• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Produk Tergagal yang diluncurkan Microsoft, No 4 Paling Parah Gan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Produk Tergagal yang diluncurkan Microsoft, No 4 Paling Parah Gan


Microsoft adalah salah satu raksasa teknologi yang saat ini menguasai sistem operasi PC di seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan pada 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen dan kini produk yang paling berpengaruh adalah Microsoft Windows serta Office yang sudah membentuk ekosistem yang sangat kuat.

Bill Gates yang menjadi CEO Microsoft selama 25 tahun yaitu dari 1975 hingga 2000 dan digantikan oleh Steve Ballmer hingga 2014 kemudian sekarang perusahaan ini dipegang oleh Satya Nadella.

Sepanjang sejarahnya, Microsoft telah merilis berbagai produk ke pasaran baik itu program software maupun produk fisik. Akan tetapi, tidak semuanya berhasil dan ada yang gagal. Berikut ini adalah sejumlah produk keluaran Microsoft yang paling gagal.

1. Windows Vista



Merupakan salah satu kegagalan terburuk yang pernah dialami oleh Microsoft. Windows Vista datang menggantikan sang legenda, Windows XP pada 2006. Dengan tampilan yang lebih segar, tapi tidak dengan performanya. Banyak bug di sana-sini, membuat pengguna kesal dan masih banyak lagi. Microsoft langsung menyadari hal tersebut ketika banyak pengguna kembali ke Windows XP.

Microsoft langsung mengembangkan Windows 7 sebagai penerus kesuksesan XP pada 2009 dan berhasil menebus kesalahan. Dengan kata lain, Win 7 adalah "penyelamat" Microsoft.

2. Microsoft Zune


Apple iPod menggemparkan dunia dengan inovasinya membuat pemutar media portable yang sangat sukses. Rupanya hal itu membuat Microsoft kepanasan pada 2006 mereka meluncurkan Zune sebagai sainyan iPod. Meskipun punya desain yang cukup kece, Zune tidak laku di pasaran. Sebagian pengguna sudah terlanjur nyaman dengan iPod dan ada juga yang menganggap Zune kalah secara kualitas dibandingkan dengan iPod.

Produk ini dihentikan produksinya sejak 2012.

3. Windows 8


Windows 8 diluncurkan pada 2012, hanya tiga tahun setelah Win 7 diluncurkan. Win 8 membawa perubahan drastis dari segi UI maupun UX. Dengan desain Metro UI yang kece, ternyata tidak membuat pengguna terpesona dalam hal sensasi penggunaan. Salah satunya adalah karena tombol start yang hilang dan UI yang membingungkan. Akhirnya pengguna kembali lagi ke Win 7. Dirilislah Win 8.1 dengan modifikasi tapi tetap tak membuat pengguna tertarik.

Alhasil, Microsoft menyerah dan langsung mengembangkan Windows 10 dan merilisnya tiga tahun kemudian.

4. Windows ME


Inilah versi Windows yang paling bapuk dan terparah yang pernah dibuat oleh Microsoft. Windows ME adalah versi upgrade dari Win 2000 walaupun pada kenyataannya adalah downgrade yang parah.

Di kalangan pengguna Windows lawas, Win ME disebut sebagai kesalahan paling fatal yang dilakukan oleh Microsoft. Banyak sekali masalah yang terjadi pada versi ini termasuk seringnya blue screen atau crash tiba-tiba. ME sendiri adalah kependekan dari Millenium Edition.

Setahun kemudian, dirilislah Win XP yang melegenda itu.

5. Windows Mobile/Phone


Windows Mobile sebenarnya sudah ada sejak awal 2000an namun fiturnya serba terbatas dan harganya terbilang mahal. Barulah pada 2010 berubah menjadi Windows Phone dan perubahan besar terjadi. Kemudian dirilislah Windows Phone yang awalnya mendapatkan sambutan yang cukup baik dan Microsoft membeli Nokia dan menjadikan seri Lumia menjadi andalannya.

Sempat mengubah nama Nokia menjadi Microsoft Lumia, namun Windows Phone tak mampu bersaing dengan Android dan iOS dan kibarkan bendera putih.

Microsoft kembali menjual merk Nokia dan memutuskan untuk mengubur Windows Phone. Sayang banget sih gan, padahal ane suka banget UI WP. Tapi kalah dengan dukungan jumlah app.

Itu dia gan, 5 produk tergagal dari Microsoft. Kalau ane pernah nyobain Vista, Win 8, sama Windows Phone. emoticon-Hammer2

Quote:
ulil14albab14
dhon19
ridwan.safii
ridwan.safii dan 20 lainnya memberi reputasi
17
11.6K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.