Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Mahfud di Hadapan Anies: Jika Ingin Tahu Indonesia, Lihatlah Jakarta


Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah mencanangkan Jakarta sebagai kota bebas pungli.

Mahfud mengatakan, Jakarta adalah cerminan Indonesia. Jika Jakarta baik, maka Indonesia akan dipandang baik. Begitu juga sebaliknya.

"Jakarta itu adalah jendela negara, siapa yang ingin tahu Indonesia lihatlah Jakarta. Jakarta bagus, Indonesia kesannya bagus. Jakarta jelek, kesan tentang Indonesia akan jelek. Oleh sebab itu, ini bagian yang kita lakukan bersama gubernur," kata Mahfud usai pencanangan dan penandatanganan komitmen Jakarta Kota Bebas dari Pungli Tahun 2021, di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/11).

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pencanangan itu merupakan komitmen pihaknya untuk memastikan 6 wilayah administrasi di Jakarta bebas dari pungli.

"Wilayah provinsi terdiri dari lima kota administrasi dan satu kabupaten administrasi komitmen untuk menjadikan wilayah bebas korupsi atau bebas pungli," kata Anies.

Anies menjelaskan ada tiga faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pungli, yakni kebutuhan, penyalahgunaan sistem dan keserakahan.

Ia mengatakan pada faktor kebutuhan, seluruh jajaran di DKI Jakarta telah diberikan tunjangan yang mencukupi untuk hidup layak di Jakarta. Sehingga secara alasan, faktor kebutuhan tidak bisa dijadikan alasan untuk pungli.

Kedua, pada sistem. Ia menyebut, saat ini di Jakarta hampir semua telah dilakukan digitalisasi atas seluruh proses perizinan, dan pelayanan hampir semua dilakukan secara digital. Pihaknya, kata dia, juga memiliki JAKI (Aplikasi Jakarta Kini).

Terakhir, keserakahan ini tidak ada obatnya. Itu bisa dihentikan dengan rasa takut, Insya Allah akan memberikan efek jera. Jadi, kita berharap bahwa tiga faktor di mana terjadi pungutan-pungutan liar mudah-mudahan bisa kita kendalikan," katanya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...hatlah-jakarta

Jakarta bebas pungli?.. emoticon-Malu (S)

pak anies pernah parkir d pasar2 jakarta??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 17-11-2021 05:49
i.am.legend.
bontakkun
m0de83g0
m0de83g0 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.8K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.