harus melawan api dan asap sambil mencari korban selamat di antara puing-puing dan mayat yang terbakar. Mayat berjatuhan menimpa para petugas pemadam kebakaran saat mereka menyisir pesawat terbalik itu untuk mencari korban selamat. Meskipun upaya heroik para petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan beberapa penumpang, kebanyakan dari mereka akhirnya meninggal kemudian.

Polisi segera tiba di tempat kejadian dan menutup pesawat. Intelejen Soviet segera menyusul untuk memastikan detail mengerikan tentang kecelakaan itu tidak bocor ke publik, karena menyensor informasi adalah praktik biasa yang dilakukan Soviet.

Disela melakukan evakuasi, Petugas pemadam kebakaran bernama Frygin menyempatkan diri memotret pesawat yang terbakar.

“Saya tidak hanya menyeret mayat keluar dari pesawat tetapi, saya juga mencoba mengambil foto dari tempat kejadian sebanyak mungkin. Saya pikir, foto-foto itu nantinya akan sangat berguna untuk penyelidikan penyebab kecelakaan,” kata Frygin.

Namun, agen Intelejen Soviet di tempat kejadian menghentikan petugas pemadam kebakaran itu dan mengambil film dari kameranya. Untungnya, satu film yang telah digunakannya sebelumnya selamat. Frygin menyerahkan film itu ke rekannya dan menyuruhnya menyembunyikannya. Berkat Erygin, foto-foto kecelakaan itu berhasil disebar luaskan.

Pasca kecelakaan pesawat, para penyelidik menyimpulkan bahwa itu adalah murni kesalahan pilot: kapten telah melanggar peraturan penerbangan dan kopilot tidak mengambil tindakan untuk mencegah kecelakaan tersebut.

Kliyuev diadili di pengadilan tertutup dan tidak boleh diliput oleh media Selama persidangannya, Aleksandr Klyuev tampak sangat dingin dan tidak menyesal. Aleksandr Klyuev bahkan mengatakan dalam kesaksiannya bahwa peristiwa itu semua karena taruhan.

Aleksandr Klyuev dihukum karena kelalaian berat dan melanggar setiap aturan utama sebagai pilot. Entah bagaimana dia hanya menerima hukuman 15 tahun dan dibebaskan setelah enam tahun.

Sumber






 

 


                                                                                                                  
Diubah oleh naluw89 03-01-2022 10:05
emineminna
tepsuzot
garpupatah
garpupatah dan 19 lainnya memberi reputasi
18
23.4K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.