Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

curry30uaAvatar border
TS
curry30ua
5 Fosil Mammoth Berusia 220.000 Tahun Ditemukan Di Costwolds, UK
 5 Fosil Mammoth Berusia 220.000 Tahun Ditemukan Di Costwolds, UK
sumber : https://www.theguardian.com/science/...r-220000-years  

Penemuan menakjubkan yang dilakukan para arkeolog dan paleontolog di Inggris lebih tepatnya di daerah Costwold, mendekati Swindon didaerah pertambangan pada kedalaman 5 hingga 7 meter dari permukaan tanah. Para ahli menyebukan bahwa penemuan ini menjadi salah satu penemuan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Penggalian disebutkan dimulai dari tahun 2019 sampai tahun ini hingga membuahkan hasil yang memuaskan. Selain 5 Mammoth, dikabarkan para arkeolog dan paleontolog juga menemukan rusa purba, beruang coklat purba dan beberapa mahkluk jaman es purbakala lainnya. 

Berdasarkan sumber yang ada, 5 mammoth ini terdiri dari 2 mamoth dewasa, 2 mamoth remaja dan 1 mammoth yang masih kecil. Jika melihat dari susunan mammoth ini, ada kemungkinan  mamoth ini adalah satu keluarga kerena ditemukan berdekatan. Para ahli pun menyebutkan 5 mamoth ini kira-kira berusia 210.000-220.000 tahun lamanya pada jaman es. 

 5 Fosil Mammoth Berusia 220.000 Tahun Ditemukan Di Costwolds, UK
sumber : https://gizmodo.com/extraordinary-ma...and-1848247139 

Beberapa fosil mammoth yang ditemukan berupa gading-gading, tulang kaki, gigi, tulang rusuk dan tulang belakang. Selain itu ditemukan beberapa hewan-hewan kecil dan juga tumbuhan-tumbuhan purbakala yang sudah menjadi fosil. Dikabarkan saat penggalian, tipe tanah yang mengubur para fosil-fosil purbakala ini berupa lumpur sehingga menjaga keutuhan fosil-fosil ini dengan baik.

Penggalian ini dikabarkan mendapat suntikan dana hingga $132,000 atau dirupiahkan mencapai kira-kira 2 milliar rupiah dari beberapa lembaga-lembaga konservatif lingkungan dan sejarah. Ternyata penggalian yang dilakukan pun mendapatkan hasil yang memuaskan hingga memberikan pengetahuan tentang jaman es dan beberapa kehidupan nenaderthal (manusia purba) di sekitar wilayah Inggris. 

Profesor Ben Garrod seorang ahli biologi dari University of East Anglia mengatakan bahwa species mamoth ini bisa memilki berat hingga 15 ton, 2 kali hingga 3 kali lebih berat dari gajah-gajah Afrika sekarang. Ia pun menyebutkan bahwa spesies mammoth yang ditemukan ini adalah spesies terbesar yang pernah ditemukan. 

 5 Fosil Mammoth Berusia 220.000 Tahun Ditemukan Di Costwolds, UK
sumber : https://www.theguardian.com/science/...r-220000-years 

Tapi sayangnya berdasarkan hasil penemuan dilapangan, para 5 mamoth ini mengalami penurunan berat badan hingga 5-10 ton. Ada kemungkinan menurut Prof Garrod bahwa para mammoth ini mengalami penyesuaian kepada iklim saat itu yang dikabarkan lebih dingin daripada biasanya sehingga mnyebabkan penurunan berat badan yang drastis. 

Selain itu para ahli juga masih mencari tahu kenapa para mammoth ini bisa mati secara berdekatan. Ada beberapa spekulasi dan pertanyaan tetang penyebab kematian 5 mammoth ini. Yang pertama ada kemungkinan adanya banjir besar yang datang hingga menenggelamkan para mamoth ini. Ini didasarkan dari tanah yang digali oleh para petugas dilapangan bahwa tanah tersebut memilki tekstur basah dan berlumpur. 

Kemungkinan lain 5 mamoth ini dikejar oleh para neanderthal pada saat itu hingga tersudut pada daerah perairan. Karena ditempat penggalian tersebut ditemukan beberapa relic-relic neanderthal, kapak tangan yang bentuknya masih bagus dan beberapa alat-alat yang berasal dari batu-batuan kuno. 

 5 Fosil Mammoth Berusia 220.000 Tahun Ditemukan Di Costwolds, UK
sumber : https://gizmodo.com/extraordinary-ma...and-1848247139 

Penemuan ini nanti dapat kita saksikan dalam acara BBC documentary yang akan ditayangkan 30 Desember nanti yang akan diisi oleh David Attenborough, Prof Garrod dan team DigVentures. Hingga hari ini pun para ahli masih meneliti dan mencari tahu keiistimewaan dari fosil-fosil ini agar nanti dapat memberikan pengetahuan bagi seluruh umat manusia. 


Thank You ... !!! emoticon-Angkat Beer  emoticon-Angkat Beer  emoticon-Angkat Beer

Love Science Love Nature emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
c.awu
EriksaRizkiM
KzRaItoN
KzRaItoN dan 18 lainnya memberi reputasi
17
3.6K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.