monaaaswAvatar border
TS
monaaasw
Mengenal DME Sebagai Pengganti Elpiji, Ibu-Ibu Wajib Tau!


bogordaily.net

Haloo gann...

Siapa sih yang gak tau Elpiji? Pasti tau dong yahh...

Jauh sebelum ditemukaanya listrik, gas dan sumber energi lainnya, masyarakat menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu untuk memasak. Seiring berkembangnya zaman, kini kegiatan memasak menjadi lebih praktis semenjak adanya bahan bakar gas. Walaupun sebagian masyarakat kita menggunakan gas, hingga kini masih ada juga loh yang menggunakan tunggku untuk memasak. Bahkan ada yang mengatakan bahwa memasak dengan tungku dan kayu rasanya lebih enak ketimbang masak dengan menggunakan kompor gas.

Di Indonesia liquified  petroleum gas(Elpiji) sendiri dapat dengan mudah dibeli di warung-warung kelontong, dengan jenis gas Elpiji 3 kg dan 12 kg. Tapi tau gak sih gan? Walaupun gas elpiji dapat dengan mudah dibeli dan ditemukan, ternyata sebanyak 75% hingga 78% dari konsumsi elpiji dalam negeri masih dipenuhi dari impor. Salah satu alasan ini lah pemerintah berencana mengganti gas elpiji menjadi Dimethyl Ether (DME).

Spoiler for Apa Itu DME ?:


Spoiler for Keunggulan DME ?:


Pemanfaatan hilirisasi batubara untuk menghasilkan DME merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertambangan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi suplai Elpiji impor dan diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi nasional.




Rencananya, proses transisi dari Elpiji ke DMe baru akan dimulai pada tahun 2035 mendatang, dengan distribusi DME akan ditempatkan di dalam tabung. Sementara untuk harga jual, diprediksi akan lebih murah dari harga LPG, meskipun belum ada kepastian dari pemerintah terkait harga jual dari DME.




Sumber : 
Artikel 1
Artikel 2


Quote:




jlamp
fias17
fias17 dan jlamp memberi reputasi
2
4.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.