• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sulit Dipercaya! 5 Mega Proyek Luar Angkasa Bernilai Triliunan Dolar Akan Digarap

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Sulit Dipercaya! 5 Mega Proyek Luar Angkasa Bernilai Triliunan Dolar Akan Digarap
Beberapa hal yang selama ini kita anggap hanyalah fiksi atau khayalan belaka, seiring berjalannya waktu kisah-kisah fiksi ilmiah tersebut semakin hari akan terus mendekati kehidupan kita dan lalu berubah menjadi fakta ilmiah. Contohnya seperti beberapa mega proyek spektakuler bernilai triliunan dolar ini yang digadang-gadang sebagai proyek luar angkasa tergila dalam sepanjang peradaban manusia, bayangkan untuk luar angkasa kita tidak perlu repot-repot menggunakan roket ataupun pesawat luar angkasa cukup menggunakan lift, dulu semua hal itu memang kedengarannya gak masuk akal, kelewatan dan ngayal tapi berkat teknologi yang semakin canggih, dari hari ke hari hal-hal itu semakin mendekati kenyataan, berikut daftar 5 ulasan mega proyek spektakuler luar angkasa.

1. Lift Luar Angkasa
Quote:
Lift untuk bisa mencapai luar angkasa akan terwujud dalam waktu dekat ini, hal ini memungkinkan setelah perusahaan teknologi asal Kanada mematenkan temuannya. Perusahaan teknologi asal Kanada yaitu Thoth Technology mengklaim bahwa manusia akan memiliki lift menuju luar angkasa, di dalam patennya perusahaan itu menggambarkan lift setinggi 12 mil atau 20 kilometer menjelang dari bumi menuju ke angkasa bagian luar, lift ini memungkinkan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan biaya yang lebih murah setidaknya hemat sampai 30% dari total biaya yang dibutuhkan Nasa ujar CEO dan presiden direktur thoth technology Caroline Robert. Perangkat ini didukung dengan sel yang memiliki tekanan pneumatic dan diisi oleh udara dan materi gas tertentu, di dalamnya juga mengkoordinasikan serangkaian roda terbang yang bertindak sebagai kompresor, perangkat ini bisa menyesuaikan tekanan di dalam setiap sel untuk menghasilkan kelenturan pada pondasi liftnya, astronot bisa naik terlebih dahulu ke atas langit berkat bantuan lift listrik setinggi 20 KM ini dan kemudian dari puncak menara lift sudah terdapat pesawat luar angkasa yang siap meluncurkan astronot ke luar angkasa menuju orbit. Selain untuk peluncuran satelit dan pendaratan pesawat luar angkasa Dek pada puncak menara bisa dipergunakan untuk penelitian ilmiah, komunikasi, wisata, penginderaan jarak jauh dan tempat pemasangan generator tenaga angin. Caroline Robert President dan CEO teknologi mengatakan pendaratan pada ketinggian permukaan laut memang hebat tapi pendaratan pada ketinggian 20 KM di atas permukaan laut akan menjadikan penerbangan angkasa layaknya penerbangan jet penumpang pada umumnya.


2. Pertambangan di Luar Angkasa
Quote:
Biaya untuk membangun dan mengoperasikan tambang di bulan atau asteroid ternyata lebih murah daripada mendirikan terminal gas alam terbesar di bumi. Hal itu diungkap dalam penelitian yang disampaikan kepada forum yang beranggotakan eksekutif perusahaan dan ilmuwan-ilmuwan nasa, menurut penelitian tersebut sebuah misi ke Ceres planet kerdil seluas Texas berjarak 257 mil dari matahari, mungkin hanya butuh biaya sekitar 27 miliar US dollar, biaya tersebut untuk 10 peluncuran roket untuk mengirimkan peralatan ekstraksi logam dan air, dan pembangunan fasilitas di orbit untuk memproses bahan baku. Hitung-hitungan itu berasal dari mahasiswa bisnis pascasarjana australia di University of New South Wales yang juga bekerja sama dengan badan antariksa Amerika Serikat atau Nasa dalam bidang ekonomi pertambangan ruang angkasa, sebagai perbandingan pembangunan pabrik gas alam cair terbesar di Australia yang diusahakan oleh Chevron ford diperkirakan membutuhkan biaya sekitar 54 miliar us dolar, tapi untuk mendapatkan investor yang memilih visi besar bahwa manusia memiliki masa depan di ruang angkasa jelas bukanlah hal yang mudah, banyak investor di luar sana tapi mereka perlu tahu resiko dan bagaimana imbal hasilnya kata wakil direktur teknik dan direktoral ilmu pengetahuan laboratory Nasa di Pasadena California. Deep Space berencana untuk menambang asteroid dan melakukan pengolahan dan manufaktur di ruang angkasa, ada ekonomi nyata di luar sana yang akan dibangun dengan menggunakan bahan dari sana juga. Bukti bahwa teknologi untuk pertambangan ruang angkasa sudah layak digunakan sekarang ini tengah dibangun oleh Nasa melalui Project asteroid redirect mission, langkah terpenting adalah membangun bisnis yang kredibel yang dapat meyakinkan investor industri pertambangan yang skeptis.


