Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anus.baswedanAvatar border
TS
anus.baswedan
Kaesang Beli Saham Rp92 Miliar Dinyinyirin Rizal Ramli Sampai PA 212,Ini Penjelasan..
Kaesang Beli Saham Rp92 Miliar Dinyinyirin Rizal Ramli Sampai PA 212, Ini Penjelasan Akal Sehat

Kaesang Beli Saham Rp92 Miliar Dinyinyirin Rizal Ramli Sampai PA 212,Ini Penjelasan..
Pendiri Ternakopi Kaesang Pangarep bersama dengan CEO Ternakopi Ansari Kadir serta CEO Sinar Mas Michael Widjaja (kiri) dan CEO HEBAT Anthony P. Gan (kedua dari kiri) meluncurkan varian baru Ternakopi yakni Havana, Caramel, Matcha, Java Sugar, Original Cold Brew, Passion saat Nongkrong E-Sport Kuy Turnamen Ternakopi dan GK Plug n Play, BSD City, Tangerang, Jumat (29/11/2019).


WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, baru saja memborong saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), sebuah perusahaan yang memproduksi makanan beku berbasis udang, senilai Rp92 Miliar.

Banyaknya uang yang dikeluarkan Kaesang dipertanyakan banyak pihak.

Bahkan tudingan negatif juga dilayangkan sejumlah pihak ke Jokowi, mengingat Kaesang adalah anaknya.

Mulai dari Rizal Ramli, Refly Harun, Buni Yani hingga, Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin mengkritik dan mengecam keras, pembelian saham oleh Kaesang.

Kaesang disebut anak kemarin sore, sehingga janggal memiliki uang sebanyak itu untuk membeli saham.

Bahkan ada yang menudingnya ikut berbisnis PCR sehingga belakangan bisa memiliki uang sebanyak itu.

Lalu juga ada yang menyamakan Kaesang dengan anak-anak Presiden Soeharto.

Terkait hal ini, akademisi sekaligus pegiat media sosial, Ade Armando turut angkat bicara.

Ia menjelaskan dengan sistematis, latar belakangan dan bagaimana Kaesang membeli saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) senilai Rp92,2 Miliar.

"Terus terang, segenap komentar yang seolah-olah kritis, buat saya menyedihkan. Saya bahkan tak habis pikir, bagaimana mungkin orang seperti Rizal Ramli bisa sesempit itu cara pandangnya. Saya merasa komentar-komentar itu hanya bisa datang dari kedunguan atau kemalasan mencari informasi," kata Ade dalam tayangan di kanal YouTube Cokro TV yang dilihat Warta Kota, Rabu (22/12/2021).

"Atau memang ada niat jahat untuk membelokkan persepsi masyarakat," tambah Ade.

Menurut Ade, apa yang terjadi dengan Kaesang,sebenarnya hal yang biasa-biasa saja dalam dunia bisnis.

"Yang pertama harus dicatat adalah, yang membeli 8 persen saham PMMP senilai Rp92 miliar  itu, bukanlah Kaesang. Yang melakukan pembelian adalah PT Harapan Bangsa kita alias GK Hebat, yang berdiri pada 2019. GK Hebat dikenal sebagai perusahaan di bidang pengolahan makanan dan minuman yang berupaya menjadi akselerator UMKM," ujar Ade.

Dalam situs resminya kata Ade, disebutkan GK Hebat punya visi utama untuk menjadikan UMKM sebagai produk unggulan di dalam negeri dengan memberikan pembinaan dan bantuan modal.

"Di GK Hebat, Kaesang menjabat sebagai CEO dan Co-founder. Beberapa merek yang berada di bawah grup GK Hebat adalah Sang Pisang, Ternak Kopi, Yang Ayam, Lets Toast,  Enigma Camp dan Siap Mas. Perusahaan ini dimiliki 6 anak muda dengan salah satunya adalah Kaesang," beber Ade.

"Uang Rp92 Miliar untuk membeli saham PMMP diperoleh melalui utang pada perusahaan private equity di Singapura bernama Walker Strategic Investment. Pembelian saham ini diumumkan kepada publik bukan karena inisiatif GK Hebat. Ini dilakukan karena ada aturan Otoritas Jasa Keuangan bahwa investasi lebih dari 5% harus dipublikasikan, sebagai bagian dari keterbukaan informasi," kata Ade.

PMMP nampaknya dipilih karena memiliki wilayah bisnis yang relevan dengan GK Hebat.

PMMP kata Ade berkonsentrasi pada makanan beku dengan 90% produknya diekspor.

"Seperti dikatakan GK Hebat selama ini berkomitmen untuk membantu usaha kecil menengah rakyat, termasuk para nelayan. Mereka mungkin sekali berharap dengan keterlibatan dalam ekspor makanan beku, hasil nelayan bisa lebih banyak diserap industri makanan beku," ujar Ade.

Sebab menurutnya Indonesia pada dasarnya kaya akan hasil laut.

Namun karena ketidaktersediaan pabrik pengolahan, nilai tambah yang diperoleh sangat terbatas.

"Karena itu pembelian saham PMMP ini bisa dilihat sebagai langkah bisnis strategis dan sekaligus membantu UMKM, dan uang yang diperoleh GK Hebat pun tidak datang dari dalam negeri. Mereka memperoleh dana asing yang didatangkan untuk diputar di Indonesia," kata Ade.

