Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jindanjun6946Avatar border
TS
jindanjun6946
Wagub DKI Ungkap Pengusaha Setuju UMP Naik 5,1%, Apindo Membantah!
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat mengatakan pengusaha tidak keberatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 5,1% setelah direvisi.

Pengusaha pun membantah hal tersebut dan mempertanyakan pengusaha yang mana yang telah diajak bicara oleh Pemprov DKI Jakarta dan setuju akan keputusan UMP naik 5,1%.

"Nah ini juga makanya saya juga bingung ini Pak Wagub bicara sama siapa? mungkin ini kali pengusaha BUMD. Kita nggak tahu kan gitu. Kami kan nggak pernah diajak bicara," kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Apindo DKI Jakarta Nurjaman kepada detikcom, Selasa (21/12/2021).

Jika ada pengusaha yang menyatakan mampu menaikkan UMP 5,1% menurutnya silahkan saja. Namun tidak perlu sampai merevisi UMP dari semula naik 0,85% menjadi naik 5,1% atau Rp 225.667.

"Kita nggak ngerti, siapa pengusahanya yang diajak bicara. Kalau pengusaha diajak bicara siap untuk menaikkan (UMP 5,1%), bagi pengusaha yang mampu silakan saja. Kalau memang perusahaannya merasa mampu tidak usah pakai (revisi) Pergub, itu silakan, kami juga senang," tuturnya.

Dia menjelaskan esensi upah minimum adalah sebagai jaring pengaman sosial (social safety net) bagi angkatan kerja yang belum memiliki pengalaman. Sedangkan pekerja berpengalaman menggunakan struktur skala upah yang disepakati antara pekerja dan pemberi kerja.

"Cuma sekarang seolah-olah upah itu hanya UMP kan gitu ya. Padahal ada upah-upah lain lagi misalnya upah yang masa kerjanya sudah 2 tahun, 3 tahun dan seterusnya itu kan mesti dipertimbangkan," tambahnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza sebelumnya mengatakan kenaikan UMP 5,1% tersebut sudah dibahas pada rapat dengan dewan pengupahan dan pengusaha sebelumnya.

"Ini sudah dibahas juga sebelumnya dengan dewan pengupahan," ujar Riza di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2021).

Riza mengatakan, dalam rapat sebelumnya, pengusaha tidak keberatan dengan kenaikan UMP hingga 5%.

"Waktu rapat sebelumnya, sebetulnya pengusaha tidak keberatan naik sampai angka 5 persen, makanya akhirnya Pemprov memutuskan ada kenaikan sampai 5,1 persen," ujarnya.

https://finance.detik.com/berita-eko...antah?single=1

nah loh, yang mana nih yang bener?
bemper anus bilangnya udah ada pembahasan dalam rapat,
wakil apindo bilang gk pernah ada pembicaraan..

gimana nih??

emoticon-Traveller

muhamad.hanif.2
akumidtorc
bontakkun
bontakkun dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.