Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Planet hingga Kesucian, Berikut 5 Aroma Paling Aneh dan Tidak Biasa di Dunia

andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Planet hingga Kesucian, Berikut 5 Aroma Paling Aneh dan Tidak Biasa di Dunia


emoticon-Malu (S) Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Malu (S)
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Enjoy reading and have a good read emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)






Aroma, bebauan, atau bahkan wewangian merupakan salah satu hal yang sangat familiar dengan kita semua. Mulai dari aroma khas ketika hujan akan turun, aroma khas tubuh orang lain yang kita sukai, hingga aroma feses atau kotoran di kala buang air besar.

emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)

Nyatanya kita memang sudah mengenal banyak aroma atau bebauan selama kita hidup. Namun tahukan gansis nyatanya ada beberapa aroma atau bebauan yang cukup aneh tapi nyatanya tetap memiliki nama yang bahkan tidak pernah kita duga.

Mulai dari aroma planet, kesucian, bahkan hal yang paling gelap seperti kematian sekalipun.

jika gansis penasaran, berikut ane udah ngerangkum deretan aroma atau bebauan paling aneh di dunia yang belum pernah gansis rasakan.


emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)







- Aroma Luar Angkasa -




Walaupun seringkali dideskripsikan sebagai tempat yang hampa sehingga sudah seharusnya tidak memiliki aroma atau pun bau tertentu, namun nyatanya luar angkasa benar-benar memiliki aroma khasnya.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Hal ini cukup masuk akal, karena beberapa luar angkasa yang melayang termasuk bola raksasa gas nyatanya memiliki aroma serupa rum yang bercampur dengan buah manis yang oleh para ahli kimia disebut sebagai Ethyl Formate.

Spoiler for Yang seru dimari:


Begitupun, tidak ada yang tahu dan belum ada yang dapat menjelaskan mengapa aroma atau bau ini ada. Namun dari laporan astronot kita tahu bahwa aroma lain dari luar angkasa juga seringkali muncul dengan bau yang menyerupai makanan, hingga belerang atau daging panggang.



Bahkan salah satu astronot Thomas Jones, pernah menuliskan dalam laporannya,

Ketika anda menekan tombol airlock dan keluar dari pakaian luar angkasa, akan tercium bau ozon yang khas, bau tajam yang samar, yang juga cukup mirip dengan bau bubuk mesiu yang terbakar atau bau ozon dari peralatan listrik.”

Menariknya, dari hasil kesimpulan para astronot di luar angkasa sana, NASA pun telah mencoba meniru aroma tersebut dan membuat tiruannya di bumi sebagai bagian dari pelatihan mereka untuk astronot di masa depan.


emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)



- Aroma Planet -



Luar angkasa punya bau bervariasi, mulai dari campuran rum dengan buah manis, aroma besi metalik yang familiar, hingga bau daging panggang yang tidak bisa dijelaskan.

Namun bagaimana dengan aroma planet?

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Secara teori biasanya kita dapat menebak secara kasar bau planet tertentu dari komposisi kimia atmosfer planet yang bersangkutan. Sebagai contoh planet Venus berbau telur busuk  dikarenakan awan asam sulfat tebal yang mengambang di atmosfer planet tersebut.

Spoiler for Gak kalah seru nich:


Sementara itu, aroma sulfur dioksida dan hidrogen sulfida bisa jadi penyebab mengapa Mars dan Uranus punya aroma yang sama. Sebaliknya di Jupiter yang kondisi tiap lapisan atmosfernya terdiri dari bahan kimia yang berbeda, maka akan memiliki aroma yang berbeda pula, tergantung dimana gansis merasakannya.



Di beberapa lapisan, gansis akan mencium aroma almond  yang familiar karena adanya hidrogen sianida, tapi di sisi lain bau amonia pekat yang menusuk hidung juga akan gansis temukan.

Sementara di bumi, bau almond yang sama namun lebih bersahabat akan gansis rasakan pertama kali. Yang kebanyakan berasal dari pohon atau tumbuh-tumbuhan lainnya.


emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)



- Istana Versailles -



Dari judulnya, ‘Istana Versailles’ tentu gansis terbayang aroma manis parfum, kue, minuman, anggur, hingga yang paling aneh pesta seks semalam suntuk yang baru saja diadakan oleh para priyayi di istana setelah melakukan pesta pora.

Namun nyatanya hal tersebut tidak berlaku di Istana Versailles.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Karena walaupun jadi salah satu ikon Perancis, jangan buru-buru berharap bahwa gansis akan nemuin deretan bau menyenangkan yang sebelumnya udah kita bahas duluan, karena percayalah, yang akan didapatkan adalah sebaliknya.

