• Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Pentingnya Fungsi Konsultan Bisnis di Iindustri Kreatif

mitany.orgAvatar border
TS
mitany.org
Pentingnya Fungsi Konsultan Bisnis di Iindustri Kreatif
Sebelumnya, Anda sudah mengenal lebih dulu bukan mengenai jenis konsultan dan tugasnya? Nah, kali ini akan dibahas mengenai alasan perusahaan menyewa konsultan. Mengapa demikian? Sebab masih banyak yang bertanya-tanya mengapa sebuah perusahaan masih saja menyewa seorang konsultan, padahal sudah ada karyawan yang memiliki jobdesk sama seperti konsultan yang disewa tersebut? Bukankah hal itu pemborosan? Keuangan malah tak bisa efisiensi.

Begitulah kiranya deretan pertanyaan yang mungkin saja tersirat di benak para karyawan yang kurang memahami pentingnya kehadiran seorang konsulan bisnis bagi perusahaan. Jika dilihat dari segi finance, benar memang jika menyewakonsultan bisnis akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit, akan tetapi yang sering tak diperhitungkan ialah dampak ke depan bagi perusahaan yang juga sama besarnya atau malah melebihi anggaran dari menyewa konsultan bisnis itu sendiri.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa alasan perusahaan menyewa konsultan. Secara umum, fungsi konsultan bagi perushaan yakni :
1. Untuk membantu masing-masing divisi perusahaan dalam melakukan observasi mengenai kondisi perusahaan
2.
3. Membantu manajemen dalam menganalisa masalah dan merangkum strategi terkait perubahan yang kemungkinan akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang ditemukan setelah dilakukannya observasi
4.
5. Mengaktualisasikan dan memfasilitasi perubahan yang ada agar mudah diimplementasikan di lapangan.
6.
7. Menjauhkan bisnis perusahaan dari berbagai persoalan kebangkrutan

Selain 3 fungsi yang telah disebutkan di atas, ada lagi alasan lainnya mengapa perusahaan menyewa seorang konsultan bila ditinjau dari beberapa point, yaitu :

• Skill : Staff konsultan cenderung memiliki skill dan pengetahuan yang mendalam dibandingkan seorang karyawan yang sama posisinya sebab sang karyawan diharuskan mengerjakan beberapa tugas lainnya yang kemungkinan dikejar deadline. Sedangkan seorang konsultan, biasanya bekerja secara independent, tanpa dicampuradukkan dengan pekerjaan lain diluar otoritasnya.

• Time : Seorang konsultan memiliki lebih banyak waktu dari seorang karyawan biasa di perusahaan, sama seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa konsultan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan jangka waktu lebih cepat dari karyawan Anda sendiri. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan pengalamannya yang cukup banyak dalam satu kondisi masalah yang sama, mungkin saja.

• Experience : Pengalaman konsultan yang sempat disinggung sebelumnya membuat sang konsultan mampu membantu staf Anda dalam perencanaan, pengembangan, dan penerapan sistem. Semua pengalaman berharga sang konsultan akan meningkatkan peluang dalam menyukseskan proyek di perusahaan Anda.

Diubah oleh mitany.org 17-07-2019 02:23
0
305
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.8KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.