Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pemerintah Taliban Larang Perempuan Bermain Film atau Tampil di Acara Televisi

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Pemerintah Taliban Larang Perempuan Bermain Film atau Tampil di Acara Televisi
Foto ilustrasi perempuan Afganistan | republicworld.com


Sebuah laporan mengungkapkan jika pemerintah Taliban dikabarkan telah melarang para perempuan berakting di serial televisi (TV) khusus Afganistan, dalam artian perempuan tidak boleh tampil di TV baik itu acara serial, sinetron ataupun layar lebar.

Pemerintah Taliban sudah mengumumkan beberapa peraturan baru yang salah satunya adalah pelarangan perempuan tampil di acara televisi. Khusus untuk jurnalis dan penyiar perempuan wajib harus menggunakan jilbab saat tampil di layar televisi.

Sejak Taliban berhasil mengambil alih kekuasaan di Afghanistan, sudah banyak yang khawatir jika pemerintah Taliban akan membuat aturan dan pembatasan-pembatasan masyarakatnya agar tidak ada yang berani melakukan kudeta atau pembangkangan.

Foto ilustrasi perempuan Afganistan | tribuneindia.com


Pemerintah Taliban leluasa membuat aturan di Afganistan tanpa ada yang berani memprotesnya apalagi coba-coba demo, sepertinya pemerintah Taliban ingin membatasi hak-hak wanita atau menghapus emansipasi perempuan agar derajatnya tidak setara dengan pria untuk sementara waktu.

Selain menerapkan ajaran syariah Islam menurut pandangan Taliban, sepertinya Taliban akan kembali lagi kepada peraturan sebelumnya yang sudah pernah di terapkan Taliban pada tahun sekitar 1990-an sebelum Afganistan merdeka.

Tidak tau pasti apakah aturan tersebut memang pernah diterapkan atau tidak, jika perempuan dilarang belajar atau mengajar dan tidak boleh bekerja di luar rumah apalagi jadi tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri.

Foto ilustrasi perempuan Afganistan | theconversation.com


Alasan pemerintah Taliban melarang perempuan tampil di televisi karena dianggap bertentangan dengan prinsip syariah dan nilai-nilai ajaran agama Islam di Afghanistan, dan untuk laki-laki juga dilarang melakukan adegan yang memperlihatkan bagian tubuh tertentu.

Dan aturan lainnya, setiap program komedi atau hiburan tidak boleh ada unsur menyinggung agama karena itu dianggap juga menyinggung warga Afghanistan. Aturan lainnya tidak diperbolehkan ada acara tayangan televisi yang bersifat mempromosikan budaya apapun di Afganistan.

Sebelumnya, Taliban telah memerintahkan para perempuan baik itu anak-anak, remaja atau dewasa tidak boleh bersekolah keluar negeri. Meskipun demikian, pemerintah Taliban mengatakan jika aturan pembatasan terhadap perempuan dan anak-anak perempuan hanya bersifat sementara, tujuannya adalah hanya untuk memastikan semua tempat kerja dan lingkungan di Afganistan berjalan dengan aman dan baik.





Penulis: Sambelterasi052
Referensi: bbc.com - Afghanistan: Taliban unveil new rules banning women in TV dramas
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 24-11-2021 12:32
t20worldcup
t20worldcup memberi reputasi
1
2.6K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.