Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NolfusionAvatar border
TS
Nolfusion
Pengalaman Bertemu Hantu/Jin (Chapter Palembang)
Halo gansis, ane buat chapter khusus thread mengenai pertemuan yg tak diduga dengan sodara tua kita para makhluk halus dan berbagai bentuk gangguan atau usilan mereka yg ane rasakan ketika masih di Palembang. Kisah ini ane ceritakan saat ane masih SMA. ane mulai dengan judul pertama.....


Penampakan di Rumah Nenekku

Ane saat itu memutuskan untuk melanjutkan SMA ane di kota Palembang. Ini disebabkan abang ane yang terus-terusan menggoda ane untuk ikut tinggal disana dengannya sambil melanjutkan SMA ane. Memang, ane sudah merasakan sudah bosan atau tidak kerasan di Batam. Ane butuh tantangan dan pengetahuan yang baru gansis, tinggal di Batam hampir 7 tahun membuat ane sudah bosan dan ingin memiliki petualangan dan tantangan yang baru.

Sebenernya ane dan abang ane dlunya sepakat hendak melanjutkan studi kami di Pekanbaru. Abang ane bahkan sudah daftar dan lulus UN*I dan ane di SMP 8 tapi kami urungkan niat kami. soalnya ketika disana, memang secara hubungan personal dengan penduduk tidak ada masalah, cuman ketika jam 5 sore angkot tidak ada lagi yg mau ngangkut atau lewat gansis. 

jadi saat itu di Pekanbaru, hanya bisa naek taxi klo sudah jam 5an. Lah darimana ongkos kami anak rantauan dengan duit cekak mau naek taxi. apalagi, uda trademark ane sesekali suka balik malam abis pulang sekolah misal tanding bola kaki abis sekolah atau maen playstation di rumah temen pas hari sabtu. nah melihat budaya no angkot setelah jam 5, ane dan abang ane memutuskan untuk tidak melanjutkan studi di Pekanbaru. Walau kami sudah merencanakan untuk menumpang di mess walikota Batam. oh ya ane ada cerita seram di mess ini gansis yg rupanya diamini oleh emak dan abang ane (nanti ya....)

Singkat kata, ane tiba di Palembang dengan naik Jet Ferry dari Batam sekitar jam 7 malam. Saat itu bersama emak ane gansis dan disambut dengan gegap gempita sama abang ane kecuali nenek ane. Dengan antusias abang ane menunjukkan kamar yang akan kami tempati. cuman ukuran 3x10 dengan 1 jendela disebelah kiri (lihat denah kamar dan rumah nenek ane dibawah gansis)

Pengalaman Bertemu Hantu/Jin (Chapter Palembang)


Nah yg balok2 laen ntu rumah penduduk laen. Khusus pos penjaga ane cantumin gansis karena berkaitan dengan sosok hantu yg ane lihat bareng abang ane (entar ane ceritain).  Nah kalo dilihat denah rumah nenek ane tusuk sate kan gansis. kata orang rumah tusuk sate murah karena suka ditabrak atau disamperin sama hantu yg lagi wara wiri di jalan. ini bener gansis, karena ane akan menceritakan sosok hantu yg mengucapkan selamat datang kepada ane sebagai warga baru.

Setelah emak ane mendaftarkan ane di sekolah tak jauh dari pasar lemabang, tapi lumayan top ne sekolah terutama sekarang kata sepupu ane daftar sekolah disitu biayanya uda kek mau daftar kuliah di UNSR* wakakakkaa. ye maklumlah, sekolah ntu terangkat dengan alumnus tampan kek ane wakakakkaka. langsunglah ane ditemanin ketemu kepala sekolah yg sungguh galak gansis dan dia sedikit bingung dengan rapor ane. mau dicap sebagai anak buangan atau anak yg bakal menaikkan gengsi sekolah wkwkwkw

 soalnya rapor ane gansis, ada angka 3 untuk fisika dan 4 untuk matematika, yg laen standarlah 7 ada 8 tapi biologi ane 9 gansis. ini yg membuat si kepala sekolah bingung mau nolak tapi ada angka 9, diterima ada angka 3 dan 4. akhirnya si kepsek mengultimatum sama emak ane bahwa nerima anaknya dengan status ujicoba kalau ternyata 3 bulan ada laporan tidak berkembang baik maka ane di depak. nyatanya ane yg ternyata sudah ketinggalan satu semester bisa ngejer jadi peringkat lima di akhir raport semester wakkakaka. 

