Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Tidak ada hubungan yang selalu bahagia, selalu ada saja masalah yang harus kamu dan pasanganmu hadapi. Namun tidak banyak orang yang menyadari kalau mereka sedang terjebak dalam toxic relationship. sedikit penjelasan mengenai apa itu toxic dalam hubungan. Secara pengertian, toxic relationship adalah sebutan untuk hubungan tidak sehat yang menyiksa fisik dan mental. 

Sayangnya, hubungan yang tidak sehat ini sulit diidentifikasi. Apalagi kalau hati dan pikiranmu sudah tertutupi dengan rasa cinta yang begitu luar biasa kepada pasanganmu. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja tanda toxic relationship yang bisa kamu amati sendiri.

1. Tidak Merasa Bahagia

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship
Tidak merasa bahagia (sumber: pexels.com)



Apa gunanya menjalin hubungan tetapi kamu tidak merasa bahagia? Ini bisa menjadi salah satu tanda toxic relationship loh. Memang sih tidak ada hubungan yang selalu bahagia dan berjalan mulus, tetapi kamu juga perlu mencari pasangan hidup yang mampu membuatmu bahagia dan mampu menghadapi segala permasalahan yang sedang menerpa. Sekarang tanyakan pada dirimu sendiri. Apakah kamu merasa bahagia bersamanya? Jika jawabannya “tidak”, kemungkinan kamu sedang terjebak dalam hubungan tidak sehat.

2. Cemburu Tidak Wajar

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship
Marah karena cemburu (sumber: pexels.com)


Kamu tengah fokus menyelesaikan pekerjaan, tetapi pasanganmu malah mengira kamu selingkuh. Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti ilustrasi tadi? Itu merupakan salah satu tanda toxic relationship yang patut diwaspadai. Merasa cemburu itu wajar, asalkan diikuti dengan alasan yang jelas. Bukannya malah overthinking dan selalu curiga dengan apa pun yang kamu lakukan. Ini merupakan sebuah pertanda kalau pasanganmu cemburu berlebihan.

Baca Juga :   6 Cara Keluar dari Toxic Relationship Meski Kamu Masih Mencintainya

3. Posesif

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship
Terlalu posesif (sumber: pexels.com)


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ciri toxic relationship yang berikutnya adalah ketika si dia mulai membatasi pertemananmu. Apakah dia pernah melarangmu nongkrong dengan teman-temanmu? Atau mungkin melarangmu bertukar pesan dengan lawan jenis? Kalau posesif seperti ini terus, lama-lama dia yang akan mengambil kontrol penuh atas hidupmu. Padahal setiap manusia memiliki hak untuk memperjuangkan kebebasan.

4. Mengancam Komitmen Hubungan

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Putus (sumber: elitedaily.com)




Tanda toxic relationship yang berikutnya adalah mengancam komitmen hubungan secara keseluruhan. Contohnya ketika kamu ingin memotong rambut, tetapi si dia tidak ingin kamu melakukannya. “Kalau kamu potong rambut, kita putus aja deh”, ucapnya mengancam. Ini merupakan salah satu tanda kamu berada dalam hubungan tidak sehat loh. Mengambil keputusan kecil saja sudah diancam, bagaimana nanti ketika kamu ingin mengambil keputusan besar?



Baca Juga :   5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity


5. Bersikap Kompetitif

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Menghitung gaji (sumber: pexels.com)




Adanya kompetisi dalam hubungan sebenarnya sesuatu yang baik. Misalnya saat kalian berkompetisi siapa yang paling cepat menurunkan berat badan atau berkompetisi siapa yang paling cepat menyelesaikan pekerjaan. Berbeda kasusnya jika si dia mulai super kompetitif. Misalnya saat kamu mendapat gaji yang lebih besar. Lalu dia merasa tersaingi dan ingin kamu segera berhenti kerja. Kalau seperti ini sih termasuk tanda toxic relationship karena tidak ingin melihat pasangannya lebih sukses.



6. Dijadikan Tempat Pelampiasan Emosi

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Melampiaskan emosi (sumber: ecestaticos.com)




Suatu hari pasanganmu mengalami nasib sial di kantor. Dia dimarahi habis-habisan dengan atasannya. Lalu di malam harinya kalian bertemu dan langsung melampiaskan emosinya kepadamu. Dia mulai marah dan menyalahkan kamu sebagai penyebab mood-nya hancur malam itu. Padahal kamu tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang sedang dia hadapi. Sudah jelas kalau ini termasuk salah satu tanda toxic relationship.


Baca Juga :   7 Manfaat Bersyukur yang Sangat Penting untuk Hidupmu

7. Tidak Menjadi Diri Sendiri

7 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Meluangkan waktu untuk merenung sejenak (sumber: pexels.com)




Selama menjalin hubungan dengan si dia, kamu pasti mengalami perubahan tanpa kamu sadari. Hal ini sangat sulit dihindari. Untung jika dia memberikan perubahan positif yang membuat berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Namun, apa jadinya kalau kamu malah merasa kehilangan jati dirimu yang sesungguhnya? Tentu itu bukanlah ciri hubungan sehat dan perlu dihindari.


Nah, itu dia beberapa tanda toxic relationship yang patut kamu waspadai. Jika ternyata hampir semua ciri-ciri di atas cocok denganmu. Mungkin inilah saatnya kamu bertanya kepada dirimu sendiri, apakah kamu harus melanjutkan hubungan dengan si dia atau tidak. Buat kamu yang masih bingung harus mulai dari mana, di artikel lain, kami sempat membahas tentang cara keluar dari toxic relationship yang bisa kamu praktikkan. 






0
734
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.