Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ariesz15Avatar border
TS
ariesz15
Pahami Digital Marketing Agar Bisnis Anda Berkembang


Hallo sobat DB, semenjak Pandemi berlangsung seluruh bisnis dipaksa untuk merubah pola pemasarannya dari tradisional marketing menuju Digital Marketing. Tak heran jika banyak perusahaan mencarai kandidat yang benar-benar professional di bidang Digital Marketer untuk mendukung bisnisnya menuju Go Online.


Di era serba digital seperti ini, para konsumen sudah tidak perlu lagi datang ke toko untuk membeli suatu barang, atau berdiri di pinggir jalan untuk memberhentikan taksi. Para konsumen lebih focus menggunakan ponselnya untuk melakukan sesuatu dan mengakses berbagai informasi dari internet. Oleh sebab itu pemasaran secara tradisional sudah tidak efektif lagi di karena Sebagian besar para konsumen sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini.


Sehingga mau tidak mau, para pembisnis harus mengetahui apa itu Digital Marketing, kelebihan apa saja yang di hasilkan dari digital marketing. Simak artkel di bawh ini agar anda paham dan bisa menerapkannya pada bisnis anda :


Apa itu Digital Marketing

Sebelum anda belajar lebih jauh hal pertama yang harus anda pahami ialah Apa itu Digital Marketing, merupakan suatu kegiatan memasarkan product atau suatu Brand tertentu menggunakan media Digital atau internet. Tujuan dari Digital Marketing ialah untuk menjangkau target customer secara efisien, personal, dan relevan. Serta pemasaran Digital Marketing ini memadukan Teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi.


Tidak seperti pemasaran secara tradisional, yang mengandal kan brosur dan juga baliho. Kita tidak dapat menarget audience secara efisien jika masih menggunakan pemasaran tersebut. Berbeda halnya dengan Digital Marketing kita dapat lebih mudah menawarkan product kita ke costumer. Karena target pemasaran bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan dari product kita.


Kelebihan Digital Marketing

Banyak dari pembisnis yang sudah membuktikan kalau Digital Marketing banyak kelebihan dan manfaat yang di peroleh, berikut kelebihannya :


Kecepatan Penyebaran

Dalam pemasaran secara Digital Marketing dapat dilakukan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik, sehingga kita dapat dengan mudah menawarkan product kita. selain itu pemasaran Digital Marketing dapat diukur secara realtime dan tepat.


Kemudahan Evaluasi

Dengan pemasaran secara Digital Marketing, kita dapat melihat hasil dari kegiatan pemasaran kita, mulai dari berepa lama product kita di tonton, sebarapa banyak orang yang melihat iklan kita, dan berapa persen konversi yang di hasilkan dari iklan kita. Setalh kita mendapatkan semua informasi tersebut. Kita dapat melakukan evaluasi secara langsung, dan melihat mana iklan yang paling baik atu buruk, sehingga kita dapat memperbaiki iklan tersebut.


Jangkauan lebih luas

Kelabihan selanjutnya ialah, kita dapat dengan mudah menjangkau geografis yang lebih luas. Anda dapat mempromosikan product atau Brand anda keseluruh kota yang ingin anda tuju dengan melakukan beberapa Langkah.


Murah dan Efektif

Pemasaran secara Digital marketing jauh lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Biaya anggaran yang dapat di hempat bisa mencapai 40%, menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu sudah 28% pengusaha kecil atau UMKM berpindah ke Ditial karena terbukti lebih efektif.


Membangun Nama Brand

Pemasaran secara Digital Marketing dapat membantu anda membangun Brand dengan baik. karena branding suatu product itu sangat penting, orang-orang akan mencari informasi secara online product anda sebelum memutuskan membeli.


Jenis Digital Marketing

Setelah kita mempelajari pengertian Digital marketing dan kelebihan dari Digital Marketing, sekarang kita harus tau jenis-jenis dari Digital Marketing itu sendiri :


Website

Website adalah salah satu jenis Digital Marketing yang berperan penting dalam menunjukkan Profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis anda.


Search Engine Marketing

Dalam memperkenalkan website kita ke audience serta memudahkan mesin pencari seperti Google dalam mencari website kita, Search Engine Marketing berperan sangat penting. SEM terbagi menjadi atas 2 teknik yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Pada Optimasi SEO membutuhkan waktu yang lebih lama dan gratis sedangkan Optimasi SEM berbayar tetapi lebih cepat


Social Media Marketing

Jenis Digital Marketing selanjutnya ialah Social Media Marketing, manfaatkan semua platfrom media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, karena dapat meminim biaya bahkan gratis. Dengan menggunakan seluruh platfrom media social tentu saja dapat meningkatkan Brand Awernase pada bisnis kita.


Online Advertasing

Jenis media selanjutnya ialah Online Advertising, media promosi ini akan mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang mahal dibandingkan jenis marketing sebelumnya.


