zahwanandiniAvatar border
TS
zahwanandini
Pro Kontra Warga Jakarta Terkait Kebijakan Toilet SPBU Gratis
Jakarta- Warga Jakarta mendukung langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan agar semua jaringan SPBU Pertamina tidak memungut biaya toilet kepada pengunjung.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menginstruksikan direksi Pertamina agar menggratiskan toilet di semua SPBU Pertamina yang dikelola langsung maupun dikerjasamakan dengan swasta.

Pernyataan Erick tersebut merespons ramainya pembicaraan masyarakat beberapa waktu terakhir tentang pungutan sebesar Rp 2.000 di toilet SPBU.

Tagihan itu dinilai masyarakat sebagai pungutan liar (pungli) dan tidak bersifat sukarela.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki, dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina juga toiletnya enggak boleh bayar. Harus gratis," ujarnya seperti dikutip dalam postingan akun Instagram resminya @erickthohir, Senin (22/11/2021).


Salah seorang pengendara sepeda motor, Suwandi, juga mendukung langkah Erick Thohir agar toilet di SPBU Pertamina digratiskan.

"Kalau SPBU memasang tarif untuk toiletnya, maka toilet itu harus selalu dalam keadaan bersih dan penjaga mendapat honorarium yang jelas," katanya.

Kalau toilet di SPBU tersebut bisa digratiskan tentunya akan sangat diapresiasi oleh masyarakat karena salah satu kebutuhan ketika melakukan perjalanan selain mengisi bensin juga menggunakan fasilitas umum seperti toilet dan mushala.

Selain itu, karyawan SPBU Kebayoran Lama menambahkan, jika toilet-toilet di SPBU Pertamina tersebut digratiskan maka perlu dipastikan pula aspek kebersihan dan perawatannya agar tetap terjaga. "Bagaimanapun yang namanya fasilitas publik rentan terhadap kerusakan, sehingga biaya pemeliharaan dan kebersihannya juga perlu diperhitungkan seandainya toilet-toilet di SPBU akan digratiskan," kata Ari Widananto. Dengan demikian, Erick Thohir meminta Pertamina untuk memperbaiki layanan fasilitas toilet di SPBU, supaya tak lagi dikenakan tarif.

Pihaknya akan mengingatkan kembali para pemilik SPBU yang bekerja sama dengan Pertamina terkait layanan akses toilet gratis termasuk dalam hal kebersihan toilet SPBU.


Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU, kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat tidak hanya layanan BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” tambah Erick Thohir.



Zahwa Risma Nandini, mahasiswi semester 3
Program Studi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


seenoevil
seenoevil memberi reputasi
1
2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.5KThread3.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.