Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rukopediaAvatar border
TS
rukopedia
#CerpenReligi Kisah Pemuda Penjual Tape





Quote:


Dalam menjalani kehidupan seseorang pasti selalu berusaha yang terbaik dalam mencapai tujuan dari hidupnya, apapun itu termasuk juga dalam hal mencari nafkah untuk memenuhi segala macam kebutuhannya. Oleh karena itu manusia yang dibekali akal pikiran harus bekerja dan berusaha.

Tak hanya itu, selain bekerja dan berusaha manusia juga harus berdoa untuk meminta kepada Sang Pencipta (Allah) sebagai solusi dan sangat penting bagi kita semua karena dengan Berdoa dan Tawakal kepada Allah, Allah akan memberi rejeki dari arah yang tidak kita sangka.

Rencana Allah Lebih Indah dari Rencana Makhluknya Rencana manusia memang indah, Tapi rencana Allah jauh lebih indah. Seperti halnya satu cerita berikut ini.

Hiduplah seorang pemuda yang tinggal bersama kedua orang tuanya yang sudah cukup tua di sebuah pinggiran kota di pulau jawa, pemuda tersebut mempunyai pendidikan yang minim tapi semangat dalam bekerja ataupun berusaha yang sangat besar. Sehari - hari pemuda itu bekerja sebagai pedagang Tape (kue olahan dari singkong) di sebuah pasar di tengah kota untuk memenuhi kebutuhan ekonominya bersama keluarga.

Suatu hari pemuda tersebut harus merawat orang tuanya yang sakit, kehidupan ekonomi yang serba kekurangan mengharuskan dia untuk merawat sendiri orang tuanya itu. Sehingga waktu untuk mengolah tape terpangkas karena harus merawat orang tuanya yang akhirnya olahan tape yang dia bikin tidak matang sesuai waktu yang dia harapkan untuk dijual di pasar.

Pagi hari sebelum sholat subuh pemuda tersebut melihat hasil olahannya dan ternyata tape yang dia bikin masih belum matang, mulailah panik pemuda tersebut. Kebingungan pemuda tersebut membuat dirinya menangis, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan lagi? Padahal rencana hasil penjualan tape itu dia gunakan untuk membeli obat untuk orang tuanya.

Tak lama suara Adzan subuh berkumandang, pemuda itu segera berwudhu dan sholat untuk menunaikan kewajibannya sekaligus mengobati kebingungannya karena tidak mungkin dia akan menjual tapenya dalam kondisi yang belum matang sehingga jelas dia tidak akan mendapatkan uang untuk membeli obat.

Quote:


Sholat subuhpun selesai dan pemuda itu beranjak ke dapur untuk melihat olahan tapenya dengan berharap ada suatu keajaiban saat itu, dan ternyata hasil olahan tape pemuda itu tetap sama belum matang. Namun keyakinan yang kuat karena kebesaran-Nya membuat dia tetap iklas dan sabar dan membulatkan tekadnya untuk tetap berangkat kepasar untuk mencari rezeki dengan berdagang sebelum matahari bersinar.

Puluhan pelanggan yang biasa membeli dagangnya hari itupun tidak membeli tapenya karena belum matang, dari sebelum matahari bersinar sampai matahari sudah terik menyengat tak ada satupun orang membeli dagangannya. Bahkan teman-teman para pedangang tape sudah pada pulang karena dagangannya sudah habis.

Pemuda itupun makin bingung dan sedih karena hai itu, pikirannya juga tak tentu kemana, dan sekali lagi pemuda itu berdoa untuk menenangkan hatinya.

Tak lama setelah pemuda tersebut berdoa, datanglah seorang ibu dengan penampilan yang cukup mewah dan rapi.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Inilah jawaban atas doa pemuda tersebut. Tape - tape yang ia jual tidak langsung matang dengan keajaiban, tetapi dengan jalan lain yang tidak dikira-kira. Ingatlah sahabat, Tuhan selalu punya jawaban terbaik untuk doa umat-Nya. Kadang sebuah doa tak langsung mendapat jawaban. Kadang doa seseorang tidak dijawab dengan 'iya' karena Tuhan selalu punya rencana terbaik untuk hamba-Nya.

~ sekian ~


gambar ilustrasi
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.