rupanya wali kelas ane yg di batam marahlah sama ane, karena pindah ga ngomong2. soalnya kata dia kalau mau pindah, angkanya ntu ga begitu. angka 6 di sekolah ane ntu seharga 8 di sekolah laen kata wali kelas. maklums SMA ane nomer satu di Batam yg ada di sekupang. oke singkat cerita setelah 2 bulan menyesuaikan diri di Palembang (banyak bener gansis cerita lawak2 karena orang palembang di sekolah ane bener-bener lucu). jangankan cuman i loph you, bener-bener agresif untuk menunjukkan perasaannya wakakkakakka 

nah, ane akan menceritakan sosok yg menyambut ane rupanya ntu hantu sudah senior alias sudah ada sejak bapak ane kecil. Malam itu sehabis ane ikut dalam pertandingan sepak bola antar kelas sepulang sekolah, badan ane bener-bener pegel gansis. lumrahnya ane bener-bener langsung pengen tidur abis isya, makan, kerjain pe er dan tidur gansis. sedang abang ane biasa nonton tergantung ada film bagus apa ndak mpe jam 12an. 

ane tidur dengan posisi badan menghadap ke arah tusuk sate gansis. dari kejauhan dalam posisi mimpi ane ingat ane bener-bener sadar gansis karena seketika ane lihat dinding kamar ane ntu hilang cuman ane yg tidur di atas kasur dengan pemandangan full bisa ngelihat jalan dan sekitar. ane dalam mimpi berasa bingung gansis karena kok bisa begini dan merasa begini.

ane masih berfikir ah mungkin ini mimpi. tak lama ada suara dari arah pohon jambu dari rumah seberang atas (paralel dengan pos kamling). Klaaakkkk klaaakkkk dengan embusan angin yg lumayan kuat gansis. ane pikir dalem ati oh mau hujan tapi ane lihat di langit banyak bintang tapi sunyi bener-bener sunyi gansis. anginpun mulai semakin kencang gansis dan bunyi klaaakkk klaaakkkk ternyata ada sosok melompat seperti monyet gansis ke arah seberang rumah (sebelah bawah seberang rumah nenek ane). Si sosok ini masih tak nampak jelas cuman hitam gansis dan bener-bener rambut panjang. dia seperti nangkring di atas pohon melinjo apa pete disitu ane lupa.

ane, tentu semakin penasaran makhluk apaan ntu bunyinya klaaakkk klaaakkkk. dibalik rerimbunan dan gelap malam, ane merasakan persis si sosok tersebut ngeliatin ane gansis. tak lama ane bisa menemukan mata diantara gelapnya pohon. ane bener-bener kaget gansis, matanya berwujud normal tapi besar gansir. klaaakkkk klaaakkk bunyi kembali, ane semakin penasaran siapa itu dan ane bisa melihat si sosok seperti mengunyah ngunyah gansis.

angin kembali kencang wuussssss wusssss, bener-bener membuat kasur ane bahkan seperti bergeser ke belakang. tak lama si sosok tersebut melompat dan mengepakkan sayapnya atau lebih tepat jubahnya gansis model gamis hitam pekat. ane bener-bener seperti terhipnotis dan tak bisa bergerak gansis. menjerit tapi tak keluar suara ane, bahkan ane memaksa untuk bisa sadar dari mimpi kagak bisa gansis. padahal ane ngerasa bener bahwa dalam mimpi ane seperti sadar.

tak ada suara laen selain bunyi klaaaakkk klaaakkkk si sosok tersebut gondrong hitam, berjubah gamis dengan mulutnya selalu mengunyah sesuatu gansis semacam batangan. wuuuuuutttt dia menghampiri ane gansis turun dari terbangnya. tapi dia tidak seperti ingin menakuti ane gansis, malah seperti orang yg datang ingin mengetahui siapa penduduk baru disini. dengan melihat ane terus menerus, ane mulai merapalkan ayat kursi gansis. tapi aneeeehnyaaaa gansis, ketika ayat terakhir di ayat kursi mulut ane kagak bisa merapalkannya seperti terkunci..

dia pun tersenyum dan tertawa gansis melihat ane kepayahan untuk merapalkan ayat terakhir dari surat kursi. tapi ane semakin berusaha memaksa bibir ane untuk merapalkannnya, dan seperti terplincuk atau terpleset2 gansis bibir dan suara ane ketika merapalkan ayat terakhir. ane semakin ketakutan tapi wajah si sosok ini mulai tidak suka dan semakin mendekatkan wajahnya ke ane gansis hanya 10 cm doang mungkin seperti hendak mencium ane.

ane bener-bener mati ketakutan, wajahnya legam seperti orang gosong tapi mata dan giginya masih utuh gansis. setelah mungkin sekitar 1 menit dia melihat wajah ane dari dekat, dia pun mundur melayang gansis, terbang ke atas dan ke arah pohon jambu itu tadi. setelah dia pergi, ane ternyata bisa membuka mata gansis. tapi ane tak bisa menggerakkan badan ane gansis. hingga akhirnya surat al-ikhlas semacam radio dalam jantung ane bergema gansis dan ane mulai bisa menggerakkan jempol ane dan tangan hingga seluruh badan.

