Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wikwik.yes.uyeAvatar border
TS
wikwik.yes.uye
Beredar Isu 2 Ormas di DKI Bakal Bentrok, Polisi: Jangan Terpancing!
Beredar Isu 2 Ormas di DKI Bakal Bentrok, Polisi: Jangan Terpancing!
Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 21:29 WIB


Jakarta - Sebuah pesan berantai melalui WhatsApp menyebutkan bakal ada bentrokan antarormas Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP). Polisi mengimbau warga tidak terprovokasi.
Adapun informasi yang disebar melalui status WhatsApp tersebut sebagai berikut:

"Sekedar info...nanti mlm bakal ada pecah antara 2 kubu ormas FBR & PP wilayah ciledug joglo meruya srengseng...mohon untuk sodara atau anak kite yg berpergian mlm hari untuk tidak lewat wilayah tersebut...Dapet Dari Grup".

Menanggapi hal ini, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo meminta masyarakat tidak terpancing. Di sisi lain, Polres Jakbar juga telah berkoordinasi dengan pimpinan FBR dan Pemuda Pancasila untuk mengantisipasi hal ini.

"Sebagai antisipasi, saya sudah koordinasikan dan hubungi pimpinan FBR dan PP Jakbar untuk tetap menjaga kamtibmas," kata Kombes Ady dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Baca juga:
Polisi Cari Aktor Pengeroyokan FBR dan Pembakaran Posko Pemuda Pancasila
Ady mengatakan FBR dan Pemuda Pancasila sepakat menjaga keamanan wilayah.

"Ya (jangan terpancing). Dan mereka sepakat untuk meneruskan ke jajarannya untuk saling menjaga," tuturnya.

Upaya antisipasi lainnya, Ady menyebutkan pihaknya akan melakukan patroli kewilayahan. Hal ini dilakukan untuk memastikan situasi wilayah Jakarta Barat tetap kondusif.

"Kita juga lakukan giat pemantauan wilayah," imbauan.

Tak Ada Bentrokan Ormas

Sebelumnya, Ady membantah jika dikatakan dua insiden yang dialami FBR dan Pemuda Pancasila ini adalah bentrokan ormas. Ady mengatakan dua peristiwa tersebut murni tindakan individu dan tidak terkait dengan ormas FBR dan Pemuda Pancasila.

"Tidak ada bentrok. Tapi statement saya, itu bukan organisasi. Bahwa itu kejadian pidana seperti biasa, tapi bukan konteks FBR Vs PP karena tidak ada atribut yang mereka gunakan," kata Ady.

"Karena kita tanya kepada kedua belah pihak tidak ada kontak ormas. Jadi person per person, bukan organisasi, tapi individu," lanjutnya.

Baca juga:
Posko Pemuda Pancasila di Ciledug Diserang Usai Insiden di Jakbar
Pun kemudian terjadi perusakan terhadap posko yang menjadi simbol ormas, menurut Ady, hal itu hanyalah dampak keributan antar-individu.

"Bisa jadi itu dampak, tapi case sebenarnya kita nggak melihat itu antarormas, tapi antarindividu. Kalau terkait itu (ada perusakan posko ormas), itu adalah dampak tambahan yang kebetulan," katanya.

Soal penyebab terjadinya pengeroyokan anggota ormas ini, Ady mengatakan pihaknya masih mendalaminya. Namun, ia kembali menekankan bahwa kejadian tersebut bukan bentrokan antar-ormas.

Baca artikel detiknews, "Beredar Isu 2 Ormas di DKI Bakal Bentrok, Polisi: Jangan Terpancing!" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5814...an-terpancing.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


scorpiolama
tepsuzot
areszzjay
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.