• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Negara Dalam Negara! Inilah 5 Negara Yang Ternyata Terletak Di Dalam Negara Lain

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Negara Dalam Negara! Inilah 5 Negara Yang Ternyata Terletak Di Dalam Negara Lain
Kalian mungkin sudah familiar dengan beberapa nama negara seperti italia, prancis maupun afrika selatan, namun bagaimana dengan vatikan misalnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa vatikan terletak di tengah-tengah negara italia yang artinya negara ini merupakan negara di dalam negara, faktanya vatikan bukan satu-satunya lho karena masih terdapat beberapa negara kecil yang berada di tengah-tengah negara yang lebih besar, apa saja berikut ini ulasannya.

1. Vatikan
Quote:
sumber
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, vatikan adalah salah satu negara dalam negara yang tepatnya berada di tengah-tengah negara italia, nama vatikan tentu sudah tidak asing ditelinga terutama jika kalian adalah seorang umat katolik, dengan luas wilayah 44 hektar dan dihuni oleh 842 jiwa, negara terkecil di dunia ini dipimpin langsung oleh paus yang merangkap jabatan tertinggi sebagai pemimpin umat katolik di dunia. Berdasarkan perjanjian lateran, vatikan dinyatakan berdiri sekaligus merdeka pada tahun 1929, satu lagi yang unik dari negara ini yaitu jika kalian ingin menjadi warga negara vatikan tidak perlu repot-repot untuk lahir di sana yang harus kalian lakukan hanyalah bekerja di sana. Nah, dengan bermata pencaharian di negara tersebut kalian sudah terhitung sebagai warga negara vatikan, karena itu jika kehilangan pekerjaan kalian juga kan otomatis kehilangan kewarganegaraan dengan artinya secara otomatis kalian akan menjadi warga negara italia.


2. Monaco
Quote:
sumber
Negara dalam negara yang akan dibahas selanjutnya adalah Monaco, sama seperti Vatikan negara ini juga terhitung kecil bahkan termasuk terkecil kedua di dunia. Tentu kalian bertanya-tanya di negara besar mana lagi negara ini berdiri? ternyata Monaco lahir dan merdeka di tengah-tengah Perancis yang berbatasan langsung dengan laut Mediterania, karena luas wilayah yang tak seberapa yaitu 2,02 km2 dengan jumlah penduduk 38.695 jiwa berdasarkan data 2017 negara ini didapuk sebagai negara terpadat di dunia dengan kepadatan yang mencapai 18.475 per km2. Selain sebagai yang terkecil sekaligus yang terpadat Monaco juga ternyata merupakan negara monarki kedua terkecil di dunia, tapi jangan salah negara ini secara resmi diakui dalam perjanjian franco pada tahun 1861 dan menjadi anggota PBB tahun 1993.


3. Lesotho
Quote:
sumber
Negara yang dulunya bernama basutoland ini berdiri dan merdeka di tengah-tengah kedaulatan Afrika Selatan, nama basutoland ini sendiri dikenal saat masa pemerintahan raja moshoeshoe dan baru mengalami perubahan setelah sang raja wafat dan lepas dari jajahan Inggris pada tahun 1966, meski mengalami kelegaan setelah bebas dari jajahan yang sudah berlangsung sejak tahun 1868, tidak lantas membuat negara ini aman sentosa, pasalnya permasalahan pengangguran dan penyakit HIV AIDS menjadi isu sensitif yang menghadirkan pergolakan di lesotho pasca kemerdekaan. Meski berada di tengah-tengah negara besar satu hal yang perlu diapresiasi yaitu budaya dan musik yang unik lahir dan berkembang di sana, jika kalian penasaran datang saja ke culture festival yang diselenggarakan rutin di negara ini.


4. Gambia
Quote:
sumber
Gambia atau Republik Gambia sama halnya dengan negara dalam negara lainnya, gambia juga memiliki wilayah yang kecil bahkan menjadi yang terkecil di wilayah afrika, terletak di sekitar sungai gambia faktanya tanggal 18 Februari 1965 menjadi hari penting bagi negara yang juga berada di tengah-tengah Senegal ini, ya di hari itu gambia merdeka kemudian negara ini juga tergabung dalam persemakmuran Inggris tapi akhirnya menarik diri pada oktober 2013 lalu, beruntung yang lagi sejak kemerdekaan kondisi gambia dapat dikatakan cukup stabil hanya saja hanya saja pernah melewati masa kediktatoran militer pada tahun 1994 namun masa tersebut tidak berlangsung lama.


5. San Marino
Quote:
sumber
Sama halnya dengan vatikan, negara yang beribukota city of marino ini juga berada di tengah-tengah negara italia, sebagai negara kecil ketiga di eropa sekaligus terkecil kelima di dunia, san marino juga berbatasan langsung dengan provinsi rimini dan daerah emilia-romagna di sebelah utara serta provinsi pesaro dan urbino di sebelah selatan. Faktanya lagi San Marino merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia yang dipelopori oleh Santo marinus pada 3 September tahun 301, dan barulah pada tahun 1600 an situasi San Marino diberlakukan sekaligus menjadi konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku sampai sekarang. Nah setelah memasuki tahun 1631 kemerdekaan negara ini akhirnya diakui oleh negara-negara kepausan dan yang tidak kalah penting jika tandang ke San Marino kalian wajib mengunjungi objek wisata tiga menara San Marino dan kastil borgo.

Nah itulah beberapa negara yang faktanya dapat berdiri dan merdeka meski terletak di tengah-tengah negara besar, bagaimana menurut kalian tahu negara negara-negara lainnya tidak? Komen dibawah ya, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 12345 & 6
Diubah oleh Si.jonii 16-11-2021 00:30
davecchio
pakisal212
aldo12
aldo12 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
7.6K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.