ane cuman bisa nafas di tenggorokan doang gansis, ga sampe paru-paru. jadi bener-bener capek. terus ane bingung, cobalah ane merapal surat kursi, eh lancar-lancar aja sampe 3 kali ane baca gansis. cuman kok saat mimpi bertemu ntu sosok, ane kagak pernah sukses menyelesaikan ayat terakhir dari surat kursi (mungkin malaikat penjaga ayat kursi belum ce es sama ane kali wakakkakaka). entahlah, cuman ane bener-bener tak habis pikir gansis.

pas ane cek rupanya jam 2.30 pagi gansis. ane langsung mengecek posisi abang ane yg tidur di bawah dengan tenang dan damai. anehnya, ane berasa seger tapi badan ane pegel bener mungkin karena main bola gansis. ane langsung keluar kamar dan mengecek apakah yg ane saksikan dalam mimpi persis seperti yg senyatanya di luar malam ini. jleeebbbb bener-bener faktual. darimana ane bisa bilang gansis? karena di mimpi ane, ane lihat ada mobil hijau parkir di rumah seberang dan benar-benar sesuai dengan yg terjadi di luar malam itu.

ane mulai berpikir, kemungkinan besar sosok tadi juga bener-bener menghuni pohon jambu itu. tapi sebenarnya bukan pohon jambu asalnya, ada semacam pohon-pohon tinggi tua ane tak jelas karena disekitar pohon itu ada kolam ikan sederhana tapi buat ternak ikan beneran gansis. nah terungkap sudah si sosok ini berkat penuturan bokap ane gansis. kebetulan tak lama 1 bulan setelah ane hadir, bokap ane ambil cuti dan ke  Palembang. Rupanya bokap ane ne meminta kita bertiga tidur bersama. rupanya bokap juga suka mimpi kalo tidur sendirian di kamar tengah.

Cerita-ceritalah kami bertiga sebelum tidur. ane akhirnya membahas sosok dalam mimpi yg ane dan mencoba menanyakan pendapat bokap ane. "ah yang bener", itu pertanyaan bokap ane. dengan tegas ane meyakinkan mimpi ane. diam sekitar 5 menitan akhirnya bokap ane nanya ane ciri-cirinya dan menjelaskan selalu berbunyi klaaakkk klaaakkk. Bokap ane memulai ceritanya tapi menegaskan berkali-kali, ini kemungkinan tapi tak pasti kata bokap ane. Soalnya urusan ghaib dan hantu ne wallahualam kata bokap ane.

Jadi si sosok ini ternyata diduga adalah sosok salah satu teman maen bokap ane cuman sudah jauh dewasa. Misal bokap ane masih SMP, dia sudah tamat SMA. sebut saja si sosok ini namanya Kohar. si kohar ini gansis, jagoan kampung tapi menariknya dia tak pernah mau menindas orang sekampung. dia terkenal jagoan di bioskop, pelabuhan, pasar, tempat judi atau bahkan di ampera gansis. jago silat dan punya ilmu kebal. SI kohar ini gansis seneng berteman dengan bokap ane karena dia bilang mental bokap  ane itu pendekar. bahkan kalau sering mendapatkan tantangan dari pemuda kampung laen atau preman yg hendak ambil tempat jagaan si Kohar, bokap ane disuruh maju dluan untuk nghadepin anak buah preman.

Nah si Kohar ne merekrut 3 kaki tangannya termasuk bokap ane dan 2 pemuda laen (nah cerita sama pemuda laen ini juga lucu bener gansis kelakuan bujang2 lama tuh bener2 lawak). Sampai akhirnya bokap ane berhenti berteman dengan kohar karena kelakuan si Kohar ini uda kelewat batas. seperti mo limo sempurna dan konsisten dilakukan dia gansis. sedang bokap ane ne cuman seneng berantem dan pacarin cew cakep doang, mabok, merampok, dan judi ogah bokap ane.

hingga akhirnya si Kohar sakit keras tapi tak bisa meninggal gansis. hampir setahun dia sakit keras. uniknya sakit di badannya mulai dirasakan paling tersiksa ketika orang azan atau mengaji dengan toa gansis. sangking sakitnya, pernah dia membawa parang ke masjid untuk menyuruh yg ngaji berhenti pake toa atau ditebas kepalanya. setelah berhenti mengaji, dia tekapar di tengah jalan gansis. 

