perojolan14Avatar border
TS
perojolan14
Data BI soal UMKM: Sedikit yang Selamat, Lebih Banyak Tumbang




Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengungkap sebuah data yang memperlihatkan bagaimana pandemi Covid-19 memberikan dampak lebih terhadap keberlangsungan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Berdasarkan data bank sentral, sebanyak 87,5% pelaku UMKM yang tersebar di berbagai wilayah terkena dampak pandemi. Namun, bukan berarti tidak ada UMKM yang tidak selamat dari pukulan pandemi.

"UMKM merasakan dampak terutama dari sisi penjualannya mengalami penurunan karena memang penjualannya mengalami penurunan, permintaan tidak ada," kata Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Bandoe Widiarto dalam Pelatihan Wartawan di Surabaya, Jawa Timur.

Data BI menunjukkan, di tengah pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor perekonomian, masih ada 13% UMKM yang mampu bertahan.

Bandoe mengatakan, ada beberapa rahasia yang membuat mereka bertahan dan menggenjot bisnisnya di masa pandemi. Pertama, adalah memanfaatkan fitur penjualan online.

Sementara yang kedua, adalah melakukan modifikasi produk. Bandoe mengatakan, kedua strategi yang diterapkan UMKM yang bertahan selama pandemi terbukti moncer.

"Ternyata bahwa UMKM ini memang yang mau kreatif, inovasi ini bisa bertahan pada saat pandemi. Ini yang bisa kami lihat pada saat pandemi seperti ini," jelasnya.

Bandoe mengatakan kreatifitas UMKM membuat mereka tak hanya bertahan di masa pandemi. Beberapa di antara mereka bahkan berhasil mengepakkan sayap ke pasar luar negeri.

Bando mengatakan, ada banyak manfaat yang bisa diraih pelaku UMKM jika terus memanfaatkan berbagai fitur online. Apalagi, jika mereka bisa memanfaatkan teknologi digital.

"Dengan ekspor secara digital ini juga berdampak pada jangkauan penjualan yang semakin luas, kemudian biaya operasional bisa ditekan dan ada optimalisasi proses transaksi," jelasnya.

link


Data BI menunjukkan, di tengah pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor perekonomian, masih ada 13% UMKM yang mampu bertahan.
scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.