• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Niat Keluar Kota Dengan Mobil? Ini Tools yang Wajib Dibawa, Gan

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Niat Keluar Kota Dengan Mobil? Ini Tools yang Wajib Dibawa, Gan


[ HT# 891 ]

Tidak terasa akhir tahun sudah di depan mata ya, gan. Selain usia kita ikut berkurang strategi mengatur liburan akhir tahun tentu terfikirkan juga oleh kita. Ada yang cukup di dalam kota tapi tidak sedikit yang keluar kota.

Perjalanan jauh ke luar kota dengan mobil tentu lebih privasi dan menyenangkan karena kita bisa berhenti dan melakukan aktifitas kapan kita mau dan terpenting transportasi di kota tujuan jadi lebih praktis.

Tapi selama perjalanan membawa mobil sendiri bukan tanpa resiko, tiba-tiba ac mati, apesnya ban kita kempis karena mungkin sebelum berangkat kita lupa untuk mengecek kelayakan bannya atau kapasitas angin di dalam ban.

Nah, untuk mencegah hal lain yang lebih buruk memang sebaiknya melakukan pemeriksaan sebelum perjalanan jauh agar lebih yakin dan nyaman selama diperjalanan hingga sampai tujuan.

Selain kondisi driver harus benar-benar fit, menyediakan beberapa tools dan perlengkapan seperti dibawah ini sepertinya wajib juga dibawa. Istilahnya sebagai P3K kendaraan disituasi darurat sambil menunggu bantuan datang. Apa sajakah itu, yuk kita ketahui lebih lanjut.



PERTAMA



Membawa kunci pas berbagai ukuran, meski umumnya paling banyak dipakai adalah nomor 8, 10, 12 dan 14 tapi sebaiknya membawa kunci pas lengkap satu set dalam tas sangat disarankan tujuannya adalah agar pengerjaan jadi lebih cepat jika ada bagian baut yang harus dilepaskan di ukuran kunci tertentu.



KEDUA

Membawa tang, obeng (plus minus), kunci inggris. Saran saya milikilah tools ini yang berkualitas bagus karena yang berkualitas rendah justru mempersulit dan memperlama kerja kita.

Kualitas bahan tools yang rendah seperti tang atau obeng mudah getas atau bengkok disaat kita amat membutuhkannya. Dan jangan lupa juga bagi yang memasang pentil TPMS jangan sampai lupa membawa kunci pelepasnya karena tutup pentil biasanya terkunci rapat dan sulit dibuka bila kita ingin menambah angin.


KETIGA

Tanda - tanda aki mulai soak atau lemah seharusnya bisa kita ketahui seperti mobil susah di starter, lampu utama redup, suara klakson pelan/pecah dan lain sebagainya. Untuk melakukan perjalanan jauh jangan sepelekan tanda-tanda ini.



Untuk itu sebaiknya kita membawa kabel jumper karena 'dropnya' aki kadang sulit ditebak waktunya. Maka meski kondisi mesin sehat membawa kabel jumper akan memudahkan transfer listrik dari mobil lain atau baterai powerbank khusus mobil dilakukan.

Sebagai informasi tambahan saran saya bila ada dana lebih memasang indikator kelistrikan/voltmeter bisa dilakukan. Memiliki voltmeter dimobil memudahkan kita memonitor kesehatan aki dan kelistrikan mobil, harganya pun tidak terlalu mahal hanya diperlukan bantuan mekanik bengkel dan pemasangannyapun tidak terlalu lama.


KEEMPAT

Ban cadangan. Yes, dalam perjalan kita kadang sulit memprediksi kondisi jalan tujuan utama kita. Mengingat kondisi alam tropis negara kita, suhu ekstrem dijalan, permukaan jalan yang buruk kadang membuat kondisi ban terpasang kurang memenuhi syarat melakukan perjalanan jauh.



Memeriksa tekanan angin, suhu ban, ketebalan ban, memeriksa apakah ada keretakan dan tambalan sebelum berangkat adalah wajib dilakukan. Tapi membawa ban serep juga tidak kalah penting. Dengan membawa ban serep atau cadangan dengan angin sesuai standarnya akan mempercepat kita melanjutkan perjalanan kembali setelah penggantian ban yang biasanya cukup memakan waktu dan tenaga.


KELIMA

Membawa dongkrak. Sepertinya mobil zaman sekarang sudah memiliki tools standar ini dari bawaan dealer sepaket dengan pembelian mobil.



Dongkrak amat penting ketika kita akan mengganti ban atau menjadi pengganjal ban sementara ketika kita membawa ban rusak ke bengkel terdekat. Meski dongkrak dipasaran juga dijual banyak macam dan model pilihlah dongkrak jenis gunting/jembatan karena secara menyangga berat dan kekuatan lebih baik dan telah menjadi standar pabrikan.


KEENAM

Membawa pompa angin. Ya, kita tidak tahu kapan ban kekurangan angin diperjalanan. Pentingnya membawa pompa angin sangat membantu kita agar perjalanan bisa segera dilanjutkan dan mencegah ban cepat rusak.

Jika space bagasi luas atau barang bawaan sedikit membawa pompa ukuran standar bisa disarankan. Tapi dipasaran ada pompa ukuran kecil hingga sedang dan membutuhkan daya listrik untuk mengisi angin. Pengisian dengan daya listrik biasanya lebih lama daripada cara manual.


KETUJUH



Poin ini hanya sebagai pelengkap, jangan lupa juga membawa apar, kain microfiber, kaneb0, alat pemecah kaca, senter, kompas, sapu khusus mobil, kantong kresek, payung, beberapa lembar koran, tikar lipat, air mineral 1 liter, topi. Perlengkapan dan tambahan ini terlihat sepele tapi ketika dibutuhkan sulit ditemukan saat kita berada dalam perjalanan.


Nah, sebelum mengakhiri tulisan ini jangan lupa sehari sebelum keberangkatan memeriksa kondisi kelistrikan mobil dengan cara termudah melihat indikator pada layar MID, kelayakan ban, dan berdoa bersama sebelum berangkat.

Selamat berlibur, semoga selamat sampai tujuan dan bahagia selalu. Aamiin




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-12-2021 08:05
irmanator
ulermaboq
dumpsys
dumpsys dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6.8K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.