Karenanya kata Ade, dipastikan uang untuk membeli saham itu bukan hasil korupsi dari ayah Kaesang atau juga gratifikasi.

"Karena itu wahai Bung Rizal dan kawan-kawan, uang Rp92 Miliar itu adalah hasil pinjaman, bukan karena korupsi, gratifikasi, uang perusak hutan, persekongkolan bisnis dan politik, bisnis PCR, apalagi tuyul. Itu adalah uang halal," katanya.

"Selain itu mensejajarkan anak-anak Soeharto dengan Kaesang juga sungguh menggelikan. Anak-anak Soeharto dulu diberi kucuran dana APBN, diberi hak monopoli dan bisnis, dan terlibat dalam proyek-proyek yang melibatkan uang rakyat. Kaesang tidak melakukan semua itu. Dia tidak mendapat keistimewaan apa-apa," ujar Ade.

Ia mencontohkan GK Hebat tidak meminjam uang dari bank pemerintah, juga tidak mengerjakan proyek proyek yang didanai APBN.

"Mereka berkompetisi biasa, ketika ada kebutuhan hutang, mereka meminjam dari swasta dan bahkan swasta di luar negeri. Dan perusahaan yang dibangun adalah perusahaan yang berkomitmen untuk mempercepat kemajuan ekonomi skala mikro kecil dan menengah," tambah Ade.

"Jadi, sudahlah. Kaesang adalah contoh anak muda yang sangat layak dibanggakan dan diteladani. Kalau kita memiliki akal sehat, kita harus mendukungnya. Karena itu, mari terus gunakan akal sehat, karena hanya kalau kita gunakan akal sehat, negara ini akan selamat," pungkas Ade.

Berdasarkan penelusuran, Kaesang tercatat memiliki 10 bisnis yang bergerak di sektor makanan dan minuman (F&B) hingga fashion.

Berikut ini adalah gurita bisnis anak terakhir Presiden Joko Widodo tersebut:

1. Sang Pisang

Bisnis olahan pisang ini menjadi bisnis yang paling besar dimiliki oleh Kaesang, di mana kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet dan sekarang sudah memiliki 1.500 orang karyawan.

2. Hompimpa Gamers

Hompimpa Gamers merupakan bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games yang membawa pesan toleransi dan mengedepankan budaya nusantara.

Baca: Trending! #DarimanaDuitKaesang, Cek Gurita Bisnisnya

3. Sang Javas

Sang Javas adalah merek clothing line dengan gambar kecebong. dalam desain kaosnya. Bahkan pada saat pertama kali diluncurkan, merek ini berhasil menarik perhatian netizen saat itu

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden tahun 2014 silam.

4. Ternakopi

Kaesang juga merintis bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan sang kakak pertamanya yakni Gibran Rakabuming Raka.

5. Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang, di mana aplikasi ini dibuat untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

6. Siap Mas

Masih di bidang kuliner, Kaesang juga membentuk brand Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

7. Mangkok Ku

Kaesang juga membuka bisnis restoran bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan sang kakak, Gibran dengan nama Mangkok Ku. Kini setelah sang kakak terjun ke dunia politik, bisnis yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat ini diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

8. Chili Pari

Bisnis Gibran lainnya yang diserahkan ke Kaesang Pangarep adalah Chili Pari, yang merupakan usaha katering. Usaha ini didirikan sejak Desember 2010 lalu.

9. Markobar

Markobar menjual aneka martabak. Selain makanan, bisnis Gibran yang diserahkan ke Kaesang Pangarep ini juga mencakup bisnis di bidang reparasi produk Apple dengan nama Icolor dengan konsep jemput bola.

Gibran juga memiliki bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual melalui online di sejumlah aplikasi belanja online.

10. Goola

Startup yang menjual minuman ini awalnya milik Gibran dan diserahkan ke Kaesang Pangarep dengan menawarkan produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Melihat bisnis Kaesang yang menggurita tersebut, terutama di sektor yang turnover-nya tinggi sebenarnya wajar saja jika Kaesang memiliki cuan banyak sebagai pebisnis. Belum lagi cuan yang ia terima dari berbagai konten yang dibuat.

Kaesang Pangarep juga semakin melebarkan sayap bisnisnya usai resmi menjabat sebagai Komisaris Rans Entertainment.

Rans Entertainment sendiri merupakan perusahaan yang dibangun pasangan artis ternama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Meski belum dikonfirmasi secara resmi oleh Kaesang, kabar ini menguat usai adanya undangan kerja sama antara Grup Emtek dan Rans Entertaiment. 

Acara yang mengangkat tema Babak Baru Rans dan Emtek itu turut dihadiri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Komisaris Rans Kaesang Pangarep, Co-Founder Rans Dony Oskaria dan Managing Director Emtek Sutanto Hartono.

Kaesang saat ini menjadi pemilik dan Direktur Utama Klub Sepak Bola Persis Solo. Sementara itu, Raffi Ahmad memiliki saham di RANS Cilegon FC.

https://wartakota.tribunnews.com/amp...sehat?page=all
samsol...
37sanchi
junaedi1982new
junaedi1982new dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.9K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.