• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Peniru Black Hole hingga Pengingat, Berikut 5 Materi Paling Aneh yang Ada di Bumi

andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Peniru Black Hole hingga Pengingat, Berikut 5 Materi Paling Aneh yang Ada di Bumi



emoticon-Malu (S) Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngakak (S) Enjoy reading and have a good read emoticon-Ngakak (S)






Selama ribuan tahun lamanya kita berkutat dengan sains, sebagai umat, nyatanya kita udah mencatat sekaligus mempelajari berbagai materi dan zat menarik di alam semesta, dan lebih hebatnya lagi telah mampu mengembangkannya jadi berbagai materi yang unik.

emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Dan dengan keunikan itu, kita juga turut diperingatkan bahwa alam tampaknya punya aturan ketatnya sendiri, di mana segala sesuatunya dapat diprediksi sejelas mungkin selamanya kita punya caranya.

Nah, kalau gansis penasaran dengan berbagai keanehan sekaligus keunikan berbagai zat dan materi aneh di dunia, berikut ane udah ngerangkum 5 zat dan materi paling aneh yang telah ditemukan oleh para ilmuwan dalam perkembangan sains mereka selama bertahun-tahun

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)





- Triiodida Si Peledak Instan -



Triiodida sejatinya adalah sebuah zat kimia yang mengacu pada satu bahan yang dapat dicampur dengan banyak bahan lain untuk membuat bahan kimia yang berbeda, bahkan nama triiodida, merupakan kependekan dari ion triiodida, sehingga pada dasarnya tidak terlalu menarik.

Lalu kenapa ane bilang zat satu ini cukup istimewa untuk dapetin embel-embel Si Peledak Instan?

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Jawabannya adalah karena tingkat eksplosifnya yang luar biasa unik. Jadi, ketika kebanyakan bahan peledak menggunakan proses kimia yang cukup kompleks, melalui panas dan pembakaran. Syarat ini tidak berlaku bagi nitrogen triiodida, yang mudah meledak bahkan pada saat terjadi kontak.

Spoiler for Yang seru-seru:


Ingin merasakannya? Gansis cukup ambil satu gram atau lebih bubuk ini, letakkan di atas meja, sentuh dengan hampir semua hal, odol, gelas, kaca, bahkan dengan gesekan, dan boooommmmm ~

emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Sementara itu, yang paling parah, jika tidak berhati-hati pada saat memegang zat satu ini, ledakan besar bisa saja terjadi sewaktu-waktu.



- Vantablack dan Tiruan Black Hole -



Berhasil dikembangkan oleh Surrey NanoSystems. Keunikan pewarnaan dengan bahan Vantablack nyatanya tidak cuma menghasilkan warna yang hitam pekat, tapi juga kemampuan dalam memerangkap cahaya yang setara dengan lubang hitam, secara harfiah.

emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)

Dalam aplikasinya, vantablack punya kemampuan sedemikian rupa sampai dapat memerangkap cahaya. Hasilnya cukup sempurna sampai ngebuat objek lapisan yang awalnya tiga dimensi menjadi 2 dimensi.



Hal sebagai hasil dari kemampuan Vantablack yang bisa menyerap 99 persen dari cahaya yang disentuhnya.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)



- Materi Gelap atau Dark Matter dan Keajaibannya -



Materi gelap aka Dark Mater adalah salah satu zat yang paling sulit dipahami di alam semesta yang secara gak langsung ngebuat zat satu ini bisa dibilang sebagai salah satu zat yang paling menarik.

Karena dalam teorinya materi gelap adalah apa yang membentuk sekitar 27 persen dari alam semesta secara fisik, namun tetap saja kita gak bisa ngeliat zat satu ini secara lansung karena tingkat luminositas atau pembiasan cahayanya yang tidak biasa.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Namun sebaliknya, materi gelap hanya dapat dideteksi oleh tarikan gravitasinya. Sederhananya, kita tahu di luar sana ada materi gelap, bedanya dengan materi biasa, materi gelap ini gak bisa kita lihat melainkan hanya bisa kita rasa dengan adanya tarikannya pada objek lain.

Spoiler for Yang seru-seru:


Semenjak keberadaan materi gelap pertama kali dihipotesiskan pada 1970-an, materi gelap pun kerap jadi alasan buat menjelaskan gerakan misterius terhadap banyak objek yang ditarik dalam medan gravitasinya.



contohnya seperti galaksi yang tampaknya secara ajaib mampu lolos dari tarikan gravitasi galaksi lain yang lebih besar dari tempat mereka berasal.



- Bahan Ultrahidrofobik Si Ultra Anti Air -



Walaupun bahan satu ini penampakannya seperti pelapis, nyatanya bahan namun bahan ultrahydrophobic bukanlah barang yang dapat kamu beli untuk melapisi produk kulit dan suede atau pelapis semprot yang melindungi proyek kayu outdoor dari hujan dan elemen lainnya.

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Lapisan ultrahidrofobik sebenarnya digunakan sebagai lapisan kasat mata yang ngebuat air jadi punya lapisan pembungkus sehingga keliahatan seperti menjadi bola kecil.

Spoiler for Yang seru-seru:


Ketahanan cairan dari zat ini nyatanya sangat luar biasa, sampai-sampai kalau ada mobil terlapisi bahan ultrahidrofobik berjalan di bawah hujan, maka dipastikan tidak akan basah.

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)



- Nitinol si Pengingat -



Nitinol adalah nama dagang untuk bahan nikel titanium, yaitu sebuah paduan logam dengan beberapa sifat yang sangat tidak biasa (dan uniknya cukup penting). Nitinol sering digunakan dalam industri medis, dan punya peran penting untuk aplikasi lain di sektor industri.

emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Sementara itu, yang paling membuat Nitinol aneh, adalah sifatnya yang hampir menyerupai logam cair dalam film Terminator 2: Judgment Day, yang selalu dapat kembali ke bentuk aslinya alias mampu mengingat.

Nitinol merupakan materi yang memiliki kemampuan superelastisitas, atau memori untuk kembali ke bentuk aslinya. Jadi, jika gansis membuat objek dari nitinol dan kemudian membengkokkannya sepenuhnya, maka benda itu akan secara otomatis merangkak dan membentuk kembali ke bentuk aslinya begitu saja alias pseudoelastisitas.

Spoiler for Yang seru-seru:


Sifat memori bentuk ini membuatnya menyenangkan dan praktis.

Dengan kemampuannya yang mampu mengingat, tidak salah jika nitinol menjadi salah satu bahan paling aneh yang pernah ditemukan.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)





Nah gimana? kira-kira ada gak materi atau zat di atas yang pernah gansis jumpai? kalau ada koment di bawah yak huehue

Dan yah, sekian thread dari ane kali ini, thanks buat yang sudah mampir dimari yak, jangan lupa tinggalkan jejak berupa commentshare, dan saling berbagi cendols ~

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Last but not least stay tune for another thread yak ~







Sumber : Disini | Narasi : Pribadi | Sumber Gambar : Google Images
Copyright © 2015 - 2021 Andretarina
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS






multilayer
msy23
nafta101
nafta101 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
6.3K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.