si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sidestick F-16A Netz Israel yang Digunakan Mengebom Reaktor Nuklir Irak Akan Dilelang
Lelang rumah atau kendaraan mungkin sudah lazim kita dengar, lalu bagaimana jadinya jika yang dilelang adalah sidestickpesawat tempur yang punya sejarah penting ? TS sendiri sejujurnya juga baru pertama kali membaca berita tentang lelang barang yang berkaitan dengan pesawat tempur. Mengutip artikel Ynet News pada hari Rabu (24/11/2021) sidestick yang akan dilelang ini berasal dari pesawat F-16A Netz milik Angkatan Udara Israel dengan nomor registrasi #78-0322.

Pesawat ini adalah satu dari enam pesawat F-16 Netz Angkatan Udara Israel (IAF) yang melakukan pnegeboman reaktor nuklir Osirak di Irak dalam Operasi Opera pada 7 Juni 1981. Sidestick ini bisa disebut juga sebagai "tongkat kendali" pada varian F-16, pada tongkat ini berisi beberapa tombol. Salah satu tombol tersebut bisa digunakan untuk meluncurkan bom atau rudal.


Quote:



Dari nformasi yang beredar, barang bersejarah itu akan dilelang sekitar lima bulan setelah peringatan ke-40 tahun Operasi Opera. Pesawat yang dikenal sebagai “Netz 129” pemilik sidestick ini dilaporkan berasal dari Skadron 117 yang kala itu diterbangkan oleh Kolonel Hagai Katz.

Ynet Newsmelaporkan bahwa, pemilik sidestick ini adalah anggota senior skuad yang tidak ingin disebutkan namanya. Dia menyebut jika “tongkat kendali” F-16A itu didapatkannya melalui anggota regu di Skadron 117. Namun, ia tidak ingin menjelaskan lebih lanjut karena ini adalah masalah yang sensitif.

Tidak jelas bagaimana tongkat kendali bisa menjadi milik anggota regu skadron tersebut. Pilot IAF yang pensiun biasanya menerima "cinderamata" seperti helm, tetapi bukan sidekick jet tempur yang kaya sejarah itu. Saat ini masih tidak diketahui bagaimana cara mendapatkan sidestick pesawat tempur tersebut ?

Dan fakta mengejutkan yang dlaporkan oleh Ynet News adalah bahwa tombol pegangan tersebut masih berfungsi. Di bagian bawah pegangan, terukir angka 6.6.81, merupakan tanggal yang menandakan satu hari sebelum serangan ke Irak. Sementara di sebelahnya ada ukiran tambahan, 12.81, yang diyakini sebagai tanggal kontrol sidekick tersebut dinonaktifkan.

Pesawat F-16A Netz Israel sendiri sudah dijual pada awal tahun ini, bersama tiga lainnya ke sebuah perusahaan di Amerika Utara yang menyediakan layanan pelatihan untuk Angkatan Udara AS. Sebagai tambahan informasi sekitar enam bulan lalu, seseorang di Eropa telah menjual bagian dari pesawat yang jatuh pada tahun 1950-an dengan simbol skadron Israel seharga sekitar US$ 60.000.


Quote:



Barang-barang semacam ini sangat banyak diminati di dunia, terutama di kalangan kolektor di Amerika Serikat dan penggemar penerbangan, karena barang ini memiliki nilai yang besar karena makna historisnya. Sementara itu Eyal Ilya dari "Pentagon Auctions", yang bertanggung jawab atas penjualan bersama dengan "Garage Sale Collection", siap untuk menjual dengan tawaran awal US$ 50.000, meskipun dia mengatakan "itu jelas bernilai lebih banyak."

"Kami sudah mendapat tawaran sebesar US$ 100.000, tapi kami menolaknya. Tombol merah yang bisa Anda lihat di tongkat itu adalah salah satu dari sedikit tombol yang menyelamatkan Israel."Ujar Eyal Ilya.

Mengutip artikel theaviatingeekclub.com F-16 Sidestick Control Grip adalah main pilot/aircraft interface untuk sistem penerbangan, avionik, dan persenjataan. Sidestick ini memiliki banyak fungsi mulai dari kontrol penerbangan, penggantian autopilot, kemudi nosewheel, pengisian bahan bakar di udara, manajemen tampilan, pelepasan senjata dari udara ke darat, dan pemicu dua tahap untuk pelepasan senjata udara ke udara.


Quote:







Referensi Tulisan: ynetnews.com& theaviatingeekclub.com
Foto: theaviatongeekclub.com dan ynetnews.com
Diubah oleh si.matamalaikat 29-11-2021 04:16
a.w.a.w.a.w
emineminna
Aramina
Aramina dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.