ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Vegetarian, Gaya Hidup Yang Kini Menjadi Ideologi


Menurut kbbi, Veganisme adalah sebuah filosofi atau gaya hidup yang peduli dan mempraktekkan kehidupan tanpa segala eksploitasi hewan. Itu artinya para penganut gaya hidup ini tidak memakan apapun yang ada hubungannya dengan unsur hewaniah seperti daging, telur, susu dan bahkan bumbu penyedap seperti royco.

Orang-orang yang menganut filosofi ini biasa disebut sebagai Vegan dan kebanyakan vegan mengakui bahwa gaya hidup veganisme cenderung lebih sehat karna banyaknya asupan serat dan tanpa lemak berlebih yang perlu mereka konsumsi. Bagaimanapun, makanan hewaniah memang lebih sering menjadi sumber penyakit dibanding sayur-sayuran.



Gaya hidup seperti ini bisa dilacak hingga ke jaman sebelum masehi, tepatnya disaat ajaran Buddha mulai menyebar dan melarang para biksu untuk mengonsumsi segala yang berhubungan dengan hewan. Kendati demikian kebiasaan hanya memakan sayur dan buah sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu yakni sejak jaman manusia purba yaitu Homo dan Paranthropus.

Manusia purba Paranthropus tidak memiliki kemampuan untuk berburu sehingga mereka hanya bisa memakan buah dan sayur namun sayangnya buah dan sayur sama sekali tidak tersedia bila musim dingin tiba dan sayuran juga tidak mengandung banyak kalori sehingga Paranthropus pun perlahan-lahan punah. Bangsa Homo lah yang akhirnya bertahan dan berevolusi menjadi Homo Erectus. Singkatnya, manusia memang tidak ditakdirkan menjadi herbivora.



Namun para penganut veganisme di masa kini mulai menunjukkan taringnya, bukan kepada hewan namun kepada manusia itu sendiri. Cukup sering saya melihat cerita-cerita viral di medsos mengenai seorang vegan yang datang ke McDonlad dan berteriak kepada semua orang bahwa memakan daging itu kejahatan, bahwa hewan juga berhak hidup layaknya manusia.

Well, semua orang memiliki pandangan hidupnya masing-masing. Jika Anda merasa bahwa memakan hewan merupakan tindak kejahatan yang setingkat dengan kanibalisme maka silahkan saja menganut kepercayaan itu. Tapi, tak perlu memaksa orang lain untuk mempercayai apa yang Anda percayai.



Namun, seperti banyak Kau minoritas lain, para vegan ini sangat suka mencari perhatian. Dimulai dari memaksa orang lain untuk berhenti makan daging hingga melakukan kampanye untuk melarang pembunuhan hewan. Entah apakah mereka benar-benar peduli atau hanya butuh perhatian namun percayalah, tak ada siapapun yang peduli bahwa Anda seorang vegetarian.

Vegetarian adalah sebuah gaya hidup jadi memaksa orang lain mengikuti gaya hidup Anda adalah pilihan yang bodoh karna semua orang memiliki hidupnya masing-masing. Menggunakan gaya hidup Anda untuk mengatur dan mengganggu orang lain bukanlah sesuatu yang bijaksana, terlebih jika Anda tidak memikirkan resikonya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
adit.alex
packyu
cheria021
cheria021 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
6.7K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.