Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Awas! Hindari Asupan Ini Kalau Tak Mau Kena Penyakit Liver

June151515Avatar border
TS
June151515
Awas! Hindari Asupan Ini Kalau Tak Mau Kena Penyakit Liver



Industri hiburan tanah air tengah dikejutkan atas meninggalnya putra mendiang Arifin Ilham, Ameer Azzikra. Adik Alvin Faiz itu meninggal dunia akibat infeksi liver yang dideritanya.

Dilansir Halodoc, infeksi liver bisa disebabkan akibat virus atau parasit yang menyerang fungsi hati. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab penyakit tersebut, salah satunya dari makanan.

Makanan adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda menderita berbagai penyakit liver. Selain itu, pola hidup seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan makanan yang tidak sehat, juga bisa menyebabkan berbagai gangguan pada liver. Nah, biar selalu waspada, yuk simak deretan makanan dan minuman pemicu penyakit liver.

1. Alkohol

Minuman ini tentu menjadi faktor kerusakan hati atau liver di dalam tubuh. Saat kamu mengonsumsi alkohol, liver akan bekerja untuk memecah alkohol dan mengeluarkannya dari darah. Apalagi, jika diminum terus-menerus, sel-sel hati akan rusak tergantikan dengan jaringan parut. Kondisi ini disebut juga sirosis dan umumnya sulit untuk diatasi.

2. Makanan Tinggi Gula

Siapa pecinta makanan manis? Jika kamu orangnya, maka perlu dikurangi untuk mencegah infeksi pada liver ya!

Terlalu banyak mengonsumsi maknaan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi, seperti permen, kue, soda, dan jus buah, juga dapat menyebabkan kerusakan pada liver.

Sebab, lemak yang berlebih dari gula ini akan menumpuk di bawah kulit dan lama-kelamaan di organ-organ penting tubuh, termasuk di hati. 

3. Makanan Tinggi Garam

Selain gula, makanan tinggi garam juga tak baik untuk tubuh. Jika mengonsumsi makanan tinggi garam dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan pada liver, misalnya perlemakan hati. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi garam lebih dari 1 sendok teh per harinya.



0
520
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.