Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Sebelum Mencoba, Kenali Manfaat dan Effek Samping Suntik Vitamin C

ariesz15Avatar border
TS
ariesz15
Sebelum Mencoba, Kenali Manfaat dan Effek Samping Suntik Vitamin C
Sebelum Mencoba, Kenali Manfaat dan Effek Samping Suntik Vitamin C

Hallo sobat DB, setiap orang sudah mengetahui betapa pentingnya Vitamin Cuntuk tubuh kita. Ya, Vitamin C merupakan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh kita agar kondisi Kesehatan tetap terjaga. Selain itu Vitamin C juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, meredakan flu, menurunkan hipertensi, dan masih banyak lagi. Dalam dunia kecantikan Vitamin C juga di manfaatkan kecantikan dan kulit loh, karena Vitamin C bisa membuat kulit lebih putih dan cerah.

Cara memasukkan Vitamin C bisa melalui konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, suplamen, dan suntik. Mayoritas kaum wanita untuk perawatannya menggunakan metode suntik Vitamin C, sebelum itu kamu harus mengetahui manfaat dan efek samping yang di hasilkan, serta dosis yang di ijinkan untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini :

Apa yang di masksud suntik Vitamin C ?

Vitamin C merupakan nutrisi yang di butuhkan tubuh untuk memperkuat system kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel, membentuk kolagen, dan masih banyak lagi. Sebenarnya vitamin C sangat mudah kita dapatkan melalui makanan yang kaya akan kandungan vitamin C atau Suplemen tambahan.

Terkadang ada juga seseorang yang melakukan suntik vitamin Ketika ia mengalami defesiensi vitamin C, seperti pola makan yang kurang sehat, diet ekstrim, atau ganguan fungsi pencernaan tubuh. Dosis harian rata-rata orang dewasa di berikan sekitar 50-150 mg, sementara untuk penderita defesiensi Vitamin C, kemungkinan dokter akan memberikan dosis yang lebih tinggi yaitu sekitar 100 – 300 Mg.

Manfaat Suntik Vitamin C

Berikut manfaat Vitamin C yang harus kamu ketahui :

1.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi atau menyuntikan Vitamin C ke dalam tubuh memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga imun dalam tubuh, agar tetap kuat, serta menangkal efek radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penyakit.

Akan tetapi, untuk mendapatkan itu semua sebetulnya dengna pola makan sehat atau konsumsi suplemen vitamin C, sehinga tidak memerlukan suntik terlebih lagi bagi orang yang sehat. Namun sebaliknya suntik vitamin C disarankan untuk seseorang yang bermasalah dengan Kesehatan tetentu.

2. Merawat Kulit

Salah satukandungan yang terkandung dalam vitamin C ialah antioksidan yang berfungsi menjaga Kesehatan kulit, melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet, mencegah penuanan dini, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran kaya vitamin C, serta penggunaan product kecantikan atau skincare yang mengandung vitamin tersebut, seperti krim atau serum.

3. Membantu Pembentukan Kolagen

Manfaat selanjutnya ialah membantu pembentukan kolagen dan memperbaiki jaringan tubuh. Kolagen merupakan protein yang menunjang kekuatan dan struktur jaringan tubuh, seperti kulit, otot, tulang, dan lain sebagainya.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan struktur kolagen sehingga dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti memar, nyeri sendi, dan juga dapat membuat kulit kita tampak lebih kusam, kering, serta lebih cepat menua.

4. Menghambat sel kanker

Ada sebuah riset menyebutkan, penggunaan Vitamin C dengan dosis tinggi dapat menghalangi perkembangan sel kanker, dan mendukung efektivitas pengobatan kanker. Namun manfaat seperti ini harus di teliti lebih lanjut, karena hingga saat ini Vitamin C belum sepenuhnya terbukti mengobati kanker.

5. Membantu defesiansi Vitamin C

Manfaat selanjutnya ialah mengatasi defesiensi atau kekurangan vitamin C di dalam tubuh, hal tersebut di karena kan tubuh kamu tidak dapat menyerap vitamin C melalui makanan yang mengandungnya. Oleh sebab itu harus di suntikkan vitamin C agar tubuh kamu tetap menyerap vitamin tersebut, jika tidak gejala-gejala yang akan timbul seperti gusi berdarah, radang gusi, atau kecacatan pada perkembangan tulang bisa terjadi.

Efeck samping suntik Vitamin C

Ada banyak yang beranggapan suntik vitamin C sangat aman dan bisa di lakukan secara terus menerus. Padahal faktanya, akan menyebabkan beberapa efek samping terlebih lagi jika di lakukan secara berlebihan atau tidak tepat sesuai anjuran dokter. Berikut beberapa efek yang akan timbul :

1. Diabetes

Resiko yang pertama ialah mengalami penyakit diabetes, hal tersebut di karenakan vitamin C yang di terima oleh tubuh mampu menyebabkan gula darah meningkat. Terlebih lagi jika konsumsinya secara berlebihan, tidak terkontrol dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka hal tersebut akan menimbulkan penyakit Diabetes.

2. Menopause dini

Memang betul vitamin C dapat membuat kulit kamu menjadi cerah, akan tetapi hal tersebut dapat berdampak buruk kedepannya. Biasanya wanita akan mengalami masa menopause di usia 50 tahun keatas, namun jika kamu mengkonsumsi vitamin tersebut dalam jangka waktu yang lama dapat mempercepat masa menopause kamu, mungkin bisa di kisar usia 40 tahun.

3. Membebani Ginjal

Dampak buruk selanjutnya ialah membebani ginjal, kamu harus mengetahui keputusan yang akan kamu ambil. Suntikan vitamin C secara berlebihan dapat menggangu kinerja ginjalmu tidak optimal. Terlebih lagi kamu melakukannya dalam jangka waktu yang cukup lama, otomatis organ ginjalmu tidak akan mampu menahannya dan membuat fungsi dari organ tersebut akan menurun hingga meningkatkan resiko penyakit ginjal.

 

cheria021
cheria021 memberi reputasi
1
2.6K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.