c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Utopia Paradoks




Ketika manusia membicarakan rasa aman, kehidupan yang nyaman tanpa konflik, kesetaraan antar warga, pemerintahan yang jujur dan adil, kesehatan yang baik, tidak ada kelaparan dan kesengsaraan, serta tidak ada kejahatan maupun tindak kriminal sedikit pun, kehidupan yang sempurna karena tidak adanya kesenjangan dan harmonis inilah yang disebut Utopia!

Tapi adakah kehidupan seperti itu? Hmmm, membicarakan kehidupan manusia dan mengharapkan utopia terjadi harus menarik mundur dulu sejarah nenek moyang kita dari dasar ketika teknologi belum tercipta.

Konten Sensitif


Dahulu manusia hidup tidak menetap mereka hidup hanya untuk makan, maka teknologi pertama yang diciptakan adalah alat untuk berburu. Itupun tidak mudah kalau tidak berburu mereka yang diburu, makan atau dimakan. Mereka juga menemukan api untuk menghangatkan tubuh dan membakar daging sebagai sumber makanan utama mereka mendambakan masyarakat yang utopis.

Disini mereka sadar bahwa kalau terus hidup berpindah tempat akan banyak yang mati karena sakit dan jadi pandemi, atau dimakan hewan liar, bahkan yang mereka inginkan adalah hidup nyaman. Maka zaman kembali berganti terjadilah Revolusi Neolitik, dimana manusia yang hidupnya nomaden kini menetap dengan bahan makanan tidak harus mencari ke hutan, disini pertanian mulai dikenal dan hewan liar pun dapat ditundukkan dengan teknologi masa itu.



Namun ternyata manusia yang hidupnya berkelompok itu saling perang dengan kelompok yang lain, entah itu masalahnya kekuasaan, kekuatan, atau juga egoisme mereka yang didahulukan. Utopia semakin menjauh, bahkan eropa masuk ke dalam zaman kegelapan ketika dewan gereja mengambil alih tatanan kehidupan manusia.

Hingga di tahun 1765 disini kembali terjadi revolusi Industri, mereka mengharapkan utopia menjadi nyata. Namun harapan hanyalah angan manusia kembali terjangkit pandemi dan terlibat konflik perang dunia 1 tahun 1914 dan perang dunia 2 terjadi di tahun 1932 hingga akhirnya usai di tahun 1945. Ketika itu teknologi manusia semakin berkembang, mereka sadar akan kesalahan ternyata perang tidak mendapatkan rasa nyaman.



Maka disinilah awal lahirnya PBB yang resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945, untuk kedamaian dunia. Disini manusia mulai belajar jika dunia tidak bersatu maka seluruh dunia yang jadi korbannya, terlebih pandemi di abad 20 membuat dunia melahirkan WHO di tahun 1948 dan juga pelaku Industri yang dilakukan oleh para kapitalis kalau tidak dikontrol akan merusak tatanan ekonomi dunia maka lahirlah World Ekonomic Forum yang lahir pada tahun 1971.

Di tahun 2020 dunia memberikan harapan baru dimana utopia bisa menjadi nyata, dimana manusia tidak lagi berjuang hidup hanya untuk sesuap makanan, dimana manusia bisa tidur nyenyak tanpa khawatir akan mati tertembak seperti masa lalu, dimana manusia kini punya kebebasan dalam menyampaikan pendapat yang kita yakini. Semua kenyamanan dan keamanan yang kita rasakan saat ini adalah perjuangan dari generasi manusia sebelumnya.



Di era kita saat ini kita lebih fokus pada harapan manusia yang terakhir yaitu utopia, namun kondisi kita saat ini masih jauh dari hal itu masih banyak kesenjangan yang terjadi baik dari segi kesehatan, ekonomi dan pendidikan yang masih sangat timpang. Kebebasan berpendapat masih tidak adil bagi kaum minoritas, masih ada berbagai macam perang di sudut dunia. Sistem kapitalis korup tidak berpihak pada rakyat kecil.

Ternyata hingga saat ini keinginan manusia yang mendambakan utopis dari masa ke masa belum ideal, maka dari itu manusia harus berkembang lagi dengan bantuan teknologi untuk meraih impian itu.



Apa yang akan terjadi dimasa depan? Disini kita akan berandai-andai, karena pada dasarnya utopia adalah sebuah harapan yang harus diperjuangkan.

World Ekonomic Forum, akan mereset ekonomi dunia lewat momentum pandemi melalui the great reset yang diadakan bulan Juni 2020 yang lalu. Ini adalah organisasi non pemerintahan yang menggagas revolusi 4.0 yang lalu, dimana berisi para kapitalis yang menjalankan roda peradaban dunia saat ini.



