LordFaries3.0Avatar border
TS
LordFaries3.0
Siap-siap! Tahun Depan Orang Mampu Tak Bisa Beli Gas Melon

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomiten untuk mengubah skema subsidi Liquifed Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (kg) atau gas melon dari yang saat ini sifatnya terbuka, menjadi subsidi langsung tertutup berbasis data penerima manfaat.

Kepala Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi menyampaikan, bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus memperbaiki aspek ketepatan sasaran penerima subsidi LPG 3 kg.

"Berdasarkan hasil pembahasan APBN 2022 dengan DPR, disepakati bahwa pada tahun 2022 Pemerintah akan melaksanakan transformasi subsidi LPG Tabung 3 Kg dari subsidi berbasis komoditas menjadi subsidi berbasis orang (target penerima)," ungkap Ubaidi kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/12/2021).

Ubaidi menyatakan, sebagaimana diketahui bahwa distribusi LPG tabung 3 Kg bersubsidi saat ini masih bersifat terbuka, sehingga seluruh golongan masyarat dapat mengakses komoditas bersubsidi tersebut.

Sehingga, dalam pelaksanaannya, subsidi LPG belum tepat sasaran serta belum efektif dalam menurunkan kemiskinan dan ketimpangan mengingat sekitar 75% dari anggaran subsidi LPG masih dinikmati oleh masyarakat kelas menengah keatas.

"Transformasi subsidi LPG akan dilaksanakan secara bertahap dan berhati-hati, dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat, serta pemulihan ekonomi secara nasional," ungkap Ubaidi.

Sayang Ubaidi belum bisa menjelaskan detil waktu yang tepat ubtuk pelaksanaan subsidi LPG secara tertutup dan langsung berbasis orang tersebut.

Ia hanya menyampaikan bahwa, pemilihan waktu yang tepat sangat menjadi perhatian Pemerintah. Yang jelas, pelaksanaan transformasi subsidi LPG yang lebih tepat sasaran untuk masyarakat miskin dan rentan diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal dalam mendukung upaya Pemerintah untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov menilai, kebijakan oenerapan subsidi LPG secara tertutup menjadi momentum di tengah kenaikan harga LPG Nonsubsidi oleh PT Pertamina (Persero).

Dengan kenaikan harga LPG Nonsubsidi itu, Jika subsidi tertutup tidak diterapkan, kemungkinan besar, akan ada shifting atau pergeseran pengguna dari yang Nonsubsidi menjadi ke LPG subsidi. Maklum saja, subsidi LPG saat ini kan dilakukan secara terbuka. Setiap orang bisa melakukan pembelian subsidi gas 3 kg.

Melihat kondisi atau disparitas harga antara LPG Nonsubsidi dengan LPG subsidi sangat besar. Contoh, saat ini harga per kg LPG Nonsubsidi mencapai sekitar Rp 13.500an, sementara harga LPG subsidi 3 kg hanya Rp 7.000-an per kg.

"Disparitas harga yang besar itu membuat adanya potensi migrasi. Karena memang untuk pembelian LPG subsidi saat ini pembeliannya tidak dibatasi," terang Abra.

Menurut catatan Abra, subsidi LPG terbuka yang dilakukan saat ini membuat boncos keuangan negara. Semakin beratnya beban subsidi untuk LPG 3 Kg juga terlihat dari porsi anggaran subsidi LPG terhadap anggaran subsidi dari 9,9% pada 2013, terus naik jadi 39,7% pada 2017 dan menyentuh 49,5% pada 2022 mendatang.

"Pemerintah harus mempercepat reformasi subsidi LPG 3 Kg mengingat volume penyaluran LPG 3 Kg bersubsidi terus meningkat dari 6,9 juta MT pada 2019 menjadi 8 juta MT pada 2022 mendatang, atau naik 15,9%," terang Abra kepada C

Abra menyebtukan, bahwa Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) menjadi semakin bengkak untuk subsidi LPG 3 kg akibat disparitas harga yang terlalu jauh.

"Selisihnya bisa 50%. Kondisi ini akan rentan menyebabkan shifting konsumsi LPG non subsidi ke LPG subsidi sehingga subsidi LPG 3 Kg bisa jebol melebihi pagu," tandasnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...beli-gas-melon

emoticon-Nyepi

Udah bener LPG non subsidi dinaikan harganya, dipentokin juga gpp, yang penting LPG 3 Kg (LPG Subsidi) dikhususkan untuk warga kurang mampu. Ini namanya berpihak pada Wong Cilik.
EriksaRizkiM
yanginiusername
garpupatah
garpupatah dan 32 lainnya memberi reputasi
31
9.1K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.