Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Tips Memilih Wiremesh Besi
 


 

Untuk bangunan bertingkat, beban bangunan pasti lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang hanya satu lantai. Oleh karena itu struktur bangunan harus diperhitungkan dengan baik sebelum dilakukan proses pembangunan. Salah satu komponen struktur bangunan yang membantu bangunan tetap berdiri dengan kokoh adalah penggunaan wiremesh.

 

Wiremesh adalah tulangan baja yang disusun membentuk jaring-jaring yang saling berpotongan dan membentuk lubang atau mesh dengan ukuran teratur. Wiremesh biasanya digunakan sebagai penguat dalam pengecoran lantai. Perpotongan pada wiremesh disambung dengan cara pengelasan agar terikat dengan kuat dan sempurna.

 

Wiremesh ada yang terbuat dari besi polos dan besi  ulir. Biasanya wiremesh dijual dalam bentuk lembaran (2,1 m x 5,4 m) dan roll (2,1m x 54m). Ukuran diameter wiremesh tersedia M4 sampai dengan M12. Ukuran diameter ini menjadi patokan ketika akan membeli wiremesh, semakin besar beban yang akan diterima wiremesh maka diameter harus semakin tinggi.

 

Penggunaan wiremesh

Dalam dunia konstruksi bangunan banyak sekali kegunaan wiremesh, tetapi secara garis besar wiremesh berfungsi sebagai tulangan penguat. Berikut rincian penggunaan wiremesh:

 

Dipakai untuk memperkuat lantai, biasanya wiremesh digunakan untuk lantai pada bangunan bertingkat, umumnya untuk lantai pada bangunan bertingat menggunakan wiremesh M8 dampai M10, tetapi untuk bangunan rumah biasa santu lantai, cuku menggunakan wiremesh ukuran M4 sampai M5.


Untuk penguat anak tangga


Dipasang pada dinding beton


Digunakan untuk penguat jalan raya. Umumnya menggunakan wiremesh ukuran M8 karena berat kendaraan lebih besar


Untuk penguat lantai landasan pesawat, karena beban pesawat sangat besar jadi biasanya digunakan wiremesh ukuran M12


Wiremesh yang terbuat besi polos dan bergalvanis bisa digunakan sebagai pagar jalan atau pagar tanaman


Pembuatan Kolom atau Bak, dan lain-lain.





Tips membeli wiremesh

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda mendapatkan wiremesh yang sesuai kebutuhan anda, berikut adalah tip sebelum membeli wiremesh:

 

Pastikan memilih wiremesh yang tidak ada karatnya, karena dapat mengurangi kekuatan wiremesh tersebut. Pada umumnya wiremesh tidak dilapisi galvanis jadi dalam bentuk besi hitaman, bila penyimpanan kurang baik wiremesh dapat dengan cepat berkarat.





Tentukan diameter wiremesh, dengan memeprkirakan beban yang akan diterima. Biasanya hal ini tergantung tempat dimana wiremesh tersebut akan digunakan. Misalnya untuk lantai bangunan yang tidak bertingkat anda bisa menggunakan wiremesh diameter M4 sampai M5. Hal ini berbeda dengan wiremesh yang digunakan untuk lantai area pabrik, sebab biasanaya pabrik dilewati kendaraan besar, jadi diameternya juga harus lebih besar.





Pilih wiremesh yang diproses secara pabrikasi, karena hasilnya akan lebih rapi dan kekuatannya lebih bagus dibandingkan dengan wiremesh yang dilas secara manual.





Yang terakhir adalah cari penjual yang terpercaya, karena selisih diameter hampir tidak ada bedanya, bisa saja penjual nakan mencuri spek. Mereka menjual wiremesh M8, padahal fisiknya dalah wiremesh M7.






Di Sental Besi kami menyediakan  wiremesh besi terbaik denga pilihan  wiremesh besi gulung maupun  wiremesh besi lembar. Selain itu kami juga menyediakan besi siku surabaya, besi CNP surabaya dan berbagai produk besi lainnya. Sentral besi sidoarjo memiliki harga yang bersaing dengan kualitas yang terjamin




Diubah oleh dewakere 13-08-2021 08:47
pengennyusu
bdgkotakembang
alfidanger
alfidanger dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.