Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

volcom77Avatar border
TS
volcom77
Ikatan antara Olahraga dan Seni
Ikatan antara Olahraga dan Seni

Ikatan antara olahraga dengan seni meningkatkan semangat masyarakat untuk hidup sehat, jangan salah memilah, olaharaga ada sangkut pautnya dengan seni, sebagian orang merasa bosan ketika berolahraga yang hanya memiliki gerakan yang monoton. Kini olahraga sudah dikombinasikan dengan seni, yaitu seni tari dan musik. Contohnya dance, bela diri dan aerobik. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang olahraga pada seni.

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Seni yang memiliki erat dengan olahraga adalah senam, senam ini sebelumnya seni gambar atau lukis, tapi lebih pada memamerkan gerak tubuh, inilah seni musik yang berhubungan dengan adalah olahraga senam. Seni dan olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk berbagai tujuan dan tujuan yang dapat dibentuk menjadi indah yang sangat luar biasa. Semakin lama kegiatan seperti ini akan menjadi kebiasaan bagi semua orang.

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Ada beberapa kesamaan antara melakukan olahraga dan seni yaitu pertunjukan yang membuat orang kagum atas apa yang kita lakukan dan mengekpresikan di luar dugaan atau kejutan untuk orang, sehingga mereka akan penasaran dan ingin terus melihatnya atau menonton.


Selanjutnya saya membahas jenis olahraga apa saja yang terkait dengan Seni.


1). Olahraga Senam

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Senam adalah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual (Agus Mahendra (2001:2)

Ada beberapa jenis senam, di antaranya:


A). Senam Akrobatik.

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Senam Akrobatik adalah suatu jenis senam yang menggunakan kelentukan tubuh, keseimbangan dan gerak cepat dalam gerakan senam. Senam ini sangat berbahaya bagi seseorang yang belum memiliki keterampilan, karena kegiatan senam ini seperti Salto, kemungkinan besar harus dilakukan oleh pelatih/ instruktur senam Akrobatik.

B). Senam Artistik

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Senam Artistik adalah senam yang cepat dalam gerakannya. Pada hakikatnya senam ini akan melakukan gerakan yang indah dan orang akan terkejut saat melihatnya, dengan cara gerakan yang lambat dan dikendalikan dengan baik.

C). Senam Ritmik

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Senam ini merupakan senam yang mengikuti alunan musik, sehingga akan meciptakan gerakan tubuh yang indah. Senam Ritmik juga biasanya menggunakan berbagai peralatan yang dianggap indah pada variasi gerakan senam, contohnya seperti pita.

D). Senam Aerobik

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Senam aerobik merupakan senam yang memiliki gerakan yang telah ditentukan dengan musik, senam ini tidak hanya untuk orang tua saja, melainkan semua kalangan dari anak - anak sampai orang tua. Tujuan senam aerobik ini untuk meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam tubuh kita, sangat berguna untuk kesehatan kita.

2). Olahraga Seni Bela Diri
Seni bela diri adalah suatu kesenian untuk membela diri. Seni bela diri ini sudah lama digunakan, asal seni ini berkembang saat pertempuran di medan perang, seni bela diri ini berkembang dari orang awam.
Nah, diantara jenis bela diri yang dipakai adalah sebagai berikut :


A). Karate

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Karate terdiri dari atas dua kata yaitu :


Kara yang berarti "kosong"
te yang berarti 'tangan'.
Jika digabungkan kedua kata yang artinya "tangan kosong".

B). Pencat Silat

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Pencat silat adalah seni bela diri dan berkelahi dengan menggunakan teknik mempertahankan diri dari lawan. Pencat silat berasal dari Budaya Melayu yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura, sekarang silat tidak hanya dikenal di Indonesia saja, tetapi sudah meluas ke berbagai negara lain yaitu Thailand, Filipina dan Vietnam. Salah satu penyebarannya adalah adanya peranan pelatih indonesia.

C). Tarung Derajat

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Seni olahraga bela diri Tarung Derajat berawal dari Guru Haji Achmad, beliau berasal dari Tanah Air. Seni Tarung Derajat sama halnya dengan seni bela lainnya.

D). Capoeir

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Seni bela diri Capoeir adalah olahraga bela diri yang berasal dari Budak Afrika di Brazil pada zaman 1500-an. Gerakan dalam seni Capoeir adalah sama seperti tarian dan titik beratnya pada tendangan kaki dengan diiringi oleh musik.

3). Olahraga Seni Sepakbola

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Freestyle soccer ( seni sepakbola) adalah hubungan antaran sepakbola dengan keindahan. Keindahan dalam sepakbola adalah gerakan yang sudah divariasi dengan skill dan style, contohnya seperti salto dan akrobat.

Ikatan antara Olahraga dan Seni

Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah olahraga juga memiliki kesenian.
olahraga dengan seni sangat erat dengan seni, akan meningkatkan semangat masyarakat untuk hidup sehat, jangan salah memilah, olaharga ada sangkut pautnya dengan seni, sebagian orang merasa bosan ketika berolahraga yang hanya memikiki gerakan yang monoton. Kini olahraga sudah dikombinasikan dengan seni tari dan musik. Contohnya dance, bela diri dan aerobik. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang olahraga pada seni.


Semoga bermanfaat para stemians. .
volcom86
volcom86 memberi reputasi
1
953
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Olahraga
Berita OlahragaKASKUS Official
15.1KThread4.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.