3. Pembangkit Listrik di Luar Angkasa
Quote:
Gara-gara kelakuan ilmuwan Jepang yang sukses mentransfer energi secara nirkabel lewat gelombang mikro, negeri Doraemon ini pun berencana memanen energi listriknya lewat panel surya langsung dari luar angkasa. Seperti diberitakan media Jerman pada jumat 13 maret 2015 di dalam sebuah eksperimen ilmuwan badan Antariksa Jepang atau biasa dikenal dengan Jaxa berhasil mengirimkan 1,8 KW energi lewat udara dengan tingkat keakuratan sejauh 55 m, kendati daya jangkaunya masih terhitung rendah terobosan tersebut suatu saat nanti bisa melahirkan teknologi yang memungkinkan manusia memanen energi dalam jumlah yang besar di luar angkasa untuk digunakan di bumi. kata Jaxa ini adalah pertama kali seseorang berhasil mengirimkan energi listrik berdaya tinggi nyaris 2 KW melalui gelombang mikro ke arah target yang kecil dengan menggunakan piranti kontrol yang special, Jaxa selama bertahun-tahun mengembangkan teknologi panel surya nirkabel, panel surya di luar angkasa memiliki banyak keunggulan ketimbang saudaranya di bumi antara lain ketersediaan sinar matahari yang nyaris tak terbatas dan tidak dipengaruhi oleh faktor cuaca. Stasiun luar angkasa dan lusinan satelit memanfaatkan energi matahari tapi masalah terbesarnya adalah bagaimana mentransfer energi itu kembali ke bumi.


4. Kolonisasi Planet Mars
Quote:
Space X tengah mengembangkan roket dan kapsul besar sebagai alat transportasi manusia dan kargo menuju planet Mars untuk melakukan kolonisasi di planet merah tersebut, roket yang dipersiapkan untuk perjalanan ke Mars tersebut mampu membawa 100 orang dan kargo dalam sekali jalan. Kolonisasi di Planet Mars ujarnya akan menarik perhatian para volunteer untuk ikut pergi ke Mars, membangun peradaban yang berkelanjutan di Planet Mars jelas tidak mungkin dilakukan jika biaya tiket ke planet Mars harganya mencapai 10 miliar dolar pada orang ujar Elon Mas, space x ingin menjual tiket menuju mars seharga rumah biasa di Amerika harganya berkisar 200 ribu dolar Amerika Serikat. Proyek kolonisasi ke Mars ini menghabiskan banyak dana, menuju mars membutuhkan waktu 6 sampai 9 bulan karena letak mars dari bumi sekitar 140 juta mil dan proyek ini merupakan proyek yang sangat ambisius.


5. Asgardia Negara Luar Angkasa Pertama
Quote:
Buat kalian penggemar film stark trek pasti tidak asing lagi dengan ‘Your Town’, sebuah stasiun raksasa luar angkasa yang dihuni dengan beberapa ras alien. Dan baru-baru ini sebuah konsep dengan nama asgardia direncanakan untuk segera dibangun, pemimpin proyek asgardia mengatakan bahwa nantinya asgardia akan menjadi negara sendiri yang berbasis di luar angkasa, direncanakan pula satelit pertama asgardia akan diluncurkan pada tahun 2017 dan di masa depan akan mampu menampung sampai dengan 150 juta manusia untuk tinggal dan bekerja di luar angkasa. Menurut ahli Ilmuwan asal Rusia yang memimpin tim proyek asgardia yang juga selaku pendirinya, orang-orang di bumi sekarang sudah bisa mengajukan diri untuk dipilih sebagai salah satu dari 100 ribu warga pertama melalui situs web resmi asgardia yang beralamat di asgardia dot space, pada saat konferensi pers di Paris pada 12 Oktober 2016 kemarin, jumlah orang yang mengajukan diri sebagai warga negara asgardia sudah mencapai lebih dari 84 ribu orang, sementara itu asgardia sendiri saat ini belum resmi menjadi sebuah negara namun rencananya asgardia akan menjadi sebuah negara pertama yang tidak berada di permukaan bumi melainkan di luar angkasa atau tepatnya di orbit rendah bumi, tim proyek asgardia mengatakan mereka membutuhkan setidaknya puluhan ribu warga negara sebelum mereka secara resmi diakui sebagai negara oleh perserikatan bangsa-bangsa. Menurut situs web resmi asgardia tidak ada biaya yang diminta setiap orang di bumi yang ingin mengganti kewarganegaraan yang menjadi warga negara asgardia, asgardia yang mengklaim sebagai Prototype masyarakat yang bebas dan tidak terikat yang menjunjung tinggi pengetahuan kecerdasan ilmu pengetahuan, juga mengakui nilai luhur dari setiap manusia. Juru bicara proyek asgardia Timothy menolak mengungkapkan berapa jumlah peneliti dan pakar yang terlibat dalam proyek ini, tapi dia memastikan misi ini bukan main-main ataupun omong kosong belaka, sebagai sebuah entitas negara asgardia juga sedang mencari ide dan masukan untuk bendera lambang negara sampai lagu kebangsaan. Jikalau asgardia benar-benar terealisasi maka akan menjadi sebuah loncatan besar untuk umat manusia, selain ada yang tinggal di bumi manusia di masa depan nantinya juga akan ada yang tinggal di luar angkasa. Bagaimana apa kalian minat buat jadi warga negara Asgardia?

Nah itulah 5 Mega proyek Luar angkasa yang bernilai triliunan dollar, bagaimana menurut pendapat gansis sekalian, tulis dikolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa..

Referensi dan sumber gambar : Dari SINI
Diubah oleh Si.jonii 18-11-2021 04:42
J4cqu3s
emineminna
Zainul.arifi314
Zainul.arifi314 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
6.9K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.