Email Marketing

Dengan cara email marketing anda dapat memberitaukan informasi terbaru mengenai informasi yang sedang berlangsung secara pribadi.


Video Marketing

Dengan metode Video Marketing, anda dapat dengan langsung menjelaskan tentang bisnis anda dan menjelaskan product serta testimoni dari product yang anda jual.


Bagaimana Memulai Digital Marketing

Setelah anda memahami pemahaman tentang Digital Marketing, apakah anda tertarik untuk mencobanya..?? jika iya, untuk memulai Digital Marketing terdapat beberapa hal yang perlu anda siapkan :


Siapkan media pemasaran

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah media pemasarannya, ada beberapa alat bantu yang dapat anda gunakan dalam Digital Marketing seperti : Website, Media Social, Identitas Brand, Review Pelanggan, Feedback dari pelanggan. Alat-alat seperti ini merupakan asset bagi anda dalam Dunia Digital Marketing, jadi uruslah dengan baik.


Siapkan Content

Hal selanjutnya ialah siapkan Content yang menarik perhatian dan shareable. Content tersebut bisa berupa Foto, Video, atau tulisan berupa Copywriting, kemudian anda juga harus menentukan tujuan dari pemasaran dan target pasar sesuai dengan konten.


Upload Content

Setelah itu anda dapat mengunggah content anda dan menunggu evaluasi dari setiap unggahan content di media social yang dimiliki. Lihat dan tentukan mana content yang memberikan feedback, focus pada beberapa asset yang memberikan feedback positif bagi bisnis anda.


Strategi Digital Marketing

Setelah anda mengetahui cara memulai Digital Marketing, Langkah selanjutnya ialah menentukan strategi yang yang pas pada bisnis anda. Berikut ada beberapa Strategi dalam Digital Marketing :


Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pertama ialah optimisati SEO, strategi ini upaya mengoptimalkan website agar memperoleh peringkat yang bagus pada mesin pencarian seperti Google. Tujuan dari Optimisati SEO adalah memungkinkan website anda lebih mudah di temukan pengunjung yang sedang mengakses mesin pencari.

Dalam strategi SEO terbagi menjadi 2 optimasi yaitu One Page SEO dan Off Page SEO, berikut adalah penjelasan Singkat :


One Page SEO

One Page SEO adalah cara mengoptimalkan konten pada halaman website kita agar dapat masuk peringkat dalam mesin pencari dan mudah di temukan oleh pengguna. Pada dasarnya Optimasi On Page SEO lebih focus pada membuat konten agar terlihat SEO-Friendly.


Off Page SEO

Berbeda dari One Page SEO, Off Page SEO adalah aktivitas yang di lakukan untuk mengoptimalkan website dari luar, dalam hal ini Off Page SEO bisa di katakana mempromosikan website kita dengan cara link building, backlink dan lain sebagainnya.


Content Marketing

Stategi selanjutnya ialah Content Marketing, strategi ini adalah cara memasarkan product yang memfokuskan pada pembuatan content yang bersifat relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audience. Audience yang di maksud pada kali ini ialah yang telah di tetapkan dengan jelas sebagai target pasar anda.

Tujuan di buatnya Content Marketing, sama seperti halnya pemasaran digital lainnya, yaitu untuk mendorong Tindakan audience sehingga bisa menghasilkan conversi. Sebenarnya ada banyak sekali contoh Content Marketing, intinya segala media social pasti membutuhkan Namanya Conten, yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka mau bertransaksi bahkan loyal kepada product kita.


Social Media Marketing

Strategi selanjutnya ialah Social Media Marketing, merupakan proses marketing yang di lakukan lewat media social, biasanya media social yang di gunakan ialah Facebook, Instagram, atau Tiktok. Menurut survey 3.2 miliar orang di dunia menggunakan media social, sehingga proses marketing yang di lakukan jauh lebih mudah.


Pay-Per-Click (PPC)

Selanjutnya ialah PPC, adalah cara mengarahkan traffic ke website kita dengan bayaran sekali kliknya. Seperti Google AdWords, anda membayar dan website anda akan berada di posisi atas setiap pencarian di Google. Kemudian akan di kenakan biaya apabila ada seseorang yang mengklik. Selain itu ada juga FB Ads dan pesan Sponsor Linkedln.


Berapa Anggaran Digital Marketing

Tahapan terakhir, sebenarnya mahal atau tidak si Digital Marketing tersebut, sebenernya itu semua tergantung tipe apa yang anda gunakan. Contohnya seperti SEO anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memasarkan product secara SEO bahkan bisa tidak sama sekali mengeluarkan biaya.

Setelah anda memahami Digital Marketing, untuk menunjang keberlangsungan bisnis dan kelancaran bisnis anda. Tentu saja harus di dukung dengan perencanaan keuangan yang baik. melakukan perhitungan, pelaporan, dan Analisa adalah cara mendukung untuk melakukan strategi marketing.

 


0
543
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.4KThread3KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.