Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

volcom77Avatar border
TS
volcom77
BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang,Daftar Wilayahnya
ᴊᴜᴍᴀᴛ, 𝟸𝟻 ᴊᴜɴɪ 𝟸𝟶𝟸𝟷 – 𝟷𝟶:𝟸𝟹 ᴡɪʙ BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang,Daftar Wilayahnya
𝗷𝗽𝗻.𝗰𝗼𝗺, 𝗝𝗔𝗞𝗔𝗥𝗧𝗔 - 𝗕𝗮𝗱𝗮𝗻 𝗠𝗲𝘁𝗲𝗼𝗿𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶, 𝗞𝗹𝗶𝗺𝗮𝘁𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶, 𝗱𝗮𝗻 𝗚𝗲𝗼𝗳𝗶𝘀𝗶𝗸𝗮 (𝗕𝗠𝗞𝗚) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa daerah.

"Seperti sebagian Sumatera dan hampir di seluruh wilayah Jawa serta sebagian Sulawesi pada hari ini," tulis laman resmi BMKG.go.id, Jumat(25/6).

Selain itu, BMKG menyebutkan beberapa wilayah berpotensi mengalami 𝘩𝘶𝘫𝘢𝘯 𝘭𝘦𝘣𝘢𝘵 𝘥𝘪𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢𝘪 𝘢𝘯𝘨𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘯𝘤𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘪𝘭𝘢𝘵/𝘱𝘦𝘵𝘪𝘳, 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, 𝘚𝘶𝘮𝘢𝘵𝘦𝘳𝘢 𝘚𝘦𝘭𝘢𝘵𝘢𝘯, 𝘒𝘦𝘱𝘶𝘭𝘢𝘶𝘢𝘯 𝘉𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢 𝘉𝘦𝘭𝘪𝘵𝘶𝘯𝘨, 𝘥𝘢𝘯 𝘓𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘨.

𝘒𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘉𝘢𝘯𝘵𝘦𝘯, 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘉𝘢𝘳𝘢𝘵, 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘢𝘩, 𝘠𝘰𝘨𝘺𝘢𝘬𝘢𝘳𝘵𝘢, 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘛𝘪𝘮𝘶𝘳, 𝘉𝘢𝘭𝘪, 𝘕𝘶𝘴𝘢 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘨𝘢𝘳𝘢 𝘉𝘢𝘳𝘢𝘵, 𝘒𝘢𝘭𝘪𝘮𝘢𝘯𝘵𝘢𝘯 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘢𝘩, 𝘒𝘢𝘭𝘪𝘮𝘢𝘯𝘵𝘢𝘯 𝘛𝘪𝘮𝘶𝘳, 𝘚𝘶𝘭𝘢𝘸𝘦𝘴𝘪 𝘜𝘵𝘢𝘳𝘢, 𝘚𝘶𝘭𝘢𝘸𝘦𝘴𝘪 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘢𝘩, 𝘚𝘶𝘭𝘢𝘸𝘦𝘴𝘪 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘨𝘢𝘳𝘢, 𝘔𝘢𝘭𝘶𝘬𝘶, 𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢 𝘗𝘢𝘱𝘶𝘢," 𝘬𝘢𝘵𝘢 𝘉𝘔𝘒𝘎.

Sementara wilayah yang berpotensi yang mengalami hujan dengan intensitas lebih rendah terdapat di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Menurut BMKG, potensi pertumbuhan awan hujan meningkat di daerah sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan konvergensi.

Situasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu dan Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Konvergensi itu memanjang dari perairan selatan Jawa Barat sampai Samudera Hindia barat Lampung dan dari Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau dari Papua selatan sampai Laut Arafuru dan di Papua tengah," tulis BMKG.

BMKG juga memperingatkan adanya beberapa daerah yang masuk kategori 𝘸𝘢𝘴𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘣𝘢𝘯𝘫𝘪𝘳 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘬𝘪𝘣𝘢𝘵 𝘩𝘶𝘫𝘢𝘯 𝘭𝘦𝘣𝘢𝘵, 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘉𝘦𝘯𝘨𝘬𝘶𝘭𝘶, 𝘚𝘶𝘮𝘢𝘵𝘦𝘳𝘢 𝘚𝘦𝘭𝘢𝘵𝘢𝘯, 𝘉𝘢𝘯𝘵𝘦𝘯, 𝘋𝘒𝘐 𝘑𝘢𝘬𝘢𝘳𝘵𝘢, 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘉𝘢𝘳𝘢𝘵, 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘛𝘦𝘯𝘨𝘢𝘩, 𝘥𝘢𝘯 𝘑𝘢𝘸𝘢 𝘛𝘪𝘮𝘶𝘳.

"Untuk wilayah tengah dan timur Indonesia potensi itu terdapat di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua yang semuanya masuk kategori waspada," tulis BMKG. (𝙅𝙋𝙉𝙉)
BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Lebat hingga Banjir Bandang,Daftar Wilayahnya
nomorelies
volcom86
jack1822
jack1822 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.