hingga akhirnya si keluarga kohar tak sanggup lagi meladeni kelakuan si kohar yg menjadi jadi, berteriak dan telanjang dan tak jarang memukul emaknya gansis. dengan saran tetangga, dipanggillah salah satu kiai yg ternama di palembang. Si kiai mengatakan bahwa si Kohar tak bisa mati sampai ilmu kebalnya di lepas. Nah ilmu kebal si kohar ini harus ada yg ngambil baru dia bisa mati. Tentu tak ada yg mau mengambil ilmu kohar melihat akhir nasib seperti itu.

si kiai menjelaskan bahwa harus dibacakan yasin 40 hari dengan 40 orang secara terus menerus baru nanti bisa lunak "susuk kebal" yg ada di jempol kakinya kohar. dimulailah gansis yasinan dan tau tidak, ketika yasinan pertama si kohar tertawa-tawa terpingkal pingkal. hari kelima mulai dia emosi dan bahkan mengusir penduduk yg ikut yasinan dari rumahnya. tentu setelah diusir, lanjut lagi sampai selesai. hari ke 25 mulai meraung-raung kesakitan di gansis. hari ke 35 mulai mengemis-ngemis supaya menghentikan yasinan. nah hari ke 40 disaat ajalnya akan tiba gansis, jadi tiba-tiba dari yg lemas dia bangun dan masuk ke tengah ruangan. dengan menunjuk-nunjuk ke kiai dan semua jamaah yasin dia bilang akan membalas dendam karena telah menyiksa dia.

kebetulan bapak ane ne walau hadir di jamaah, si Kohar tidak menunjuk-nunjuk bokap ane. selesai dia menghardik jamaah, di hembusan sakratul maut tau gansis apa yg dia ucapkan dan teriak "Pilll****tttt" (alat kelamin pria dengan bahasa palembang). "aku tak mau, aku tak mau ampuuunnn takut akuuu, pergiiii pergiiiii", tiba-tiba lari keluar rumah dengan penuh ketakutan si kohar dan terjerembab di tengah jalan. kata bokap ane si kiai bilang dia melihat anak buah malaikat Izrail datang menjemput.

Langsung si kiai meminta keluarga untuk mengambil kain putih dan dibalutkan ke kaki, seketika besi warna kuning sebesar jempol orang dewasa panjang 10 cm ditarik gansis dan langsung meminta bokap ane membuangnya di sungai musi. langsung bokap ane menuruti. dan esoknya dikuburkan si Kohar dan tentu dengan perasaan lega bagi kampungnya.

nah teror dimulai ketika yasinan gansis. ane baru sadar ketika pas solat di mesjid dekat kampung, ada orang tua nyebut anaknya yg bandel bgt. "kau ne bandel bener, nak jadi hantu kek kohar kau ye". ane baru paham setelah bokap ane cerita. nah saat yasinan gansis, sekitar 20 ayat terakhir tiba-tiba ibu-ibu yang di dapur menjerit dan pingsan. seketika membuat panik dan bingung jamaah. ketika si ibu ini sadar, dia melihat si kohar sedang menaburi arang ke makanan jamaah yasinan gansis.

hari kedua, tiba-tiba semua alat masak terbang ke ruang tengah gansis. tapi kiai tetap menyarankan melanjutkan yasinan. kejadian ini membuat orang sepi datang yasinan karena takut bakal dihantui gansis. akhirnya termasuk bapak ane gansis ikut dalam pengajian hari ketiga. dan sepulang yasinan, bapak ane dengar siulan ala si kohar. nah si kohar ini hobi makan tebu gansis, sembari bunyi klaaakkk klaaak. bapak ane mencari-cari siulan, antara percaya tak percaya karena siulan itu khas si Kohar. Bapak ane akhirnya menemukan kohar di bawah pohon jambu dengan kondisi badan legam seperti orang kena tiup arang gansis. tapi sambil makan tebu dan senyum pringis ke bokap ane.

"Astagfrullah Kohar, la mati kau ne jangan ngantu pulok", ujar bapak ane. "sudah aku nak balek, capek aku", dengan santai bapak ane balik ke rumah. nah berdasar ciri-ciri sosok yg ane ceritakan, memiliki kemiripan dengan si Kohar. Bokap ane takjub karena ane bisa melihat sosok ini karena sudah lama orang tak diganggu kohar lagi. mungkin dia mau kenalan dengan anak bokap ane katanya. sejak saat melihat kohar, bokap ane memang tak pernah mau namanya nyakitin atau ngambil hak orang lain karena bukti nyata temannya sendiri si Kohar jadi hantu. Wallahualam gansis. (Next story, Pocong di Pos Kamling) 


 
adekur100
arinasabilal
regmekujo
regmekujo dan 27 lainnya memberi reputasi
28
8.1K
70
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.