• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Lebih Baik Isi BBM Berdasarkan Liter atau Nominal Rupiah?

bajer.dinar212Avatar border
TS
bajer.dinar212
Lebih Baik Isi BBM Berdasarkan Liter atau Nominal Rupiah?



Mengisi bahan bakar di SPBU jadi kegiatan rutin yang dilakukan para pemilik kendaraan. Namun saat mengisi BBM, kebiasaan orang tentu berbeda-beda. Dari sekian banyak, ada orang-orang yang membeli BBM berdasarkan nominal rupiah. Misalnya Rp 20.000, Rp 30.000, dan sebagainya. Tapi ada juga yang mengisi BBM dengan menyebut kapasitas yang diinginkan, seperti 10 liter, 20 liter, dan seterusnya.



Dari dua kebiasaan ini, kira-kira lebih efektif yang mana? Kami bertanya ke Paimin, Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Paimin mengatakan, ternyata cara pengisian BBM yang dilakukan konsumen secara umum terbagi dua. Menurutnya, pengguna sepeda motor rata-rata membeli pakai nominal rupiah.

Sedangkan kalau pengguna mobil, selain berdasarkan nominal rupiah, ada juga yang membeli BBM per liter.



“Mayoritas sih beli BBM pakai nominal rupiah. Jadi enggak repot karena tidak usah kembalian, kalau belinya pakai liter kadang-kadang lebih repot,” ujar Paimin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. Sementara itu, mengenai soal takaran saat membeli BBM dengan nominal rupiah atau liter, diklaim akurasinya tetap sama. Namun menurut Paimin, untuk saat ini memang lebih praktis membeli BBM pakai nominal rupiah, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang.



“Misalkan uang kembalian kan sudah dari satu tangan ke tangan lainnya. Sedangkan kalau langsung memberikan nominal Rp 100.000, jadi satu arah saja, enggak terima uang dari orang lain,” ucap Paimin. Ia juga mengingatkan, konsumen yang membeli BBM dengan nominal rupiah atau liter, wajib memperhatikan pengisian dari awal sampai selesai. Tak lupa untuk meminta struk transaksi, agar memastikan uang yang dikeluarkan sesuai dengan takaran BBM yang dibeli.



Sumber : https://otomotif.kompas.com/read/202...ominal-rupiah-
davecchio
primzlegacy666
mashbrow
mashbrow dan 3 lainnya memberi reputasi
4
9.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.