ih.sul
TS
ih.sul
The White Death, Sniper Legendaris, Mimpi Buruk Prajurit Soviet


Meski mengerikan namun perang dunia sering kali menghasilkan kisah-kisah heroik yang tercatat dalam buku sejarah sepanjang masa. Beberapa orang diantaranya adalah Witold Pilecki yang menyusup ke kamp Nazi dan memperingatkan dunia akan Holocaust, Letnan Onoda yang terus berperang di pulau terpencil meski perang sudah lama usai dan Simo Hayha, sniper legendaris yang dijuluki White Death.

Simo bukanlah orang yang dilatih secara khusus untuk memegang senjata, bukan juga hasil eksperimen yang menggabungkan mata komputer dengan otak, Simo hanyalah seorang petani biasa di daerah kecil di Finlandia yang mana mengikuti wajib militer disaat perang dunia kedua merebak.



Kisah ini terjadi saat Uni Soviet mulai menyerang Finlandia pada tahun 1939. Simo, bersama banyak orang lainnya, mendaftar sebagai sukarelawan untuk berperang mempertahankan negaranya. Dengan senapan angin berkualitas tinggi buatan Finlandia (SAKO M/28-30) ia dijuluki sniper terhebat yang membunuh paling banyak musuh diantara rekan-rekannya.

Simo adalah… gimana bilangnya ya? Orang yang greget! Saat para sniper lain menggantungkan hasil tembakan mereka pada senapan bidik, dia memilih hanya mengandalkan matanya semata. Alasannya, penggunaan teropong bidik mengharuskannya mengangkat kepala sedikit lebih tinggi dan itu meningkatkan peluang musuh dapat menyadari keberadaannya.



Dengan medan perang penuh salju yang begitu dingin, Simo memasukkan salju di mulutnya agar uap nafasnya tidak keluar dari hidung. Yang gilanya dia melakukan itu dalam suhu negatif 20 derajat celcius dan hanya mengenakan baju dan topeng kamuflase putih sebagai pakaiannya namun dengan itu dia tercatat berhasil membunuh 505 prajurit Uni Soviet.

Disaat prajurit lain bahkan tak bisa membunuh satu, Simo mencatat rekor yang tidak tertandingi dan itu hanya dengan senapan laras panjangnya semata. Simo juga tercatat membunuh sebanyak 200 musuh lain dengan pistol mitraliur Suomi KP/-31 dan membuat catatan pembunuhannya menjadi 705 korban dan semua itu terjadi hanya dalam 100 hari.

Dengan rekor tersebut, Uni Soviet dengan cepat menjadi panik. Mereka mencoba menyingkirkan Simo dengan berbagai cara seperti serangan artileri namun tak ada yang berhasil. Akhirnya, Uni Soviet pun dinyatakan kalah melawan Finlandia meski mereka memiliki jumlah tentara yang jauh lebih banyak.



Dan pada 6 Maret 1940, Simo pun menutup rekor perangnya. Dia terkena tembakan musuh dan tembakan itu menghancurkan separuh rahang dan pipi kirinya dan membuatnya koma selama seminggu penuh. Saat dia siuman perjanjian damai sudah ditandatangani dan untuk selamanya Simo dilarang kembali ke medan tempur akibat luka yang dia derita.

Untungnya Simo berhasil pulih dari luka yang dia derita dan menghabiskan hari-hari bebas perang dengan menjadi seorang pemburu rusa dan peternak anjing. Simo hidup cukup lama sehingga pada 1998 dia sempat ditanyai bagaimana caranya sehingga bisa menjadi sniper yang begitu hebat dan dia hanya menjawab dengan 'latihan.'

Dia juga sempat ditanya mengenai perasaannya membunuh begitu banyak manusia dan dia menjawab "Saya hanya melakukan tugas saya dan saya melakukannya sebaik mungkin. Jika semua orang tidak melakukan hal yang sama maka Finlandia tak akan pernah ada." Simo pun menghembuskan nafas terakhirnya pada 1 April 2002 di umur 96 tahun.



Simo adalah satu contoh dari veteran perang yang terkenal dan diluar sana ada jutaan veteran perang lain yang tidak kita ketahui namanya. Mereka adalah orang yang rela mengotori tanganya sendiri demi kelangsungan bangsanya dan meski Hari Pahlawan sudah lewat ijinkanlah saya menuangkan segelas anggur penghormatan bagi para pejuang. Semoga pengorbanan mereka tidak tersia-sia.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Araminascreamo37kucingnyolong
kucingnyolong dan 33 lainnya memberi reputasi
34
8.8K
86
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.