ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Bagaimana Jika Pejabat Diganti Dengan Robot?


Coba angkat tangan, siapa disini yang merasa kecewa dengan kinerja sebagian atau keseluruhan pejabat yang memiliki kuasa di pemerintahan? Okay, turunkan tangannya. Jika melihat kebelakang rasanya seringkali kita mendengar berita mengenai pejabat yang korup, pejabat yang tidak becus atau pejabat yang tidak amanah. Tentunya sebagai rakyat kecil yang dirugikan akan hal tersebut kita merasa marah dan dongkol.

Dan disaat itulah sebuah ide masuk ke dalam kepala. Sekarang kan dunia sudah serba canggih, segala hal yang dulunya dikerjakan oleh manusia perlahan-lahan mulai digantikan oleh mesin dan kecerdasan buatan. Nah, bagaimana jika orang-orang yang memegang kuasa alias para pejabat juga digantikan oleh mesin dengan kecerdasan buatan?



Pada tahun 1997, AI Deep Blue berhasil mengalahkan Garry Kasparov yang merupakan seorang GM dalam permainan catur. Awalnya semua orang menganggap Deep Blue sebagai Ai terbaik namun pada 2018 Google ikut berkompetisi dalam bidang AI dan meluncurkan AlphaZero. Edan, AlphaZero bahkan sama sekali tak tahu cara bermain catur namun esok harinya saat dia bertanding melawan Stockfish (AI terbaik kala itu) AlphaZero menang telak dengan hanya 9 jam waktu untuk belajar gerakan catur.

Edan, tak hanya catur, AlphaZero juga membabat Elmo yang merupakan software shogi paling canggih di hari yang sama. Bayangkan, AI yang sebelumnya tak tahu apa-apa berhasil menjadi juara dalam 2 permainan papan terumit kurang dari 24 jam. Ya ampun, masih adakah yang punya semangat bermain catur setelah mendengar itu?



Perbedaan antara AlphaZero dengan kecerdasan buatan lain bukanlah kemampuan komputasinya melainkan kemampuannya untuk belajar dan memperhitungkan. Bisa dibilang AlphaZero merupakan kecerdasan buatan yang paling mendekati cara pikir manusia namun dengan kecepatan dan kerumitan yang jauh lebih tinggi. sekarang coba bayangkan jika software semacam ini ditanamkan pada robot dan disuruh untuk belajar tata pemerintahan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti negara kita akan dipimpin oleh seorang robot.

Tidak seperti manusia, robot tidak punya perasaan pribadi yang akan mengganggu pengambilan keputusan dan robot juga tak bisa disuap. Robot juga tak butuh istirahat (okay, sesekali pemeliharaan dibutuhkan) dan tentunya bila diprogram dengan baik robot akan bekerja tanpa mengenal malas sehingga seluruh pekerjaannya bisa diselesaikan dengan cepat.



Pastinya akan ada orang yang menyangkal ide ini dengan bilang, "gimana kalau robotnya di hack?" jawabannya sederhana, memangnya selama ini manusia tidak di hack? Memangnya korupsi, kolusi dan nepotisme itu berbeda dengan hacker yang mengubah program agar menguntungkan dirinya? Tak ada bedanya.

Coba bayangkan jika hakim digantikan dengan robot, tentunya kita tak akan mendengar kesimpulan yang tak masuk akal seperti "sudah menderita diejek netizen". Coba bayangkan jika polisi digantikan oleh robit, tentunya kita tak akan melihat oknum oknum yang melakukan razia gelap demi kantongnya sendiri. Oh ya, robot itu adil dan tak berperasaan, All Hail Robot!



Mungkin beberapa diantara anda menganggap hal ini tidak masuk akal namun hal ini sudah terjadi. Mayoritas warga negara di Eropa dan Tiongkok ternyata lebih memilih agar anggota DPR digantikan oleh robot. Tentunya yang dinamakan robot tidak perlu digaji dan tidak perlu mendapat tunjangan ini itu. Bahkan, rasanya tak ada satupun kelebihan manusia yang bisa bersaing dengan robot. Oh Tuhan.

Saya jadi ingat saat Elon Musk berkata AI jauh lebih mengerikan dibanding bom nuklir. Dan dia benar, perlahan lahan manusia semakin kehilangan tempatnya di dunia ini atau barangkali suatu saat nanti kita akan menyatu dengan mesin-mesin, melebur dalam lautan data dan menjadi sesuatu yang jauh lebih besar. Atau....???

sumur
Diubah oleh ih.sul 15-11-2021 07:46
makola
muhamad.hanif.2
aditya0892aldy
aditya0892aldy dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.7K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.