cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang Kejayaan Berbagai HP Esia Jadul, Termasuk Esia Hidayah yang Fenomenal


Esia. Apa yang terlintas di benak agan ketika mendengar kata tersebut? Ya, Esia adalah provider CDMA yang sudah tidak ada sejak 2014 karena semakin sedikitnya pelanggan dan jaringan CDMA yang sudah tidak bisa dipakai lagi.

Provider milik Bakrie Telecom tersebut sebenarnya sempat punya kejayaannya sendiri dengan berbagai tarif nelpon dan SMS yang lebih murah dari GSM. Terlebih, Esia memang ditujukan bagi konsumen kelas menangah hingga bawah yang ingin merasakan jasa telekomunikasi murah tapi kualitasnya tidak kalah dengan operator GSM.

Selain terkenal sebagai provider telekomunikasi, Esia juga sempat mengeluarkan produk hp yang bekerjasama dengan sejumlah vendor termasuk Huawei. Tahun 2000an Esia merilis berbagai ponsel murah bahkan sangat murah sehingga banyak orang yang membelinya.

Uniknya, Esia merilis ponsel-ponsel dengan berbagai bentuk dan tema. Termasuk yang paling terkenal adalah Esia Hidayah.

Esia Hidayah Series, HP Untuk Muslim




Esia Hidayah pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2008 dengan varian pertamanya yang berbentuk candybar. Esia Hidayah ini punya fitur yang tak ada di hp lain saat itu. Termasuk fitur untuk membaca Al Qur'an, pengingat adzan, kumpulan hadits, serta ceramah dari ustadz ternama. Fitur-fitur tersebut yang membuat hp Esia Hidayah laris manis. Terlebih harganya yang hanya sekitar 300 ribuan saja. Berbanding terbalik dengan hp dengan brand ternama yang harganya bisa berkali-kali lipat.



Setelah itu Esia meluncurkan varian lain seperti Esia Hidayah Plus dan Hidayah Syi'ar. Hidayah Plus harganya lebih murah karena fiturnya yang lebih sedikit.

Kemudian ada Esia Hidayah Amanah yang berdesain qwerty, mengikuti tren desain Blackberry yang saat itu sedang booming. Esia Hidayah Amanah diluncurkan bersamaan dengan Esia Hidayah Sholeh yang dikhususkan bagi anak-anak muslim untuk belajar mengaji.

Esia Kasih



Sadar jika penduduk Indonesia bukan hanya beragama Islam saja, Bakrie Telecom kemudian meluncurkan Esia Kasih. Sebuah hp yang memiliki beberapa fitur yang dikhususkan bagi umat kristiani. Fiturnya terdapat bacaan sabda kasih dan doa dari Alkitab. Serta wallpaper dan ringtone yang bertema kekristenan. Esia Kasih memang tak sebooming Esia Hidayah. Namun hp ini termasuk dalam jajaran hp klasik yang pernah dikeluarkan oleh Esia.

Esia QWERTY Games


Pada 2011, Esia meluncurkan hp Esia qwerty games yang dibanderol dengan harga 500 ribuan yang di dalamnya terdapat banyak game Java dari Electronic Arts. Namun ternyata saat itu gamenya tidak gratis meski sudah terinstal 30 game resmi EA. Tarifnya yaitu Rp. 1000/hari untuk 10 game. Pada 2011 Android memang belum begitu booming, jadi masih banyak orang yang memainkan game Java.

Esia Jadul Lainnya













Selain itu, Esia juga sempat merilis hp murah lainnya yang harganya sangat terjangkau seperti Esia Starlight, Esia Ngoceh, Esia QWERTY mini, dll. Harganya selalu di bawah 500 ribuan dan ditambah berbagai bonus konten termasuk gratis pulsa dan SMS.

Sempat ada juga Esia Slank yang dikhususkan untuk Slankers dan diluncurkan pada 2009. Ada juga Esia Merdeka yang diluncurkan untuk memperingati HUT RI ke-63. Yang jelas banyak hp Esia yang saat itu sempat beredar.

Sebenarnya Esia juga sempat merilis hp Android namun kalah bersaing.

Gimana gan, hp Esia apa yang pernah agan miliki? emoticon-Ngakak



Quote:
screamo37
kepala.hitam46
nekodhani
nekodhani dan 34 lainnya memberi reputasi
35
20.4K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.