Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Prabowo Diskusi dengan Wakil Israel di Tengah Isu Normalisasi
Prabowo Diskusi dengan Wakil Israel di Tengah Isu Normalisasi
CNN Indonesia
Minggu, 21 Nov 2021 10:00 WIB
Prabowo Diskusi dengan Wakil Israel di Tengah Isu Normalisasi
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, terlihat berdiskusi dengan Kuasa Usaha Israel untuk Bahrain, Itay Tagner, di forum internasional pada Sabtu (20/11). Menhan RI Prabowo Subianto terlihat berdiskusi dengan wakil Israel Itay Tagner di Manama, Bahrain. (AFP/MAZEN MAHDI)

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, terlihat berdiskusi dengan Kuasa Usaha Israel untuk Bahrain, Itay Tagner, di forum internasional pada Sabtu (20/11).

Interaksi secara terbuka itu dianggap jarang terjadi lantaran RI dan Israel tak memiliki hubungan diplomatik. Terlebih, obrolan tersebut dilakukan di tengah isu normalisasi negara-negara Timur Tengah dengan Israel.

Menurut foto yang dirilis AFP, pertemuan Prabowo dan Tagor terjadi di sela-sela konferensi tahunan Manama Dialogue ke-17 di ibu kota Bahrain, Manama.

Namun dikutip Times of Israel, dalam pertemuan itu tak disebutkan rincian lebih lanjut terkait pembicaraan antar keduanya.

Israel dan Indonesia diketahui tak memiliki hubungan diplomatik formal.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan, awal 2021 pemerintahan Trump menempatkan Indonesia dan Mauritania sebagai negara-negara muslim selanjutnya yang didorong untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. Namun, mereka kehabisan waktu.

Ketika itu, Indonesia mencoba meredam spekulasi dengan menyatakan dukungan kepada Palestina. Jakarta menyatakan tak akan menormalisasi hubungan dengan Israel sampai Palestina merdeka.

Sementara itu, Bahrain secara resmi mengakui Israel pada September 2020 di bawah kesepakatan Abraham, yang dimediasi AS. Maroko dan Sudah kemudian menyusul menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

Satu tahun setelahnya yakni pada September 2021, Israel membuka kantor kedutaan di Bahrain.

Menurut situs berita Walla yang dikutip Times of Israel, dalam acara itu, Dewan Keamanan Nasional Israel, Eyal Hutan, bertemu dengan delegasi dari Bahrain, Menteri Luar Negeri dari negara-negara Teluk dan Pangeran Bahrain, Putra Mahkota Salman bin Hamad Khalifa.

Konferensi keamanan Manama digelar selama tiga hari guna membahas tantangan keamanan yang mendesak di Timur Tengah. Dalam pertemuan itu, sekitar 300 pejabat senior pemerintah dari 40 negara turut berpartisipasi.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar, via Whatsapp guna meminta konfirmasi hal tersebut. Namun, yang bersangkutan tak kunjung merespons hingga berita ini dipublikasi.

CNNIndonesia.com juga menghubungi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah.

"Silahkan ditanyakan ke Jubir Kemhan," katanya saat dimintai konfirmasi soal pertemuan tersebut, Minggu (21/11).

Baca artikel CNN Indonesia "Prabowo Diskusi dengan Wakil Israel di Tengah Isu Normalisasi" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/interna...su-normalisasi.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/


scorpiolama
oscar.kadrun
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.