Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61c1b2c444f73700477a2505/pie-tempe-bukan-cemilan-kere-tapi-kece
Ide iseng menghampiri lagi, membayangkan kalau punya usaha (masih bermimpi) jajanan yang akan menjadi ciri khas di daerahku. Sudah pada tahu kan kalau di Malang itu banyak pengrajin tempe selain tahu? (ah mengapa tahu mempunyai dua arti)
Lapor Hansip
21-12-2021 17:56

Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece

Ide iseng menghampiri lagi, membayangkan kalau punya usaha (masih bermimpi) jajanan yang akan menjadi ciri khas di daerahku.

Sudah pada tahu kan kalau di Malang itu banyak pengrajin tempe selain tahu? (ah mengapa tahu mempunyai dua arti)

Cerita ibuku dulu, Yai sebutan untuk kakek di atas kakek, juga pernah menjadi pengrajin tempe, tapi sampai sekarang tidak ada yang bisa mengikuti jejaknya. Entahlah, memang membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk menjalankan sebuah usaha mandiri.

Aku juga sempat belajar membuat tempe pada Cak Man, seorang pengrajin dan penjual tempe langganan yang dulu berjualan di area sekitar rumah.

Resep membuat tempe sudah aku kantongi, tempe juga bisa dikatakan 80% jadi saat mencoba membuatnya, tapi untuk memulai usaha membuat tempe harus benar-benar disiapkan ruang pengolahan yang tepat juga untuk pembuangan limbahnya. Wah banyak sekali ya.

Untuk usaha yang aman, bisa jadi mengolah tempenya menjadi jajanan. Seperti keripik tempe, tempe gimbal, kering tempe. Satu lagi ide dari aku ya, Pie Tempe.

Ide ini muncul begitu aku mendapat oleh-oleh dari tetangga, pie ubi ungu. Bersamaan aku mencari cara bagaimana menghabiskan tempe agar tidak lama-lama tersimpan di kulkas, dan yang anti mainstream, gitu.

Setelah melihat pie ubi ungu itu terus ada ide membuat pie tempe.
Yaitu kulit pie-nya yang terbuat dari tempe. Percobaan pertama membuat pie nya murni dari tempe saja tanpa campuran bahan lain. Mungkin karena terlalu tipis dan kurang kokoh jadi mudah hancur.

Percobaan kedua, aku tambah margarin, tepung terigu dan setengah kuning telur. Hasilnya lumayan. Perbandingan tempe dan tepung 1:1/2. Aku sendiri merasakan di lidah sebenarnya rasanya ya tempe sekali. Karena anak-anak suka, ya sudah PD saja.

Percobaan ke tiga, komposisi tempe sedikit aku kurangi, parutan tempe aku panggang dulu sebentar, untuk mengurangi kadar airnya. perbandingan tempe dan tepung 1:1, hasilnya cukup memuaskan bagiku. 😁

Ini dia resepnya ya πŸ‘‰ Pie Tempe

πŸ’™Bahan pie:

100 gr tempe
100 gr tepung terigu protein rendah/ sedang
1 sdm margarin
Sejumput garam
1/2 bagian kuning telur
1 sdm gula halus

πŸ’™Isi pie:

Untuk isinya opsional ya, tergantung apa yang teman-teman suka dan dirasa cocok

Aku coba isi dengan krim keju ala aku

πŸ’™Cara membuat:

1. Parut tempe dengan parutan keju
2. Panggang dalam oven dengan api sedang selama 10 menit
3. Setelah dingin, tuang parutan tempe pada wadah
4. Tambahkan margarin aduk rata, tambahkan garam, gula halus dan kuning telur, aduk rata
5. Tambahkan tepung terigu, aduk rata
6. Cetak pada cetakan pie seperti biasanya
7. Panggang sampai matang kecoklatan
8. Beri isi krim keju, atau sesuai selera teman-teman, misal dengan coklat tim warna-warni. Itu menarik sekali.
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece

πŸ’™Cara membuat krim keju ala aku

100 ml susu cair
50 gr parutan keju
1 sdm tepung maizena
1 sdm gula pasir

πŸ’™Caranya:

1. campur tepung maizena dengan susu, aduk rata
2. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk terus
3. Tambahkan gula dan keju parut, aduk rata hingga mengental
4. Lalu matikan api
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece

Nah, jadi deh pie tempe yang enak sekali, menyehatkan. Pie tempe bukan cemilan kere, tapi kece Ada yang mau bikin usaha oleh-oleh pie tempe? Silakan. Aku urun ide saja 😁
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece



Salam Kuliner πŸ’πŸ‘emoticon-Menang
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zerauw dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
1.7K Anggota β€’ 6.7K Threads
Halaman 2 dari 3
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 13:47
ini kreasi ts sendiri?

keren parah
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:22
Nice idea bangett gann
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:34
mantyep gann bisa sampe kepikiran kesitu
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:35
kreatif nih dan bernila ekonomis tinggi emoticon-thumbsup
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:47
Menarik,

tapi tempe goreng tepung abang-abang dipinggir jalan gada lawan gan emoticon-Wakaka
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:48
tempe dijadikan pie? wah kreatif sekali bunda.. boleh nih dicoba resepnya.. kebetulan keluarga ane juga penggemar tempe.
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:53
keren banget gan ide nyaa bisa jadi kaya gini, beda dengan yg lainn
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 14:57
Mungkin kalau topingnya aneka sambal malah cetar gan ( sambal matah , sambal terasi, sambal ijo , sambal kecap ) ☺️
Diubah oleh dboerz
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 15:01
Setiap ane ke malang atau batu selalu ketemu banyak banget jajanan dari bahan kedelai, sayur bahkan buah yg dijadikan sebagai camilan...

Tapi ane paling demen makan sate kelinci ama bakso nya aja sih... karena hawa sejuknya membuat nikmat menyantap bakso & sate kelinci... 😍😍😍
Diubah oleh regional.surga
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 15:01
niceeeee
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 15:36
salut sama agannyaaa
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 15:59
ane coba ya gan resepnya
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 16:16
Kreatif bangett
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 16:20
Keren sis...mantep sekali
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 16:30
ide yg sangat kreatiffffff, jadi kaya gini
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 16:50
wah save dulu gan libur-libur bisa bikin bareng emakemoticon-Toast
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 18:02
buat makanan khas daerah kau bisa nih sis
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 20:29
Eksperimennya berhasiil ya
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 21:23
Boleh dicoba nih nampaknya anti mainstream karena biasanya yang modelan gini kan pie susu.
0 0
0
Pie Tempe Bukan Cemilan Kere, tapi Kece
24-12-2021 21:42
Impor kedelai nambah lagi nih
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
soes-vanila
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia