• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Terbongkar, Inilah Rahasia Lamaran Kerjamu Langsung Diterima (HRD BERBICARA)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Terbongkar, Inilah Rahasia Lamaran Kerjamu Langsung Diterima (HRD BERBICARA)


[ HT# 855 ]

Setiap orang membutuhkan pekerjaan, untuk itu mereka selalu mencari lowongan dari berbagai sumber dan media. Jenis dan posisi lowongan kerjapun beragam, termasuk lowongan yang antimainstream pun ada, seperti penggali kubur.

Tapi kita sebagai orang yang berharap mendapat pekerjaan sesuai dengan bidang pendidikan yang kita tekuni selama ini terkadang belum tentu bekerja ditempat yang sesuai dengan ilmu yang kita dalami dan kuasai selama ini. Apa boleh buat, yang penting dapur harus ngebul.

Ya, agar menjadi pemenang dari tantangan dan persaingan mendapat pekerjaan yang sesuai impian itu kadang kita harus berkorban atau merintis dari Nol. Tapi sayangnya jarang orang mau memulainya, padahal darisitu bisa kita ambil pelajaran termasuk mengasah mental agar lebih tegar menghadapi tantangan pekerjaan. Ini mulia.

Tapi disini saya akan beritahu cara mudah langsung dapat kerja tanpa embel-embel koneksi atau modal ijasah saja, apalagi harus sampai melacur! Astaghfirullah hal adzim.


PERTAMA

Carilah lowongan yang benar-benar spesifik persayaratannya. Ya, diantara puluhan lowongan yang ada dan kamu baca cobalah cari lowongan yang menjelaskan secara spesifik dan kebutuhan perusahaan.

Seperti skill khusus mereka sebutkan dengan detail di iklan lowongan mereka. Memang iklan ini jarang ada karena memang ini spesifik dan peminatnya tidak sebanyak pada umumnya. Untuk itu jika kamu masih ada skill yang kurang dari syarat tersebut cobalah untuk berlatih atau meningkatkan pengalaman dengan ikut pelatihan atau ambil private jangka pendek. Dan ketika lowongan itu ada kamu akan lebih siap dari pesaingmu.


KEDUA

Karena lowongan ini terbilang langka, amat jarang muncul dimedia maka kesempatan kamu diterima kerja lebih besar, tentu saja skillmu harus sesuai dan mumpuni.

Pekerjaan yang benar-benar langka seperti ahli nuklir, guru besar, paham seluk beluk ekspor impor, pertambangan, laboratorium, atau ahli botani yang mengenal lingkungan dan sifat tanah setiap daerah dan lain sebagainya. Lowongan ini memang langka, sepi peminat tapi besar harapan kamu diterima diposisi tersebut.



KETIGA

Kalau ini juga dibutuhkam skill tapi juga nyali lebih diutamakan. Jika kamu berkesempatan melihat lowongan ini dan sudah siap mental dan bertaruh nyawa maka lowongan ini bisa kamu coba.

Contohnya adalah pekerjaan yang menuntut keberanian bekerja diatas ketinggian yang tidak biasa. Membersihkan menara atau gedung setinggi ratusan meter dari permukaan tanah. Gajinya pun tidak main-main, saya pernah baca ada gaji pekerja ini di Malaysia sebulannya sampai Rp 65juta!


KEEMPAT

Ini mungkin bisa dibilang usaha kerjasama. Ya, misalkan ada pemodal besar yang sedang mencari pekerja yang ahli dibidangnya dan bisa dipercaya untuk membangun bisnis dan membesarkannya maka kamu bisa langsung diterima.

Syarat utama ya, portfoliomu harus bagus dan memiliki trackking yang panjang. Karena butuh modal besar, riset yang panjang dan proses yang cukup lama. Maka pemodal tidak ingin salah orang dan merugi dikemudian hari.


KELIMA

Kalau ini sih sudah umum kita ketahui. Skillmu memang jauh diatas rata-rata pesaingmu. Tapi bukan itu maksud saya. Skill boleh saja kamu kuasai dengan baik dan khatam tapi ada satu tantangan lagi yang harus kamu ketahui.

Apa itu, adalah sifat ramah dan tidak sombong. Kamu jangan terlalu kelewat pede ketika wawancara berlangsung. Skillmu boleh tinggi tapi belum tentu seberapa menguasainya kamu ditempat mereka. Kesan pertama yang tidak menarik HRD karena kamu terlalu 'over' tentu akan tersingkir dan digantikan oleh kandidat kedua.


KEENAM

Untuk posisi sebelumnya mungkin katakanlah kamu sudah berada di jabatan yang nyaman dan aman. Tapi kamu butuh tantangan dan kebetulan ada lowongan didalam perusahaanmu sendiri, apakah kamu mau melakukannya?

Hal ini bisa saja dilakukan jika jiwamu memang memanggilnya. Misalkan kamu biasa kerja dibelakang meja maka diposisi baru ini kamu harus terjun kelapangan dengan jam kerja tidak menentu dan jauh dari kata nyaman. Tapi jika kamu merasa 'No Problemo' maka jabatan baru bisa saja langsung kamu dapatkan.


KETUJUH

Ini mungkin terlihat mudah dan bahkan mungkin tanpa perlu perjuangan untuk menempati posisi ini. Ketika kamu mengajukan atau bahkan ditawari/promosikan untuk mengisi sebuah jabatan maka kamu langsung diterima.

Tapi tunggu dulu, coba fikir lebih jernih dan panjang mengapa pekerjaan dan jabatan ini mudah sekali kamu peroleh bisa jadi memang itu suatu keberuntungan atau suatu 'ujian'. Kamu duduk di kursi panas yang nantinya kamu justeru menanggung beban besar atas pekerjaanmu itu.

Sebelum kamu terima pekerjaan ini sebaiknya kamu pelajari dulu dengan serius mengapa demikian bisa terjadi, cari informasi sebanyak-banyaknya dan putuskan kembali apakah harus diambil atau tidak.





Sebuah opini, teman hrd
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 25-11-2021 22:32
screamo37
blezzernet
gta007
gta007 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
8.7K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.