Punya sejarah panjang karena pernah jadi tempat tinggal mendiang Ratu Marie Antoinette dan Raja Louis XVI yang berakhir di tiang pancang, istana ini nyatanya punya cacat yang cukup memalukan untuk tempat sekelas istana.

Spoiler for Ini juga seru kok:


Cacat luar biasa untuk istana cukup ini diketahui berasal dari pemasangan pipa bangunan untuk tujuan sanitasi yang nyatanya jauh dari kata sempurna. Bahkan rumor yang bilang jika Istana Versailles gak  punya toilet, - kecuali toilet pribadi raja dan yang jumlahnya hanya dua – sehingga siapa pun selain raja dan ratu yang cukup sial karena dipanggil alam, akan memilih buat nuntasin hajatnya di semak-semak, pot bunga, di bawah pohon, dan apapun itu yang bisa nampung kotoran dan sisa makanan.



jadi dapat dibayangkan bau semerbak apa yang menyelimuti istana satu ini.

Yep, air seni atau kencing, dan kotoran manusia.

emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)

Rahasia satu ini nyatanya memang menjadi salah satu skandal Istana Versailles yang cukup terkenal sampai sekarang. Dan entah sudah diperbaiki atau belum, nyatanya rumor bau yang dimiliki sama salah satu ikon negara Prancis ini aka tetap ada sampai kapan pun.

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)




- Kematian -



Kematian seringkali ditafsirkan sebagai sebuah kondisi yang menghampiri seseorang dalam satu kesempatan singkat, hitam, gelap, kelam, dan menjadi sesuatu yang tentunya tidak menyenangkan.

emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)

Kondisi ini cukup masuk akal mengingat penampilan seseorang yang sekarat, dan mendekati ajalnya merupakan pemandangan yang – yah katakan saja bukan hal yang menyenangkan untuk dilihat – namun di sinilah keanehannya dimulai.

Yep, kematian memiliki aroma atau bau khasnya.

Spoiler for Baca juga dimari ya gan:


Salah satu bau paling umum yang dikeluarkan seseorang pada saat kematiannya adalah aseton yaitu sebuah bahan kimia berbau buah yang digunakan sebagai penghapus cat kuku.



Namun, bau ini terkadang akan bercampur dengan bau lain akibat penyebab kematian yang beragam, bau besi yang pekat karena darah, hingga bau busuk karena tubuh memulai proses pembusukannya. Dan yah, beberapa nama untuk bau tersebut cukup aneh, yaitu Kadaverin dan Putresin.

Sementara itu, ahli percaya muncunlnya aroma khas ini merupakan hasil dari sifat evolusioner manusia yang kemudian menjadi ‘alarm pengingat’ bahwa ‘kematian’ yang sering diasosiasikan dengan bahaya, berada dalam jarak yang cukup dekat.

emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)




- Kesucian -



Kesucian, atau dalam hal ini ane menyebutnya para orang suci atau Saint, nyatanya punya aroma atau bau khusus dan unik. Aroma kesucian ini yang dikenal dengan istilah Osmogenesia, atau Odore di Santitia yang merupakan kebalikan dari odore di zolfo atau bau kematian, belerang, dan bau busuk lainnya.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Aroma yang juga dikenal sebagai bau kudus ini juga muncul dalam bentuk berbeda. Bagi beberapa orang suci, bau ini mulai keluar dari tubuh mereka setelah mengalami kematian, yang kemudian menurut penuturan orang-orang beraroma manis dan tercium cukup jelas tanpa alasan yang bisa diketahui.



Namun bagi yang lain, bau kesucian ini hadir dalam bentuk cairan berbau manis yang bocor dari makam yang berisi jasad orang suci yang telah meninggal.

Sebagai contoh, Jasad St Simeon Stylitesdikatakan memancarkan bau parfum, dan hampir semua yang merasakannya, menggambarkan bau kesucian tersebut sebagai bau yang manis, dengan campuran madu, mentega, mawar, violet, kemenyan, mur, tembakau pipa, melati, dan bunga lili.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)







Nah, gimana? Ada gak dari aroma atau bau di atas yang gansis pernah cium? Koment di bawah yak huehue

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Dan yah, sekian thread dari ane kali ini, thanks buat yang sudah mampir dimari yak, jangan lupa tinggalkan jejak berupa commentshare, dan saling berbagi cendols ~

And last but not least, stay tune for another thread yak ~

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir







Sumber : Disini | Narasi : Pribadi | Sumber Gambar : Google Images
Copyright © 2015 - 2021 Andretarina
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS





Diubah oleh andretarina 16-12-2021 03:25
red.wangyi
Pathela
imaginaerum
imaginaerum dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.9K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.