Mereka berencana mereset banyak sektor di dunia mulai dari ekonomi, geopolitik, lingkungan, teknologi, bisnis, industri, dan juga individual reset. Mereka berusaha untuk memulai babak baru dimana manusia bisa cepat beradaptasi dengan teknologi yang lebih ramah dengan alam.

Karena ancaman dunia yang lebih parah dari pandemi yaitu isu global warming, dan mereka juga ingin mengubah sistem kapitalisme yang lebih bersentris pada kemanusiaan. Bukan hanya menguntungkan para pemegang kekuasaan namun menguntungkan semuanya.



Disini bioteknologi mulai dikedepankan agar kondisi alam yang tidak bersahabat bisa diantisipasi, bahkan mereset sistem ekonomi yang lebih terbuka dengan teknologi blockchain yang mungkin akan mengurangi sistem korup karena keterbukaan dan lebih transparan. Dengan terbukanya sistem pemerintahan yang transparan jelas memberikan harapan baru agar terjadi kesetaraan dan keadilan bagi setiap rakyat yang membutuhkan.

Bahkan peraturan baru di dunia digital di era Revolusi Industri 4.0 membutuhkan sebuah digital ID sehingga siapapun yang bermanuver di dunia maya tidak lagi anonim, sehingga jauh mengurangi tingkat kriminalitas, bahkan digital ID memberikan efek positif ketika bantuan sosial akan tepat sasaran. Bahkan dengan digital ID bisa menjadi identitas dimanapun kamu berada di dunia.



Teknologi terbarukan juga mulai digagas, bersanding dengan teknologi informasi di era 5G yang mulai diperkenalkan untuk memeratakan pendidikan. Situasi pandemi saat ini dimanfaatkan mereka untuk mempercepat hal itu semua. Dimana dampaknya bisa dirasakan tidak sekarang mungkin 50-100 tahun kedepan.

Maka harapan utopia ini bisa diwujudkan ketika seluruh manusia sepakat dengan satu tujuan yang sama, tidak ada lagi perbedaan status sosial, ekonomi, budaya bahkan juga agama.



Bahkan sistem dunia juga mungkin saja akan menggunakan sistem AI yang disepakati bersama, dengan sistem yang lebih humanis untuk era peradaban baru manusia. Karena sistem manusia selama berabad-abad yang lampau tidak pernah bisa mengatasi keadaan dan selalu berakhir dengan kehancuran dan peperangan. Baik itu kekaisaran, sosialis, liberal bahkan demokrasi. Sistem pemerintahan oleh AI akan lebih relevan untuk mencapai keadilan, dan tidak ada keberpihakan untuk keberlangsungan hidup manusia di bumi ini untuk meraih harapan utopia.

Ketika dunia utopia bisa diwujudkan oleh peradaban baru maka manusia akan sangat bergantung dengan AI basis quantum computer yang maha canggih dimana dapat menjalankan seluruh sistem di dunia utopia ini, mulai dari transportasi, kebutuhan sosial, bisnis, hiburan, dan industri dengan sangat adil.





Video masa depan

Manusia dimasa ini status sosialnya setara dan hanya fokus mengejar mimpinya masing-masing, karena AI telah memberikan apa yang manusia inginkan secara instant, dimana tidak ada lagi keinginan untuk berkuasa dan melakukan intimidasi serta kejahatan.

Disini teknologi neurosains berkembang untuk mewujudkan mimpi manusia agar bisa merasakan sensasi yang dia inginkan, bahkan ingin menjadi apa saja pun bisa seperti berada di surga.



Namun ketika manusia sudah tidak adalagi yang bisa dilakukan karena semua keinginan dengan mudah terpenuhi maka segalanya tidak lagi memiliki sebuah value.

Value dihasilkan dari sebuah proses, ketika manusia tidak mengalami fase proses semua serba ada dan instant maka yang ada hanya sebuah kekosongan, karena tidak ada lagi tujuan hidup dan harapan serta mimpi dan keinginan. Mereka bisa saja iri dengan manusia dimasa lalu yang penuh emosi dan juga punya tujuan hidup.



Ironis bukan?

Jadi ketika utopia tercipta akan timbul masalah baru, intinya sawang sinawang membanding-bandingkan kehidupan masa depan mereka dengan masa lalu yang lebih penuh emosi.

Jadi nikmati hidupmu hari ini walau jauh darikata sempurna, bahkan setiap moment yang kamu rasakan saat ini jauh lebih berharga. Bersyukurlah karena ketidaksempurnaan hidup saat ini yang ternyata menyempurnakan hidup, jadi tanpa utopis pun kamu sebenarnya saat ini bisa bahagia.

Konten Sensitif


Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Diubah oleh c4punk1950... 01-12-2021 09:32
fthefurthest620nafta101mamduh1985
mamduh1985 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
14.5K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.