.r4hma.
TS
.r4hma.
Fenomena Jasa Sewa iPhone Semakin Marak




iPhone bisa dibilang ponsel yang bergengsi, bahkan untuk kamu yang sedang berbisnis lantas butuh pegangan ponsel kelas atas ini agar lebih dipercaya oleh klien.

Banyak dari kita yang berbisnis untuk meyakinkan klien dengan penampilan, dari pakaian yang digunakan, mobil yang dibawa hingga ponsel yang digenggam.



Hal itu dimanfaatkan oleh mereka yang membuka jasa penyewaan tersebut, namun berjalannya waktu ternyata banyak masyarakat luas yang ingin sekedar bergaya dengan iPhone maka jasa penyewaan ini semakin marak.

Tidak bisa dipungkiri harga iPhone cukup mewah untuk kalangan menengah ke bawah, untuk membeli harganya cukup tinggi maka jasa penyewaan adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan, karena iPhone harganya lebih stabil maka ponsel itu bisa menjadikan derajat sosial seseorang naik bila memakainya.



Menurut pakar sosiologi, hal seperti ini dinamai fenomena masyarakat konsumsi simbolik, jadi seperti dibutuhkan pengakuan dari lingkungan. Bukan fungsi dan kegunaan barang yang dipermasalahkan, namun di dalam masyarakat yang mengagungkan simbol mereka itu ingin dihormati, diakui statusnya, atau memperlihatkan identitasnya ke khalayak ramai.

Pada dasarnya yang mempunyai ponsel iPhone adalah orang yang kaya, melihat dari harganya yang tembus hingga puluhan juta. Jadi kalau seseorang bisa gonta ganti iPhone lalu dipamerkan ke media sosial maka secara status namanya juga akan terangkat.



Jadi pada dasarnya bukan kegunaannya yang menjadi value, namun simbol pengukuhan diri yang menjadi value tersendiri. Hal ini memang aneh tapi nyata, bandingkan dengan ponsel android yang harganya serupa dengan iPhone namun tidak menjadi simbol seperti produk dari Apple ini.

Masih kalah gengsi dari iPhone seri lawas bila dipakai ke luar ruangan, tentu hal ini menguntungkan jasa sewa seperti ini karena pada dasarnya orang yang mengalami konsumsi simbolik tidak bisa mengendalikan keinginan dirinya dalam mengkonsumsi barang branded hingga akhirnya over konsumsi, mereka inilah yang sering diperbudak oleh brand.



Dan hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan penyedia jasa, hasilnya tentu saja ada demand ada supply. Maka tak heran kalau status sosial sekarang bisa disewa, terlebih di ranah media sosial mau yang pura-pura kaya bisa, yang pura-pura baik dan miskin juga banyak.

Selamat datang di dunia penuh tipu daya, apakah kamu masuk dalam golongan orang yang perlu dengan adanya simbol untuk menaikkan derajat statusmu?



Semoga info ini bermanfaat, bila berkenan share, cendol dan rate 5 see u next thread.



by r4hma
Sumber 1

andrah.ajabonbon71mashbrow
mashbrow dan 11 lainnya memberi reputasi
12
7.5K
82
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.