Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bloodseeker18Avatar border
TS
bloodseeker18
Peneliti Tenukan Spesies Dinosaurus dengan Senjata Mematikan Pada Ekor
Peneliti Tenukan Spesies Dinosaurus dengan Senjata Mematikan Pada Ekor

Sejumlah peneliti menemukan kerangka nyaris lengkap spesies baru dinosaurus, dengan senjata menyerupai tongkat perang Indian Aztec pada ekornya.

Ananova.com menulis kerangka ditemukan di lembah Rio de las Chinas di Patagonia, Cile, pada Februari 2018. Nature, jurnal sains terkemuka, mempresentasikan temuan ini pekan lalu dan memberi nama spesies dinosaurus itu Stegosaurus elengassen.

Penemuan terjadi selama kursus praktis tentang ekstraksi fosil dan konservasi yang diberikan teknisi paleontologi Jonatan Kaluza dari Fundacion de Historia Natural Felix de Azara.

Panjang kerangka itu kira-kira dua meter, dan 85 persen lengkap. Ini menunjukan spesies itu hidup sekitar 74 juta tahun lalu, atau pada era Cretaceous akhir.

Paleontolog semula mengira kerangka itu milik ornithopod, karena tulang tungkainya ramping. Setelah menganalisisnya di laboratorium, mereka menyadari bawa itu sebenarnya ankylosaurus.

Subordo Ankylosaurus mencakup sebagian besar dinosaurus dengan baju besi dalam bentuk tulang seperti kura-kura.

Fosil Ankylaosaurus melimpah, dan ditemukan di belahan Bumi utara, tapi hanya catatan terpisah fosil yang sama ditemukan di selatan khatulistiwa.

Kerangka spesies bernama A.oliveroi, dalam genus Antarctopelta yang ditemukan di Pulau James Ross tahun 1986, misalnya, hanya terawetkan 15 persen.

Dalam pernyataan pers Consejo Nacional de Investigaciones Cientificas y Tecnicas, sebuah lembaga pemerintah Argentina, Kaluza mengatakan; "Kami sampai pada kesimpulan bahwa itu adalah Ankylosaurus transisi, yaitu hubungan evolusioner antara Ankylosaurus dan garis keturunan dinosaurus lapis kedua yang lebih tua."

Fitur Stegosaurus elengassen paling mencolok adalah senjata di ekornya, yang tidak menyerupai ekonor dinosaurus yang kita kenal. "Ini senjata besar yang terdiri dari tujuh pasang osteoderm, atau tulang dermal," demikian pernyataan pers Fundacion de Historia Natural Felix de Azara.

Senjata itu diajun ke samping dengan cara mirip daun pakis. Lebih menarik lagi, senjata itu mirip macuahuitl, senjata perang Bangsa Aztec.

Sejauh ini belum ditemukan spesies baru, dan belum ada catatan tentang dinosaurus lapis baja berkaki ramping yang memiliki senjata di ekornya.

Menurut Nature, Stegosaurus elengassen berhubungan dengan Kunbarrasaurus dari Australia dan Antarctopelta dari Antartika. Keduanya membentuk klad Ankylosaurus Gondwanan, yang berpisah paling awal dari semua Ankylosaurus lainnya.

Temuan ini membalikan kepercayaan bahwa senjata semacam itu hanya berevolusi pada spesiesn dengan anggota badan yang kuat dan kaki lebar.

sumber

Dinosaurus lapis baja emoticon-Takut
scorpiolama
uamri74
pakisal212
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.