Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yachtsourcingAvatar border
TS
yachtsourcing
Cara Menambal Perahu Karet Mudah bagi Pemula
Cara Menambal Perahu Karet Mudah bagi Pemula
Pasti menjengkelkan jika rencanamu untuk berarung jeram bersama teman-teman harus dibatalkan karena perahu karet yang bocor. Jangan khawatir! Kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti cara menambal perahu karet bagi pemula. Simak ulasannya dibawah ini!

Memilih Bahan yang Tepat

1. Bahan Dasar Perahu Karet
Bahan untuk menambal perahu karet tidak sama seperti penambal kolam renang plastik ataupun pelampung karakter. Pasalnya, jenis karet/plastik yang digunakan juga berbeda sesuai tujuan penggunaan produk tersebut. 

Perahu karet pada umumnya terbuat dari 2 macam karet, yaitu PVC dan Hypalon. Keduanya memiliki ketahanan yang kuat untuk aktivitas berat seperti arung jeram. 

Sementara itu, bahan dasar kolam renang plastik terbuat dari vinil yang cocok untuk aktivitas ringan bagi anak-anak.

2. Lem
Pilihlah lem khusus untuk perahu karet PVC dan Hypalon. Kamu bisa menggunakan lem merk CEMENT SC 2000 asal Jerman. Lem ini dijual sekitar Rp 600.000 - Rp 900.000 dan sudah termasuk Hardener. Kamu bisa membelinya di toko perlengkapan marine, toko wahana air, ataupun e-commerce.

Lem lain yang bisa dicoba yaitu merk PC-11 Marine USA. Lem ini memiliki tingkat kerekatan yang kuat seperti lem CEMENT SC 2000 dan cocok untuk menambal perahu karet.

Jangan gunakan lem castol, lem tembak, atau lem jenis lain yang tidak dianjurkan untuk menambal perahu karet. Ini karena lem tersebut kurang kuat dan tidak bisa menahan tambalan dengan baik.

3. Bahan Tambalan
Untuk menambal perahu karet, kamu perlu menyediakan tambalan karet dari bahan PVC/Hypalon. Bahan tambalan harus sama dengan bahan perahu karet yang akan ditambal supaya ketahanan perahu tetap baik. Bahan tambalan bisa kamu dapatkan di e-commerce.

Hindari penggunaan karet ban dalam mobil/motor atau jenis karet yang berbeda dengan perahu. Karet jenis ini mempunyai ketahanan dan sifat yang berbeda dengan karet PVC/Hypalon.

Alat dan Bahan

Sabun colek atau deterjen


Lem khusus PVC/Hypalon


Tambalan karet berbahan PVC


Pompa


Gunting


Amplas (optional)


Palu (optional)



Cara Menambal Perahu Karet

Pompa perahu karet hingga terisi angin sepenuhnya. Campurkan sabun colek atau deterjen dengan sedikit air, lalu balurkan ke bagian perahu yang bocor/sobek. Bagian yang bocor akan mengeluarkan gelembung udara karena dorongan angin dari dalam perahu. Tandai bagian yang bocor dengan selotip untuk mempermudah penambalan.


Bersihkan bagian perahu yang terkena sabun tadi sampai benar-benar bersih dan kering. Ini bertujuan supaya lem dan tambalan bisa merekat dengan sempurna. Pastikan tidak ada sabun, pasir, atau residu lain yang tertinggal. 


Rapikan lokasi yang akan ditambal menggunakan gunting.


Amplas bagian yang akan ditambal bila perlu. Jika di bagian tersebut ada sisa-sisa karet yang berserabut, kamu perlu mengamplasnya untuk hasil tambal yang maksimal. 


Siapkan tambalan karet PVC/Hypalon. Ukuran tambalan sebaiknya sedikit lebih besar dari bagian yang bocor/sobek. Sesuaikan bentuk dan ukurannya menggunakan gunting.


Buat adonan lem khusus PVC/Hypalon. Campurkan lem dan hardenersesuai takaran yang dianjurkan. Takaran bisa berbeda-beda tergantung merk lem dan jenis perahu karet. Gunakan sarung tangan dan masker ketika mencampur lem untuk menghindari keracunan akibat produk keras.


Oleskan lem secara merata ke bagian perahu yang bocor/sobek menggunakan kuas/kayu/triplek/alat lainnya. Kamu bisa mengoleskannya sedikit lebih lebar dari bagian yang bocor/sobek untuk memastikan kerapatannya. Setelah itu diamkan selama 1 jam.


Setelah lem pada bagian yang bocor/sobek mengering, oleskan sisa adonan lem ke tambalan karet secara merata. Tutup bagian yang bocor/sobek dengan tambalan tersebut. Pukul-pukul tambalan menggunakan palu bila perlu supaya hasilnya benar-benar rekat.


Penambalan perahu karet sudah selesai.



Sudahkah Kamu Memahami Cara Menambal Perahu Karet?
Itu dia cara menambal perahu karet yang bisa kamu coba di rumah. Mudah bukan? Jika kamu ingin mencoba kegiatan arung jeram atau ingin berkayak di pantai menggunakan perahu karet, kamu bisa mencari agen Jual Kapal Karetyang terpercaya.
Iluminarc
Iluminarc memberi reputasi
1
1.7K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.