Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardus2020Avatar border
TS
kardus2020
Biang Kerok Pangsa Perbankan Syariah Masih Mini Versi Wapres
Jakarta, CNBC Indonesia - Pangsa pasar perbankan syariah masih sangat rendah dibandingkan bank konvensional, yaitu 6,5%. Menurut Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, ada beberapa hal yang menjadi kendala di balik hal tersebut.


"Pertama adalah literasi dan pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap perbankan Syariah dari pemahaman makanya kita kerja sama lembaga dengan media untuk mengembangkan literasi," katanya diskusi Transmedia Institute di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta, Kamis (2/12/2021).
Menurut Kiai Ma'ruf, pengguna perbankan syariah sedikit karena institusi kelembagaan kurang memanfaatkan fasilitas dari sektor itu. Sehingga butuh membangun usaha bisnis syariah dan melakukan inkubasi.


"Karena institusi kelembagaan itu kurang memanfaatkan. Seperti bus. Dia gak bisa dimanfaatkan karena penumpang kurang. Baik penggunanya maupun pengusahanya. Makanya harus ada langkah inkubasi, termasuk ekonomi berbasis pesantren," katanya.



Selain itu, Kiai Ma'ruf juga mendorong migrasi para pengusaha menggunakan fasilitas syarah jadi penggunanya lebih besar.

"Bahasanya mendorong hijrah dari penggunaan bank konvensional ke syariah," jelasnya.

Sehingga pengguna atau pemakai dana yang ada di bank syariah semakin ramai. Pun penguatan instrumen bank syariah, mulai dari perbaikan layanan hingga menghadirkan produk yang lebih menarik.

"Ini harus ada inovasi produk. Karenanya kemarin ada bagaimana mengkolaborasi seluruh sektor berjalan sehingga bisa menopang.. ini adalah gerakan simultan, saya kira perbankan syariah akan memperoleh peningkatan," katanya.

Untuk diketahui, per September, total aset institusi keuangan syariah Indonesia tumbuh sebesar 17,32% yoy (year on year) dengan nilai nominal US$ 132,7 miliar atau setara dengan Rp 1.901,1 triliun.
Jumlah ini terdiri dari aset perbankan syariah sebesar US$ 43,58 miliar (Rp624,4 triliun), pasar modal syariah (sukuk dan reksa dana) US$ 80,95 miliar (Rp1.159,8 triliun), dan Lembaga Keuangan Non Bank Syariah US$ 8,16 miliar (Rp116,9 triliun).

Sumber


Ane sendiri berharap pangsa pasar perbankan syari'ah jangan terlalu tinggi. Bank Syari'ah terlalu banyak mengambil margin dan operasionalnya tidak efisien... Bank Syari'ah ini justru akan membuat ketimpangan dalam masyarakat Indonesia dibanding dengan konvensional.

Bagi peminjam katakanlah Rumah Sederhana, Selishnya cicilan bulanan bisa sampai 300-400 ribu dibanding bank konvensional.. seharusnya bisa dipakai untuk uang saku sekolah anak, malah diberikan ke Bank Syari'ah...
Diubah oleh kardus2020 12-12-2021 23:41
pilotugal2an541
muhamad.hanif.2
Jazed
Jazed dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.7K
67
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.