• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Quiz, Mampukah Otakmu Menjawab Pertanyaan Sederhana Ini? Jangan Ngeres Dulu, Ya

iskrim
TS
iskrim
Quiz, Mampukah Otakmu Menjawab Pertanyaan Sederhana Ini? Jangan Ngeres Dulu, Ya


[ HT# 893 ]

Tuhan memberikan kita sebuah hardisk di dalam kepala yang daya tampungnya luarbiasa besar, hadisk ini bernama otak manusia, berisi jutaan sel bekerja setiap hari yang bekerjasama dengan indra manusia untuk melakukan dan mengingat sesuatu.

Di dalam otak manusia terdapat yang namanya memori yang bertugas menyimpan ingatan manusia. Yang saya tahu ingatan manusia ini terbagi menjadi dua: Memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Sesuai penamaannya, memori jangka pendek (disebut juga dengan istilah memori primer atau aktif) adalah ingatan kejadian saat itu atau hal yang tidak disadari manusia tapi masih bisa kita ingat.

Menurut ahli, memori jangka pendek sering mencakup suatu peristiwa kapanpun mulai dari 30 detik hingga beberapa hari. Sesuai nama dan tugasnya memori jangka pendek memiliki keterbatasan karena akan tertimpa oleh peristiwa terbaru begitu seterusnya.

Sedangkan memori jangka panjang kebalikannya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar, sebuah perpustakaan besar, dan berisi hal seperti fakta-fakta, ingatan pribadi, rahasia, ha-hal yang bersifat template, nama-nama orang atau peristiwa yang mungkin harus diingat dan lain sebagainya.



Nah, kalau saya tanya beberapa hal dibawah ini apakah kamu bisa menjawabnya dengan benar dan bisa menyebutkan secara rinci seperti dimana lokasi kejadiannya, waktu kejadiannya jam berapa, hari apa, dengan siapa, apa alasannya, apa akibat setelahnya?

Pertamakali bisa tandatangan, pertamakali makan mie bisa pakai sumpit, pertamakali rambut digundul atau sangat pendek, pertamakali kamu percaya diri di depan orang banyak, pertamakali kamu dibilang tampan atau cantik, pertamakali kamu membeli celana panjang, pertamakali kamu ke toko buku, pertamkali kamu datang sendiri ke kantor polisi, pertamakali kamu kenal orang asing, pertamakali kamu salah menyebut nama, pertamakali kamu mengakui kesalahan, dan lain sebagainya.

Kekhawatiran saya mungkin akan terjawab karena menurut saya daya ingat manusia manusia zaman now mulai berkurang karena ketergantungan manusia dengan gadget atau hp. Contoh sederhananya berapa sih no NIK kita atau berapa nomor rekening bank kita, biasanya semua tercatat dalam hp bukan lagi di otak kita. Ketika hp eror atau tertinggal maka memori otak akan berusaha keras mengingatnya.




Sebuah opini | Ref tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-12-2021 16:03
EriksaRizkiMfathroniscreamo37
screamo37 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
9.1K
91
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.