extreme78Avatar border
TS
extreme78
Wagub DKI Harap Dapat Suntikan dari Dana PEN untuk Penanganan Banjir
Jakarta - Pemprov DKI mengakui pembangunan tanggul pantai raksasa atau NCICD terkendala pendanaan. Selain mengandalkan penggunaan APBD, Pemprov DKI Jakarta berharap pemerintah dapat mengucurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk program penanggulangan banjir, termasuk proyek NCICD.
"Memang ini membutuhkan biaya tidak sedikit, nanti kita minta dukungan teman-teman DPRD untuk pembiayaannya. Nanti juga dari pemerintah pusat mudah-mudahan kita bisa mendapatkan dana PEN insentifnya untuk kepentingan penanganan penanggulangan banjir," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021).


"Salah satunya pengendalian banjir itu, di mana aja, di seluruh provinsi yang dibutuhkan salah satunya dana yang tidak sedikit. Semua, nggak cuma Jakarta, semua provinsi di seluruh Indonesia membutuhkan dana yang besar untuk pencegahan penanganan pengendalian banjir," imbuhnya.

Riza menuturkan saat ini tanggul pantai yang telah terbangun sepanjang 12,6 km. Dia berharap pada 2022 Pemprov DKI akan melanjutkan pembangunan tanggul sepanjang 22 km.

"Perlu waktu, ya. Sekarang ini sedang dibangun 12,6 km dulu nih, tahun depan kita bangun lagi sebesar, tadi kan ditargetkan 22 km ya, " ujarnya.

Secara keseluruhan, tanggul laut sepanjang 130 km akan dibangun dari kawasan Kamal Muara hingga Kali Blencong, Bekasi.
Pengerjaan dilakukan bersama Kementerian PUPR dan Pemrov DKI.

"Tanggul yang direncanakan dibangun itu sepanjang 130 km dari Kamal Muara sampai kali Blencong. Dari sepanjang itu prioritas utama ada di 46 km dulu. Dari 46 km, di titik-titik yang cukup kritis. Kita baru menyelesaikan 12,6 km. Sisanya 33 km akan dikerjakan PUPR kurang-lebih 11 km dan pemprov 22 km," jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta memastikan proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), tanggul pantai raksasa di pesisir Jakarta terus bergulir. Tahun ini, Pemprov DKI menargetkan pembangunan tanggul pantai raksasa sepanjang 790 meter. Proyek pembangunan tanggul pantai NCID dimulai sejak 2016 hingga 2019.

"Kemudian dilanjutkan kembali pada 2021, dengan target total sepanjang 790 meter. NCICD merupakan proyek strategis nasional untuk membangun tanggul pantai di sepanjang garis pantai Jakarta," tulis rilis dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta yang dilihat, Selasa (7/12).

Selain penanggulangan banjir rob, NCICD diperuntukkan buat penataan kawasan pesisir Utara Jakarta serta perbaikan lingkungan. Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faizal mengatakan saat ini pembangunan Giant Sea Wall terkendala banjir rob di beberapa titik, seperti di Jl Lodan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jl RE Martadinata, Tanjung Priok, Muara Baru, dan kawasan Si Pitung Marunda.

https://news.detik.com/berita/d-5871...from=wpm_nhl_5

4 tahun kemana aja ...emoticon-Leh Uga

Sisa setahun bru sibuk ngurusin tanggul...

Dana PEN malah buat JIS...emoticon-Leh Uga

Skrg minta lagi tuk bikin tanggul ...emoticon-Leh Uga

Bisa kerja kagak sih sebagai pemimpin.

Pemimpin itu wajib tau kerja skala prioritas.
Bisa bedain mana yg lebih penting,penting dan biasa saja.
Eh ini malah sibuk bikin formula e ratusan milyar,pasang lampu cantik di jpo,ngecat flyoveremoticon-Leh Uga

Kadrun...kadrun...pilihan ente itu mank terbaik..emoticon-Leh Uga

Diubah oleh extreme78 26-12-2021 10:52
viniest
anu.ku.l
tepsuzot
tepsuzot dan 51 lainnya memberi reputasi
52
4.2K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.