• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • SISI LAIN : Pollsmoor Maximum Security Prison, Kisah Seram dibalik Jeruji!

monkbertyAvatar border
TS
monkberty
SISI LAIN : Pollsmoor Maximum Security Prison, Kisah Seram dibalik Jeruji!

Penjara Pollsmoor, atau yang dikenal luas sebagai Pollsmoor Maximum Security Prison, yang bediri sejak 1964, berada di Cape Town, pinggiran Tokai di Afrika Selatan. Sampai artikel ini ditulis, penjara ini memiliki kapatitas maksimal 4.336 tahanan dengan 1.278 staff penjara.


Pollsmoor juga dikenal karena adanya geng-geng yang saling berebut kekuasaan di dalam. Terdapat 3 geng yang sangat berkuasa di Pollsmoor, mereka menamai ketiganya Geng 26, 27 dan 28. Di dalam Pollsmoor erat dengan kehidupan gangster. Geng-geng dipisah menjadi 3 bagian di satu lantai yang dijaga ketat oleh sipir, yang menampung 500-750an tahanan. Pemisahan ini bentuk upaya membatasi adanya perekrutan anggota bagi para tahanan baru. 



Anggota geng 26, biasanya beranggotakan pria yang bugar secara fisik dan mampu mencuri. Anggota geng 27, khusus bertugas untuk melukai penjaga. Sedangkan di geng 28, para anggota bebas memilih 2 peran, pertama garis emas, yang khusus bergerak dalam kekerasan, kemudian perak, dengan tugas melayani secara seksual. Untuk menjadi anggota geng 28 jalur perak, napi harus berhubungann seks dengan pemimpin geng.



Ada tradisi dimana jika napi masuk geng di Pollsmoor, ia harus mentato tubuhnya sesuai dengan nomor atau nama geng yang ia masuki. Mereka akan disumpah kemudian ditato. Jika ada anggota yang melanggar sumpah geng, ia akan dihukum, dibunuh dan jantungnya akan menjadi santapan anggota geng yang mengeksekusinya.



Dari penuturan eks narapidana, disana kerap terjadi pembunuhan yang didasari perebutan kekuasaaan antar geng. Bahkan Chris Mullins, mantan napi Pollsmoor, menguak fakta yang mencengangkan, ujarnya, setelah membunuh musuh pelaku memakan jantung korbannya untuk menunjukkan sehebat apa dirinya. Tradisi makan jantung lawan ini sudah menjadi rahasia umum para gangster di Afrika Selatan. Katanya, ada mitos bahwa jika memakan jantung lawan yang sudah dikalahkan akan menambah kekuatan dan keselamatannya.



Penuturan yang sama juga dilontarkan oleh anggota Nice Time Kids, salah satu geng di Cape Town, yang mengatakan bahwa cerita itu bukan mitos atau bualan belaka. Banyak kriminal di Cape Town melakukan tradisi ini, mereka banyak yang ditahan di Pollsmoor. Tidak hanya perkelahian antar geng saja, sesama anggota geng pun kerap saling bunuh untuk berebut kekuasaan atau menjadi pimpinan. Para sipir penjara pun tak dapat berbuat banyak untuk mencegah adanya tradisi tersebut karena para tahanan melakukannya sembunyi-sembunyi, bahkan mereka tak segan untuk menghabisi para petugas.

Pada 2001, penjara ini jadi subjek dokumenter BBC oleh Clifford Bestall, dimana menceritakan dua napi yang akan segera bebas, Erefan Jacobs dan Mogamat Benjamin, pemimpin geng 28 saat itu, serta mengikuti perjalanan mereka kembali ke masyarakat setelah bebas dari Pollsmoor.

Dalam dokumenter yang diproduksi oleh Ross Kemp (ane gatau judulnya apa, susah banget carinya. kalo ga salah series dengan judul Ross Kemp on Gangs, episode Cape Town) diperlihatkan bahwa pemimpin geng selalu mendapat perlakuan khusus oleh napi lain. Jika menjadi tahanan baru di Pollsmoor, ia akan berhadapan dengan pemimpin geng untuk kemudian ditawari masuk geng atau dibunuh. Selain itu, jika sang pemimpin tertarik, napi baru tersebut akan tidur bersama pemimpin geng dan harus melayani keinginan seksualnya selama yang ia mau. Tidak ada pilihan lain, mau atau menolak dan dibunuh.


Pada 27 April 2005, Mikhael Subotzky memamerkan hasil fotonya yang menggambarkan suasana dalam Pollsmoor dengan judul Die Vier Hoeke (The Four Corners)


Spoiler for Beberapa foto dari Die Vier Hoeke.:



Sangking mengerikan dan rusuhnya penjara ini, pada 21 September 2015, setidaknya 4.100 napi di Pollsmoor dievakuasi karena penjara dipenuhi tikus yang menyebabkan banyak napi terkena wabah akibat infeksi dari gigitan tikus atau yang NICDsebut sebagai leptospirosis, yaitu infeksi akibat urin tikus.



Fakta menarik, pada April 1982, Nelson Mandela sempat menghuni Pollsmoor bersama Walter Sisulu, Ahmed Kathrada, Andrew Mlangeni, dan Raymond Mhlaba selama 6 tahun, setelah sebelumnya dipindahkan dari Pulau Robben.


Spoiler for SEKIAN:


bulumata.tanpak
mas.markues
not.a.member.
not.a.member. dan 29 lainnya memberi reputasi
26
4.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.