• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kok Bisa Ada Ya? 5 Tradisi Aneh dan Mengerikan Suku-Suku Yang Ada Di Indonesia!

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Kok Bisa Ada Ya? 5 Tradisi Aneh dan Mengerikan Suku-Suku Yang Ada Di Indonesia!
Tradisi adalah kebiasaan yang dilakukan sejak lama dan menjadi satu bagian dari kehidupan suatu kelompok ataupun kebudayaan, pada umumnya hal ini terjadi di suatu negara, kebudayaan atau daerah seperti layaknya warisan, tradisi ini pun diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya dan eksis hingga saat ini. Keberagaman tradisi di Indonesia membuahkan hasil yang mengejutkan, salah satunya dengan melahirkan tradisi yang terbilang cukup unik, tidak biasa dan aneh, dari upacara kematian sampai dengan tradisi perang yang dimiliki oleh Indonesia, berikut adalah 5 tradisi paling aneh di Indonesia.

1. Ma’nene - Toraja
Quote:
sumber
Tana Toraja memang cukup terkenal dengan berbagai macam ritual aneh dan uniknya untuk menghormati para orang terkasihnya, salah satunya yaitu ma’nene yang merupakan salah satu tradisi paling aneh di Indonesia yang berlangsung pada bulan agustus di tiap tahunnya, tradisi ini menggunakan jasa keluarga atau orang yang terkasih yang telah meninggal dunia dengan menggali kuburannya kembali, didoakan, dimandikan dan dibersihkan kemudian dipakaikan baju untuk diarak keliling kampung kemudian dikembalikan lagi ke dalam peti nya. Konon di ritual ini jasad-jasad ini bisa berdiri dengan tegak dan berjalan dengan sendirinya.


2. Tau Tau – Toraja
Quote:
sumber
Masih di Tana Toraja, tradisi aneh lainnya dari Tana Toraja adalah ritual pemakaman. Jasad-jasad dimasukkan ke dalam peti mati yang ditempatkan dalam lubang kecil di gua-gua atau apabila jasad berukuran kecil mereka akan ditempatkan di pepohonan kemudian setelahnya akan dibuat patung yang berbentuk manusia untuk sang jasad yang disebut dengan tau-tau lalu kemudian tau-tau ini akan ditempatkan di dekat lokasi pemakaman sang jasad.


3. Ngayau – Kalimantan
Quote:
sumber
Ngayau atau kayau adalah salah satu tradisi unik dan mengerikan yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan, kayau sendiri adalah dari bahasa Dayak yang artinya musuh dan ngayau berarti memburu kepala sang musuh, tapi bukan berarti hal ini dilakukan sembarangan aja ya karena biasanya hal ini dilakukan ketika suku Dayak mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh dan hanya beberapa orang saja yang bisa melakukan kayau, mereka percaya kalau kepala musuh yang mereka penggal maka mereka akan terhindar dari gangguan roh-roh jahat musuh mereka.



4. Persembahan kepala manusia - Maluku
Quote:
sumber
Tradisi lain yang unik dan mengerikan yaitu dari suku Naulu di Maluku yaitu tradisi untuk mempersembahkan kepala manusia, karena dipercaya bisa menjaga rumah adat milik mereka. Tradisi ini awalnya bertujuan untuk mempersembahkan kepala manusia sebagai mas kimpoi ketika sang pria ingin meminang seorang wanita untuk dijadikan seorang istri, tradisi ini terakhir dilakukan pada tahun 2005 setelah penemuan dua sosok mayat manusia dalam keadaan tanpa kepala.


5. Ikipalin - Papua
Quote:
sumber
Tradisi ini dilakukan oleh Suku Dani dari Wamena Papua demi mengungkapkan rasa sedih yang begitu mendalam akibat kepergian orang yang dicintai, hal yang mereka lakukan bukanlah menangis melainkan memotong jari jari tangan mereka. Organisasi kriminal Yakuza di Jepang juga punya tradisi yang sama di mana anggotanya diharuskan untuk memotong jari tangannya sendiri karena gagal menjalankan tugasnya, tapi kalau Suku Dani pemotongan jari dilakukan sebagai tanda berkabung yang begitu mendalam ketika ada sanak saudaranya yang meninggal. Suku Dani yakini kalau kesialan di dalam sebuah keluarga karena meninggalnya salah satu anggota keluarga mereka bisa dihilangkan dengan cara memotong jari, tapi sekarang tradisi ini sudah sangat jarang dipraktekkan oleh Suku Dani.

Nah itulah tadi 5 tradisi aneh dan menegerikan yang ada di indonesia, bagaimana menurut kalian? Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..
Fey1985
agusrezapratam4
screamo37
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
12.8K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.