tim2oneAvatar border
TS
tim2one
Benarkah Childfree = Solusi?

Sumber : redbubble.com

Buat yang masih belum paham apa itu childfree, childfreeini merupakan suatu kondisi di mana kita tak memiliki anak sampai kapanpun (intinya sih seperti itu, koreksi jika keliru).

Meskipun terkesan agak miris menurut sebagian orang, kondisi childfree ini tetep ada aja penganutnya, terutama dari kalangan liberalis yang rata-rata udah gerah sama populasi dunia yang semakin bertambah aja.

Dampak-dampak menganut prinsip childfree

Kita mulai dari yang positif dulu. Dampak positif pertama dari prinsip childfree ini ialah mengurangi beban negara dalam memenuhi kebutuhan hidup penduduknya.

Ya iyalah, dengan adanya prinsip childfree ini, bisa aja impor pangan gede-gedean bakalan bisa ditekan seminimal mungkin. Selama ini kan yang bikin kita impor pangan terus ya populasi yang membludak itu. Kalo cuma ngandelin swasembada pangan lokal doang mah, gak bakal cukup kalo populasi Indonesia bejibunnya minta ampun.

Di samping meringankan beban negara, prinsip childfree ini bisa juga membuat pengeluaran hidup kita jadi lebih hemat. Ya iyalah, gak bakalan tuh ada biaya pendidikan anak, biaya susu formula anak, biaya kebutuhan pokok anak, dll kalo kita menganut prinsip childfree, iya gak?

Selain gak ada biaya-biaya untuk anak barusan, prinsip childfree ini bisa membuat ongkos liburan kita jadi lebih murah lho guys, wkwkwk.

Kalo barusan saya telah membahas dampak positif dari childfree, kali ini saya bahas dampak negatifnya nih. Dampak negatifnya sebenernya ada tiga sih.

Pertama, gak ada yang mengurus kita di masa tua (kecuali kalo kalian sewa suster dan/atau masih punya pasangan hidup). Kedua, gak bakal ada yang mewariskan apa yang kita miliki, semacam mewariskan perusahaan, ideologi yang kita anut, dan lain-lain. Ketiga, hidup terasa lebih sepi aja.

Lantas, apakah childfree = solusi?

Sumber : redbubble.com

Jawabannya jelas bukan solusi sih. Jujur, bakalan sepi banget sih rasanya kalo sampe kita nerapin prinsip childfreeini, terlepas kita tetep punya pasangan hidup sekalipun.

Solusi yang paling benar buat menekan pertumbuhan populasi dunia ialah terapkan prinsip "maks. 2 anak lebih baik", bener tuh apa kata BKKBN.

Penutup

Yaudah, segitu dulu thread-nya. Komen di bawah jika mau diskusi terkait childfree ini, OK.
Diubah oleh tim2one 22-12-2021 12:42
aditmaukemana
aditmaukemana memberi reputasi
1
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.